ARIPITSTOP.COM – Balapan memang tidak bisa lepas dari kecelakaan,hampir semua pembalap mengalami jatuh dari motor saat balapan. Selama musim 2018 bergulir, Cal Crutchlow tercatat sebagai pembalap keempat terbanyak yang sering terjatuh, dia mencatatkan sebanyak 17 kali terjatuh selama musim 2018. Bahkan mengalami satu kecelakaa fatal yang membuat dirinya harus absen dari balapan beberapa pekan.

Crutchlow musim lali mengalami kecelakaan hebat dalam sesi latihan kedua MotoGP Australia pada Oktober lalu, yang mengakibatkan cedera engkel yang cukup parah. Meskipun begitu dirinya tidak menyesal karena hal itu sudha menjadi bagian dari sebuah balapan. Menurutnya, yang harus ia lakukan adalah terus berpikir positif dan berusaha untuk bangkit dari keterpurukan.

“Jujur saja, usai kecelakaan, Anda bakal kembali ke garasi dan berpikir, ‘aku tak tahu apa aku bisa cepat lagi, mungkin semua sudah berakhir’. Hal ini selalu ada di pikiran Anda. Tapi saya tetap mencoba karena saya ingin mengalahkan rider lain. Saya kecelakaan di Aragon, lalu kembali ke garasi, tidak mengganti baju balap, lalu berkendara lagi dan catatan waktu saya jadi yang terbaik,” ujarnya lewat The Telegraph.

Pembalap asal Inggris ini mengatakan bahwa jika ingin menjadi seorang pembalap tidak boleh memikirkan seberapa besar resiko kecelakaan karena bisa mengurangi motivasi ketika balapan.

“Kadang Anda hanya ingin berbaring di lantai selama 30 menit, tapi ini juga soal reaksi Anda pada situasi yang ada. Jika saya terus memikirkan kecelakaan dan cedera, lebih baik saya tinggal di rumah. Jika Anda cemas tubuh Anda bakal kesakitan, jangan kembali,” ungkapnya.

“Saya masih suka balapan dan masih ingin melakukannya. Jika ada waktunya saya tak ingin turun lintasan lagi, maka saya akan berhenti. Tapi Anda harus mau menerima kenyataan bahwa Anda bakal kecelakaan, apa pun alasannya. Saya sering kecelakaan, tapi itu bukan berarti saya tak cepat dan tak bisa menang, karena saya terbukti bisa melakukannya,” tutupnya.

1 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda