ARIPITSTOP.COM – Bagi kalian yang mau liburan atau pulang kampung pada musim liburan ini dengan sepeda motor, tidak ada salahnya membawa beberapa tool kit standar yang berguna manakala kita mengalami kendala atau masalah dengan sepeda motor kita diperjalanan. Saat kita tidak menemukan bengkel terdekat, tool kit ini bisa menjadi pertolongan pertama bagi  kita untuk menyelesaikan masalah atau kendala pada sepeda motor kita.

Berikut beberapa tool kit yang disarankan dibawa saat kalian berkendara nanti :

Tang

Saat perjalanan jauh, tang menjadi alat yang sangat penting bagi kita karena fungsi nya yang sebagai pengganti tangan kita ketika harus memegang kuat mur atau baut yang dikencangkan. Contohnya, saat mesin motor panas, akan kesulitan bagi kita untuk membuka koil tanpa menggunakan bantuan alat. Tang bisa kamu gunakan untuk membuka koil yang keras dan saat mesin masih panas. Selain itu tang juga dapat untuk memotong dan mengupas kabel, membuka baut yang slek dan menjepit klem.

Obeng

Obeng digunakan untuk mengecangkan dan melonggarkan baut. Untuk lebih praktis pilihlah obeng yang ujungnya berbentuk kembang (+) dan berbentuk minus (-) sekaligus.

Kunci L

Saat ini sebagian besar sepeda motor yang ada, untuk membuka bautnya harus menggunakan kunci L di beberapa bagian tertentu,  sehingga  kami sarankan lebih baik kamu mempersiapkan kunci L agar lebih aman.

Kunci Pas

Kunci Pas biasanya digunakan untuk mengecangkan atau mengendurkan baut/mur di sepeda motor. Penggunaan kunci pas seperti saat kita ingin mengecangkan rantai atau spion yang kendur. Biasanya kunci Pas yang digunakan adalah kunci nomor 10, 12, 14, 17 dan 21.

Pisau Lipat Multifungsi

Kelebihan alat ini adalah bisa memiliki beberapa fungsi dalam satu alat. Perkakas ini dapat digunakan untuk pendukung tool kit kita saat sedang memperbaiki bagian kendaraan kamu yang berukuran lebih kecil dan susah dijangkau tool kit.

Karena perjalanan yang akan kamu lalui jaraknya cukup jauh, maka disarankan untuk membawa tool kit yang sudah terpercaya akan kualitas dan kemampuannya. Salah satu tool kit yang bisa dipercaya akan kualitasnya adalah merek Tekiro yang sudah teruji kemampuannya sejak lama.

Selain tool kit, ada baiknya kmau membawa pula pelumas yang dapat digunakan untuk melumasi rantai supaya bisa awet dan tidak cepat putus. Perjalanan jauh bisa mengakibatkan umur rantai bisa cepat aus dan rusak, untuk itulah kami sarankan kamu membawa pelumas rantai. Salah satu pelumas rantai yang direkomendasikan adalah Rexco 25 Chainlube.

1 KOMENTAR

  1. Bagi rider yang doyan turing apalagi motornya yg anti mainstream, baiknya belajar trouble shooting ringan terkait motornya … jadi kalau ada trouble ringan bisa handle sendiri masalahnya

    nah soal kunci-kunci, waktu masih pakai Kymco ane biasa bawa kunci se-ombyok termasuk kunci pas T ato Y buat buka baut yg posisinya agak tertutup body … soale klo trouble di jalan bengkel-bengkel pada nolak “megang” si Kymco hehehehe

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini