ARIPITSTOP.COM – Gelaran MotoGP di Indonesia semakin terbuka lebar, setelah pihak Dorna mengunjungi Lombok di akhir tahun 2018 yang lalu, kini semakin serius setelah pihak promotor menandatangi ko trak selama tiga tahun dengan Dorna mulai tahun 2021. Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer mengatakan pihaknya telah menandatangani Promoter’s Agreement dengan Dorna Sport SL untuk menjadi tuan rumah balap MotoGP di 2021. 

Dilansir CNN Indonesia, sirkuit yang akan dipakai tetap di Mandalika dengan konsep sirkuit jalanan atau terbuka. Hal ini bukan isapan jempol belaka karena memang sudah ada proses tanda tangan Promoter’s Agreement.

“Bukan sirkuit tertutup yang akan kami bangun, tapi Street Race Circuit seperti di Singapura dan Monaco. Indonesia menjadi venue ke-21, rangkaian balap MotoGP dalam setahun, dan satu-satunya yang berkonsep Street Race Circuit. Sebelumnya, kami berkompetisi dengan calon penyelenggara dari Brasil,” kata Abdulbar kepada CNNIndonesia.com pada Rabu (20/2).

Indonesia ternyata bersaing dengan Brazil untuk proses penandatanganan perjanjian kontrak awal ini.

“Kami mempunyai kepastian untuk menggelar pada 2021 di Indonesia, karena kami satu-satunya yang sudah tandatangan Promotor’s Agremeent dengan Dorna Sport SL” katanya menambahkan.

Kalau membaca informasi yang saya pahami bahwa, Sirkuit Mandalika Lombok ini akan dibangun mulai akhir 2019 ini. ITDC bekerja sama dengan Vinci Construction and Grand Projets, perusahaan infrastruktur global asal Prancis untuk membangun sirkuit di Mandalika diatas tanah negara yang dikelola ITDC. Dan sebentar lagi, ujarnya, pihak Dorna juga akan mengadakan Global Annoucement terkait Indonesia gelar MotoGP pada 2021.

“Pada kuartal ketiga tahun ini, kami akan mulai membangun sirkuit di sana. Pembangunan sirkuit membutuhkan waktu selama setahun,” ucap dia.

“Kami hanya membangun jalan dasar dan kawasan, sedangkan Street Circuit, Paddock dan perangkat balap lainnya oleh Vinci sebagai co-investor. Kami sudah mendapat dukungan Kementrian Olah Raga, dan Kementrian Pariwisata dalam rangka mempromosikan Mandalika sebagai salah satu dari 10 Bali Baru,” ucapnya melanjutkan.

Jadi di tahun 2020 sirkuit akan selesai dan akan diadakan balapan trial run sebelum nantinya akan dipakai untuk balapan MotoGP.

1 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda