ktm indonesia

ARIPITSTOP.COM – Akhirnya selesai sudah etape kedua dari PCX Luxurious Trip 2018 dari kota Bima finish di Denpasar. Sebenarnya touring ini start dari Maumere tanggal 23 November dan finish di Denpasar 1 Desember 2018, akan tetapi untuk peserta dari blogger dibagi menjadi dua etape yaitu etape pertama dari Maumere finish di Labuan Bajo oleh tmcblog dan monkeymotoblog yang menempuh 687 km (sumber tmcblog.com) sedangkan untuk etape kedua dari Bima menuju Denpasar diwakili aripitstop dan pertamax7. Untuk etape kedua ini setelah menempuh perjalanan selama 4 hari ternyata mencapai jarak hingga 739,8 km. Dari perjalanan etape kedua ini saya mencoba untuk mencatat konsumsi BBM rata2 melalui fitur yang ada di speedometer Honda PCX 150 serta Trip meter yang selalu saya reset ketika berangkat di setiap pemberhentian (Hotel tempat menginap). Berikut total konsumsi BBM yang didapatkan oleh saya sendiri dan motor yang tidak pernah ganti.

Hari 1 Etape 2 : Bima menuju Sumbawa Barat

Perjalanan dari Bima tepatnya perjalanan start dimulai dari Bandara Sultan Muhammad Salahudin. Perjalanan sepanjang 245,1 km sebenarnya didominasi dengan perjalanan malam. Start jam 4 sore finish sampai Sumbawa Barat jam 11 malam. Kontur jalanan sebenarnya benar2 komplit, yang awalnya trek naik pegunungan kemudian kita turun dihadapkan dengan jalanan pesisir pantai yang masih banyak tikungannya hingga akhirnya mendapatkan jalanan yang didominasi oleh jalanan lurus bahkan kecepatan rata2 ketika menemukan jalanan lengang dari sekitar jam 9an malam tersebut sekitar 80km/jam bahkan saya pernah mencapai 115 km/jam. Jadi perjalanan di hari pertama ini adalah benar2 betot gas pol, perjalanan kecepatan rata2 sekitar 50km/jam hanya disaat melewati pegunungan saja.

Dari perjalanan tersebut, saya menempuh jarak 245,1 km dengan rata2 konsumsi BBM yang tertera di speedometer adalah 44,7 km/liter. Kalau dihitung sich menghabiskan bensin sebanyak 5.4832 liter.

Hari 2 Etape 2 : Sumbawa Barat menuju Senggigi Lombok

Kemudian di hari kedua etape kedua, perjalanan dari Sumbawa Barat awalnya tujuan pertama adalah pelabuhan Poto Tano menempuh waktu dua jam perjalanan yang kemudian diteruskan dengan perjalanan naik kapal ferry menuju pelabuhan Kayangan yang menempuh waktu sekitar 1,5 jam penyeberangan laut.

Perjalanan dari Sumbawa menuju Poto Tano didominasi oleh suasana pinggir pantai yang sejuk dan kondisi jalanan yang didominasi tikungan meskipun terkadang kita bisa geber hingga kecepatan 90 km/jam.

Kemudian setelah berhasil menyeberang berlabuh di pelabuhan Kayangan Lombok sekitar jam 05.30 berlanjut menuju ke Senggigi yang memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan karena suasana lalu lintas di Lombok sudah padat, berbeda dengan kondisi lalu lintas di Sumbawa yang tergolong lengang.

Untuk di hari kedua ini saya menempuh jarak 216,3 km dengan rata2 konsumsi BBM sebesar 47,2 km/liter dan kalau dihitung untuk menempuh jarak tersebut menghabiskan bbm sebanyak 4,582 liter.

Hari 3 Etape 2 : Senggigi Lombok menuju Denpasar

Di hari ketiga perjalanan di Senggigi kita menuju keatas daerah Pemenang yang kemudian turun lagi di Senggigi yang didominasi jalanan berkelok dengan rata2 speed 50-80 kpj. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju pelabuhan Lembar yang sudah didominasi lalu lintas cukup ramai.

Kemudian dilanjutkan perjalanan laut sekitar 6 jam dan setelah sampai pelabuhan Padang Bai di Bali kita menuju hotel Aston memakan waktu perjalanan 1 jam.

Perjalanan di hari ketiga hanya menempuh jarak 143,4 km dengan rata2 konsumsi bbm yang tertera di speedometer adalah 46,4 km/liter dan setelah dihitung secara teori menghabiskan bbm sebanyak 3,0905 liter.

Hari 4 Etape 2 : City Touring Denpasar – Ubud – Kintamani – Denpasar

Kemudian di hari keempat atau hari terakhir ini didominasi perjalana city touring, yang start dari Astra Motor Bali menuju desa wisata Penglipuran kemudian naik ke Black Lava Volcano di Kintamani dan.kembali turun ke Denpasar.

Perjalanan di hari terakhir merupakan jarak yang paling pendek dari sekian perjalanan PCZ Luxurious Trip 2018. Hanya menempuh jarak 135km dengan konsumsi bbm rata2 di speedometer sebesar 50,1 km/liter atau menghabiskan bensin sebanyak 2,6946 liter.

Yap… perjalanan selama 4 hari menggunakan motor Honda PCX 150 sepanjang 739,8 km yang melewati berbagai kontur jalan dari jalanan gunung perbukitan, trek lurus panjang hingga city touring.Dan jika kembali dirata2 secara teori dalam 4 kali perjalanan di etape kedua ini menghabiskan bensin sebanyak 15,84 liter atau jika dirata2 kembali adalah 46,7 km/liter. Tergantung tangan juga sich bro….😁😀

3 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda