ARIPITSTOP.COM – Gelar juara dunia sudah digenggam oleh Marquez, ketika gelar tersebut sudah resmi direbut, praktis balapan tersisa seperti tidak ada gregetnya, akan tetapi balapan seri terakhir akhir pekan ini di Valencia akan memiliki daya tarik tersendiri karena akan ada 4 gelar yang diperebutkan.

1. Treble Winner

Marquez ingin membawa Honda meraih treble gelar, yakni gelar juara pembalap, tim, dan konstruktor.

Musim 2018 ini memang menjadi tahunnya Honda di MotoGP, Marquez sudah meraih gelar juara dunia, kemudian Honda juga sudah mengunci gelar konstruktor yang berhasil mengalahkan Ducati, Yamaha disusul ada Suzuki, KTM, Aprilia. Dan balapan terakhir di Valencia akhir pekan ini, Honda memiliki kesempatan besar untuk meraih satu gelar lagi untuk musim 2018 yaitu HRC berpeluang besar menjadi tim terbaik 2018 yangbhaus ditentukan sampai akhir seri balapan yang masih memungkinkan dikejar oleh Ducati Tim.

2. Posisi Kedua Klasemen Pembalap

Sudah leading sejak start, Rossi harus menerima kenyataan pahit ketika kurang 4 lap lagi dirinya terjatuh ditikungan pertama sirkuit Sepang dan lebih pahitnya adalah dirinya terjatuh tepat didepan tribun Rossi yang merupakan fans beratnya. Hal ini membuat dirinya tidak mendapatkan poin di Sepang.

Rossi sudah tidak akan lagi bisa menyalip raihan poin milik Dovizioso tersisa satu seri lagi di Valencia. Rossi bertekad menutup musim dengan baik di Valencia, sekaligus menjaga posisi ketiga dari ancaman rekan satu timnya, Maverick Vinales (193), yang menguntit dengan selisih dua poin.

3. rookie of the year

Franco Morbidelli yang merupakan juara dunia Moto2 musim 2017, naik kelas ke MotoGP bergabung di tim Estrella Galicia 0,0 Marc VDS Honda. Pembalap didikan Rossi hanya bertahan satu musim saja dengan Marc VDS Honda dan mulai musim depan bergabung dengan tim SIC Racing MotoGP yang baru saja dibentuk bersama Yamaha.

Saat ini Morbidelli berada di peringkat 14 pada klasemen pembalap dengan meraih 50 poin. Dia pun unggul 10 poin dari debutan lainnya, Hafizh Syahrin (Monster Yamaha Tech 3) yang ada di peringkat 16. Dengan keunggulan yang cukup lebar maka Morbidelli berpeluang besar meraih gelar  rookie of the year 2018.

4. Pembalap Independent Terbaik

Setelah Crutchlow memutuskan untuk tidak balapan di Valencia, praktis hilang kesempatan untuk menjadi pembalap tim independent terbaik musim ini karena poinnya sudah diungguli oleh Zarco.

Saat ini Zarco berada di posisi 6 klasemen sementara pembalap dengan raihan 149 poin. Praktis Zarco akan memperebutkan gelar indenpenent terbaik ini bersama Petrucci yang saat ini mengumpulkan 144 poin. Artinya Zarco harus finish di depan Petrucci jika ingin mendapatkan kenangan manis ketika berpisah dengan Yamaha musim ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini