ARIPITSTOP.COM – Suzuki memang sudah lama digosipkan mengembangkan mesin dua cylinder 250cc, dan kali ini bocoran informasi datang dari hak paten yang didaftarkan oleh Suzuki yaitu mesin Twin Inline DOHC. Mesin ini benar2 baru bukan seperti mesin Inazuma yang selama ini menjadi basis engine dari beberapa motor sport Suzuki yang saat ini difokuskan diproduksi di Cina dan India. Bahkan mesin yang baru saja didaftarkan ini kemungkinan didesain untuk menunjang motor yang memiliki power besar.

Jika melihat desain engine paten yang didaftarkan oleh Suzuki, dilihat dari samping sudah jelas banget berbeda dengan desain dari mesin Inazuma. nomor 10, 11 dan 12 itu adalah bagian dari Cylinder, kemudian di nomor 13 adalah tutup head cylinder dan disitu terlihat jelas motor yang satu ini memakai Camshaft tipe DOHC.

Kemudian yang nomor 18, di dalam paten disebutkan bahwa itu adalah pompa Liquid Cooler, artinya sudah jelas bahwa engine ini akan memakai sistem pendinginan air radiator.

Dan ketika dilihat dari depan, jika di samping kanan bernomor 18 tadi adalah pompa liquid cooler maka untuk yang tampak dari depan dengan nomor 14 adalah oil cooler, sedangkan yang nomor 15 disampingnya tersebut adalah oil filter. Artinya adalah, motor ini memakai dua jenis pendinginan yaitu Liquid Cooler dan Oil Cooler, sadis bro… belum lagi nanti bagaimana desain dari fairingnya apakah menunjang juga sebagai Air Cooler, sadiii….z.

Dari sinilah indikasi bahwa motor ini akan memiliki power yang besar yang membutuhkan pendinginan motor yang lebih inten, bahkan isunya dulu smapai 40HP. Hal ini juga ditunjang dengan desain dari crankshaftnya, terlihat ada dua balancer yaitu nomor 26 dan 27 yang berfungsi untuk mengurangi getaran yang dihasilkan oleh mesin.

Yang jadi pertanyaan adalah, kapan Suzuki mau merilis motor ini, akan lebih baik di tahun 2019 ini meskipun sudah terhitung sangat terlambat karena kompetitor sudah sejak lama menjual motor tipe seperti ini bahkan sampai ada yang sudah dua generasi dengan penambahan fitur2 lebih lengkap.

5 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda