ARIPITSTOP.COM – Murid Valentino Rossi langsung meraih hasil lap time yang baik ketika pertama kalinya menjajal motor YZR-M1 di tes pra musim MotoGP yang berlangsung di Valencia. Sebelumnya Morbidelli bergabung dengan Marc VDS yang merupakan satelit dari tim Honda. Morbidelli langsung meraih hasil yang sangat baik dengan menempati posisi keenam. Dirinya tampil menjadi tercepat keenam setelah meraih catatan waktu 2 menit 32,085 detik.

Morbidelli mengungkapkan bahwa jalannya tes berjalan dengan baik, motor serta tim barunya berjalan dengan baik.

“Itu hari yang baik untuk saya. Sangat penting untuk memahami motor dan melihat bahwa semuanya berjalan dengan baik karena kami adalah tim yang benar-benar baru,” ungkap Morbidelli.

“Tetapi tidak mengherankan semuanya berjalan dengan baik. Tim melakukan pekerjaan dengan baik. Itu bekerja dengan baik dan saya merasa baik dari awal. Saya senang dengan penampilan pada hari pertama,” lanjut Morbidelli kepada Speedweek.

Pembalap asal Italia inipun secara blak-blakan mengungkapkan perbedaan antara motor Honda yang dia tunggangi saat di Marc VDS dan yang kini baru saja dia jaala bersama tim barunya SIC Racing. Menurutnya adaptasi dengan YZR-M1 lebih mudah dan sesuai dengan gayanya, dibandingkan menggunakan RC213V.

“Tentu, saya akan mengubah gaya balap saya menjadi jauh lebih smooth. Gaya balap saya sudah smooth, cukup smooth. Dan motor ini sudah sesuai dengan gaya balap tersebut. Saat Anda mengendarainya, rasanya sangat smooth. Itu adalah feeling yang cukup baik. Saya rasa itu akan muncul secara natural. Saya tak akan memaksakan apa pun. Hanya coba mengikuti motor,” ungkapnya.

Morbidelli tidak sungkap mengungkapkan perbedaan kedua motor dari segi teknis.

“[Yamaha] jauh tidak menguras fisik, semua yang terjadi pada motor berlangsung sangat smooth. Motor saya sebelumnya (RC213V) cukup kasar, cukup reaktif. Tidak liar, namun Anda dapat melihatnya di TV itu sedikit liar. Tapi menurut saya kalimat yang tepat adalah reaktif. Apa pun yang terjadi, itu terjadi sangat cepat.” ungkap Morbidelli.

“Dengan Yamaha, segala sesuatunya berlangsung lebih smooth dibanding Honda. Namun honda jauh lebih responsif, saat pengereman. Juga ketika keluar tikungan. Keduanya benar-benar berbeda, tapi keduanya kencang,” terangnya.

Dengan hasil ini, Morbidelli mengklaim YZR-M1 lebih cocok bagi gaya balapnya ketimbang Honda.

“Saya pikir Yamaha lebih sesuai dengan saya, ya. Tentu gaya balap saya terkenal sangat smooth. Dan itu sangat sesuai dengan YZR-M1,” ucapnya.

“Para pembalap harus melakukan banyak hal untuk dapat mengendarai Honda dengan baik. Anda mempelajari hal berharga yang dapat diterapkan saat mengendarai motor lain. Yamaha lebih intuitif,” tutup Morbidelli.

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini