ARIPITSTOP.COM – Suzuki Katana baru saja dilahirkan kembali oleh Suzuki Global, namun dengan basic engine dariĀ Suzuki GSX-S1000F, bisa dibayangkan dahsyatnya power yang dikeluarkan dengan kapasitas mesin 999 cc bertenaga 150 [email protected] rpm dan torsinya 108 Nm @9.500 rpm. Ditunjang denganĀ Assist And SLipper clutch, 3 tingkat Traction Control serta Pengereman ABS. Yang menarik adalah, Suzuki Indonesia berpeluang besar bahkan bisa dipastikan kalau motor ini akan dijual di Indonesia.

Ketika kami para blogger berkesempatan untuk saling sharing informasi mengenai roda dua di Indonesia serta memberikan berbagai informasi kepada seorangĀ Masahiro Nishikawa, beliau adalahĀ Executive General Manager, Suzuki Motor Corporation Japan, yang juga dihadiri oleh Seiji Itayama yang saat ini menjabat sebagaiĀ Presiden Direktur PT Suzuki Indomobile Indonesia. Salah satu yang menarik dalam oborolan yang berlangsung pada 22 Desember 2018 bertempat salah satu Mall di Jakarta Selatan ini adalah ternyata Suzuki berniaat jembali memasarkan jajaran mogenya di Indonesia, niat awal SIS kembali menjual moge dengan menghadirkan sosok New Suzuki Katana yang baru saja dirilis, bahkan Nishikawa menanyakan kepada kami momen event apa yang tepat untukmerilis Katana di Indonesia. Yap… di Indonesia tahun 2019 nanti akan ada tiga pameran otomotif besar yaituĀ IIMS, GIIAS dan juga PRJ, akan tetapi untuk event yang tepat untuk merilis New Katana mungkin adalah event GIIAS yang lebih mengutamakan pameran motor2 bergenre premium.

Suzuki Katana memakai basis mesin dariĀ Suzuki GSX-S1000F, bisa dibayangkan dahsyatnya power yang dikeluarkan dengan kapasitas mesin 999 cc bertenaga 150 [email protected] rpm dan torsinya 108 Nm @9.500 rpm. Ditunjang denganĀ Assist And SLipper clutch, 3 tingkat Traction Control serta Pengereman ABS.

Katana memiliki panjang 2.125 mm, lebar 830 mm dan tinggi 1110 mm. Jarak sumburoda disajikan 1.460 mm dan jarak tinggi ke tanah 140 mm. Kapasitas tangki 12 liter dan bobot hanya 215 kg. Ban depan memiliki ukuran 120/70 ZR17 dan ban belakang berprofil 190/50 ZR17.

Tetapi yang menarik sekali dalam momen obrolan tersebut adalah ketika Suzuki menanyakan bagaimana jika Suzuki Indonesia menjual Katana 150ccc?, yap… pertanyaan yang menarik ini, jika wacana tersebut direalisasikan maka Suzuki akan membuka segmen baru di kelas motor sport 150cc. Tidak terpaku dengan model sport naked seperti Bandit, Vixion atau CB150R, namun Katana 150cc akan membuka segmen baru seperti ketika Yamaha menghadirkan berbagai motor maticnya saat ini yang selalu mengutarakan bahwa motor miliknya ini tidak dtujukan untuk head to head dengan kompetitor melainkan membuka segmen baru, seperti yang terjadi pada motor Nmax ketika dirilis pertama kali, kemudian ada Aerox 155,Lexi125 dan terakhir FreeGo yang tidak bisa head to head dengan motor Honda, melainkan membuka segmen yang unik tapi justru laku dipasaran meskipun desainnya tidak biasa.

Peluang yang menarik tentunya jika Suzuki Indonesia menhadirkan New Katana dengan engine 150cc.

8 KOMENTAR

  1. Cocoknya sih di kelas 250 mengganti segmen GSXR-250 yang sampai saat ini belum dirilis di Indonesia. Bisa dibayangkan.. motor langka melintas di jalan, wuiiiiiih value nya bakal lebih

  2. […] BMSPEED7.COM – Beberapa waktu lalu tepatnya, 22 Desember 2018, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengundang blogger senior ibukota untuk kemudian sharing seputar bagaimana langkah Suzuki Indonesia ditahun 2019 mendatang. Tak tanggung-tanggung, dalam sharing tersebut turut hadiri pentolan Suzuki Jepang yakni Masahiro Nishikawa, Executive General Manager, Suzuki Motor Corporation Japan. Menarik ketika membaca artikel Aripistop.com berjudul ”Suzuki Indonesia Akan Hadirkan Motor Sport Suzuki Katana 150cc ???” […]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini