ARIPITSTOP.COM – Viral sebuah foto yang menunjukkan motor Nmax yang memakai plat nomor tidak sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia. Pemakain plat nomor yang tidak sesuai aturan jelas suatu pelanggaran karena sudah diatur oleh undang2.

Motot Nmax tersebut jelas2 memakai plat nomor modifikasi atau memang didatangkan langsung dari New York Amerika, widiuwww plat nomornya improot dari Amerika.

Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan dan tidak dipasangi plat nomor sesuai dengan yang ditentukan polisi, maka akan ditindak. Hal ini mengacu pada Pasal 68 Undang-Undang No 22 Tahun 1999 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, kendaraan bermotor wajib menggunakan TNKB yang memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna, dan cara pemasangan.

“Bagi yang melanggar akan dikenakan Pasal 280 UU yang sama, yakni denda paling banyak Rp 500.000 atau kurungan dua bulan,”

Untuk lebih spesifik saya cantumkan keterangan yang dilansir oleh rckorlantaspolri.id sebagai berikut :

SPESIFIKASI TEKNIS TNKB :

1.    Berbentuk plat aluminium dengan cetakan tulisan dua baris. Baris pertama menunjukkan: kode wilayah (huruf), nomor polisi (angka), dan kode/seri akhir wilayah (huruf). Baris kedua menunjukkan bulan dan tahun masa berlaku, masing-masing dua digit (misalnya 01.20 berarti berlaku hingga Januari 2020).

2.    Bahan baku TNKB adalah aluminium dengan ketebalan 1 mm. Ukuran TNKB untuk kendaraan bermotor roda 2 dan roda 3 adalah 250—105 mm, sedangkan untuk kendaraan bermotor roda 4 atau lebih adalah 395—135 mm.

3.    Terdapat garis putih di sekitar TNKB dan tidak ada batas pemisah antara nomor polisi dan masa berlaku (dari tahun 2011).

4.    Pada pertengahan 2014 terjadi perubahan tampilan. Plat nomor kini sedikit diperpanjang dari ukuran semula (untuk roda empat). Selain itu, terdapat perubahan posisi lambang Polantas dan tulisan “Korlantas Polri”, yakni, lambang Polantas kini berada di sudut kiri atas dan kanan bawah, sedangkan tulisan “Korlantas Polri” berada pada sudut kiri bawah dan kanan atas.

17 KOMENTAR

  1. Why Always Nmax
    Setiap kali ada yang ganjil (yg jelek2) tentang pengendara NMAX pasti selalu di viralkan.,padahal msh banyak ribuan motor yg ganjil tp kenapa mesti NMAX.,contoh aja motor2 matic spt beat,vario yg bernuansa thailand dr model modif smp plat nomor yg bergaya thailand “fine2” aja ndak ada yg diviralkan.,
    Ingat itu pengendaranya bang.,bukan motornya yg salah.,perilaku pengendaranya aja yg aneh2.
    Tapi untuk YIMM berterima kasihlah pada bloger2 yg memviralkan NMAX.,secara tidak lgsg NMAX di Iklankan kok.,gua sbg pengendara nyaman aja.,mmg NMAX bagus kok..
    Konsumen yg cerdas bisa menyaring mana yg bagus sm ndak.,

  2. biker nmax emang bansgat … pake motor 20jutaan aja udah ngerasa naek moge. kuli pake nmax nyicil aja pethakilan kaya juragan.

    • otakmu mbok di pake… masih banyak biker nmax yg santun. dalam politik ini bisa di sebut kampanye hitam.. padahal banyak motor selain nmax yg bikernya lebih gila dan di modif lebih gila lagi. contoh paling nyata di sekitaran tempat tinggal saya banyak rider cbr150r yg spionya di lipat. spakbor belakang di copot. pake ban cacing. tapi apa?.. pernahkan di tulis?.. tidak…

      • gak cuma cbr, r15, ninja dll yg fairing rata2 yg bawa (gak semua) spion dilipet, spakbor belakang dilepas, bahkan ada (sebagian kecil) dimodif ban cacingan. Knalpot resing. Malahan yg non fairing malah ikut2an lepas spakbor blkg macem vixi dan cb. Huehuehue

    • PCX jg ada loh yg modif thai look, ban cacing,
      modif hbs puluhan juta malah sampe d muat d koran. kok diem² aja. marah na sm rider nmax.

  3. tibang biking blog sendiri trust biking artikel baksos, safety riding course I’ll yg positif ttg owner Dan pngguna Nmax … ato bikin artikel sebagai contributor nya Lek Ari

  4. plat nomer kaya gitu gak perlu repot bawa atau impor sendiri dari amrik, di toko suvenir & toko online banyak yg jual kok.

Ketik Komentar Anda