ARIPITSTOP.COM – Razia kendaraan yang dilakukan oleh Polisi emang bisa dimana saja asalkan kegiatan tersebut legal ada ijinnya, bahkan razia di dalam Sekolah juga tidak menjadi masalah justru ini mendidik kepada para siswa akan tertibnya berlalu lintas. Seperti yang sedang viral di facebook, Polisi sedang melakukan razia di salah satu sekolah di Bandung.

Memang sudah menjadi tugas dari pihak Kepolisian untuk menjaga ketertiban masyarakat salah satunya tertib berlalu lintas, terlebih sekarang banyak sekali pelajar2 yang beraktivitas menggunakan kendaraan bermotor. Sehingga wajar jika Polisi melakukan razia di dalam sekolah dan biasanya razia tersebut tidak seperti razia pada umumnya melainkan lebih ditekankan pada himbauan meskipun ada yang berujung penilangan.

Seperti yang sedang viral saat ini di facebook, dishare oleh akun Aldino Rabkana di facebook, memperlihatkan sebuah foto yang memperlihatkan Polisi sedang melakukan penertiban di Sekolah. Ternyata dari informasi yang saya dapatkan bahwa kegiatan razia ini ada di sekolah SMKN 2 Bandung, Jawa Barat. Akan tetapi kegiatan dalam foto tersebut disebutkan sudah lama, kegiatan razia di SMKN 2 Bandung ini ternyata bukan yang pertama kali melainkan dalam satu tahun bisa dua kali dilakukan razia di dalam lingkungan Sekolah.

Dari informasi para komentar di facebook menyebutkan jika penindakan yang dilakukan oleh pihak Kepolisian lebih ke tindakan penyuluhan meskipun ada beberapa yang berujung penilangan, bahkan Siswa hanya perlu menunjukkan STNK saja sedangkan Polisi menegor agar segera membuat SIM.

Beberapa komentar netizen :

  • Raka Aditya Terlepas dari kunjungan atau bukan, di SMA gw dulu pernah ada tilangan didalem sekolah. Setelah sehari sebelumnya ada polisi dateng ke sekolah ngadain penyuluhan keselamatan berkendara. Dan motifnya polisi ngadain tilangan di sekolah gw tau kok
  • Restu Al Azis Smk 2, hampir tiap tahun selalu ada tilang masal biasanya
  • Chii Kun Lah polisi didaerah gw aja pasti nunggu jam pulang sekolah lewat wkwk
  • Anugrah Naufal smkn 2 bandung itu akwkawkk, Gw lgi damai damai nikmatin angin pagi Pas belok ke gerbang, Ajg apa apaan ini, Untung cuma ditanya stnk doang akwkawk Terus disuruh bkin sim:(
  • Arysco Faoujia Pernah 1x , dapet pengarahan doank ga ditilang
  • Adhie Yg kek gini biasanya pengarahan doank, rata2 pelajar SMK baru berumur 17 disaat mereka kelas 12, itupun mau lulus.
    Di SMK gejil dlu juga pernah mbah, ga ditanya sim, cuma ditanya kelengkapan doank, bawa STNK saja sudah cukup.
    Kalopun ada yg ga lengkap, cuma di peringatkan, ga pake surat tilang.
    Note : ini bukan Razia, tp penyuluhan penyadaran budaya ketertiban Lalu Lintas di lingkungan sekolah👍
  • Arif Lukito Bukti di SMK saya, ini cuman dikasih peringatan karena ga pake spion dan ga didenda sepeserpun

Apalagi saat ini pihak Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri tengah menggalakan program Millenial Road Safety Festival di seluruh Indonesia. Kegiatan utama yang dilakukan, yaitu menggandeng kaum milenial untuk bisa tertib dalam berlalu lintas. Salah satu program yang akan dijalankan, yakni datang ke Sekolah Menengah Atas (SMA) di seluruh Tanah Air untuk mengajak siswa-siswi membuat surat izin mengemudi (SIM). Kegiatan ini dimulai pada Maret 2019, dan tahap awal fokus di masing-masing Ibu Kota Provinsi.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri menjelaskan bahwa, siswa-siswi kelas 11 dan 12 yang sudah berusia 17 tahun diperbolehkan membuat atau memperpanjang SIM, sebagai salah satu syarat ketika membawa kendaraan bermotor.

“Kita akan memberikan pelayanan membuat SIM ke sekolah-sekolah, namun dengan catatan semua persyaratan yang sesuai dengan undang-undang harus dipenuhi,” ujar Refdi dilansir dari Kompas.com.

SIM tersebut dibuat dengan desain dan motif khusus atau Korlantas sendiri menyebutnya sebagai SIM Milenial. Program ini memang ditujukan untuk kaum milenial, agar bisa tertib berlalu lintas dan paham tentang rambu lalu lintas.

4 KOMENTAR

  1. itu yg bener.. tapi kalo pas ‘nyari duit sarapan’ tak da tutup pentil pun aq di tilang.. bengek kan namanya.

  2. waaah baru viral yaaah wkwk. ane dah ngerasain waktu sekolah lik. Depan gerbang masuk sekolah kumpulan bapak polisi pool total dari segimana aja di jaga mau kabur kagak bisa. otomatis yg ga lengkap di seret stnknya dan dikasih surat cinta membara hati perasaan dan isi dompet wkwk.

    Tapi alhamdulillah selalu lolos terus hehe.

    TKP SMKN 5 SKA 2013 dulu hahaha 😜😜😜🤪

  3. Lebih bagus lg razia oknum geng motor mumpung ada disekolah, pengalaman wktu dl zaman2 smk ada anak kls sebelah ditangkap krn terbukti dia anggota

Ketik Komentar Anda