ARIPITSTOP.COM – Sistem jalan berbayar di Jakarta sepertinya tidak menunggu lama lagi, kalau kita melintas di jalan Merdeka Barat Jakarta sudah bisa melihat plang electronic road pricing ( ERP) atau jalan berbayar elektronik sudah terpasang, disitu bisa kita lihat motor juga masuk dalam sistem jalan berbayar di jakarta.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Sigit Widjatmoko, menjelaskan bila sampai ini proses ERP masih dalam tahap kajian yang dilakukan oleh tiga peserta lelang.

“Masih terus berjalan. Artinya saat ini ada tiga peserta lelang yang sudah dinyatakan lulus, sekarang ketiganya diminta melakukan evaluasi teknis dan harga, masing-masing itu ada tahapan-tahapannya, jadi saat ini memang belum berjalan,” ucap Sigit, Senin (28/1/2019).

Sigit hanya mengatakan bila semuanya sudah siap, termasuk dari sektor transportasi umum yang akan menjadi pendukung utamanya. “Konsentrasinya ini kita lebih ke masalah intregrasi, meskipun ada LRT atau MRT, tapi bila belum ada integrasi itu akan menjadi masalah lagi nantinya. Jadi kita siapkan dulu first mile ke last mile-nya. Untuk uji coba ERP harus melihat dari kesiapan peserta lelangnya juga,” ucap Sigit.

Namun untuk sementara ERP hanya terpasang di jalan Merdeka Barat saja, sedangkan ruas jalan lain nantinya akan dievaluasi jika semua sudah siap.

“Ruas tersebut (Merdeka Barat) juga sudah ditetapkan sebagai kawasan evaluasi teknis dari tender ERP yang saat ini masih dalam persiapan. Jadi secara dasarnya sudah ada, apakah akan diterapkan di daerah lain, kita bicarakan itu nanti. Seperti yang saya bilang, fokus saat ini lebih ke integrasi lebih dulu,” ucap Sigit.

sumber : kompas.com

3 KOMENTAR

  1. Udahlah siapin aja itu MRT dan LRT yg bener. Jalan gak usah bayar segala, apalagi jalan di jakarta dibangun dari hasil pajak rakyat, kecuali jalan toll.

Ketik Komentar Anda