ARIPITSTOP.COM – Selama kepindahannya dari Moto2 ke kelas premier tahun 2013, praktis balapan MotoGP menjadi miliknya Marquez, hanya di musim 2015 saja dirinya gagal hanya di peringkat ketiga. Rekor demi rekor dia raih terlebih ketika momen gelar juara dunia ketujuhnya dia raih di musim 2018 ini, rekor tambahan bahkan ada beberapa rekor yang menyalip legenda MotoGP.

Khusus untuk di musim 2018 ini saja, ada beberapa catatan rekor yang diraih oleh Marquez, baik itu rekor atas namanya sendiri atau rekor di kelas Grandprix.

Berikut catatan rekor yang diraih Marquez khusus di musim 2018 :

– Marquez menjadi pembalap termuda yang memenangi lima gelar juara di kelas premier pada usia 25 tahun dan 246 hari, mematahkan rekor Valentino Rossi (26 tahun dan 221 hari).

– Marquez menjadi pembalap termuda sepanjang masa yang merebut titel ketujuh dalam kejuaraan dunia, mengalahkan rekor Mike Hailwood, berusia 26 tahun dan 140 hari ketika merebut gelar juara ketujuh pada 1966.

– Marquez bergabung dengan Valentino Rossi, Mick Doohan dan Giacomo Agostini sebagai salah satu dari empat pembalap yang menjadi lima kali juara dunia atau lebih di kelas premier kejuaraan dunia.

– Marquez menjadi salah satu dari delapan pembalap yang mengoleksi tujuh titel atau lebih pada semua kategori: John Surtees (7), Phil Read (7), Carlo Ubbiali (9), Mike Hailwood (9), Valentino Rossi (9), Angel Nieto (13) serta Giacomo Agostini (15).

– Torehan sembilan kemenangan sepanjang 2018 berarti Marquez telah memenangi setidaknya lima balapan Grand Prix per musim dalam sembilan tahun terakhir pada ketiga kategori: 125cc, Moto2 dan MotoGP.

– Marquez menjadi pembalap pertama yang mencapai hal di atas (memenangi lima balapan Grand Prix per musim) dalam 70 tahun sejarah balap motor Grand Prix, mengalahkan rekornya sendiri musim lalu. Sebelumnya, Mike Hailwood merupakan satu-satunya yang telah mencapai setidaknya lima kemenangan per musim dalam tujuh tahun antara 1961 dan 1967.

– Dengan lima pole position musim ini, Marquez menambah rekor start terdepan (sejak 1974) menjadi 78 di semua kelas.

– Di Thailand, Marquez (25 tahun dan 231 hari) menjadi pembalap termuda yang mencapai milestone 50 pole position di MotoGP, merebut rekor Mick Doohan (32 tahun dan 122 hari) ketika membukukan pole position ke-50 di Phillip Island pada 1997.

sumber : motorsport.com

1 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda