ARIPITSTOP.COM – Balapan MotoGP di Malaysia merupakan dua seri balapan MotoGP yang saya tonton secara live datang langsung ke sirkuit setelah satu bulan sebelumnya saya berkesempatan juga pergi ke Thailand. Suasana dan aura nonton balap di Sepang memang berbeda dengan di sirkuit Chang, yang menurut saya memang lebih padat dan lebih terorganisir di sirkuit Sepang, mungkin karena Thailand baru pertama kali menggelar balapan paling akbar ini. Dan ketika saya berada di sirkuit Sepang, saya masuk ke tribun Rossi yang berada tepat di tikungan pertama sirkuit Sepang, penuh sesak serba warna hijau muda tapi ternyata tidak sedikit terselip baju2 warna merah yang ternyata para pendukung Marquez.

Sejak tahun 2014 silam, Sirkuit Sepang sudah menyediakan tribun khusus untuk para pendukung Rossi yang berada tepat di tikungan pertama sirkuit Sepang, sedangkan untuk fans Marquez ditempatkan di Main Grandstand Premier yang posisinya tepat di paddock para tim2 MotoGP. Meskipun kedua fans masing2 sudah mendapatkan tempat khusus, tapi ternyata tidak sedikit fans dari pembalap kopatriot ikut nimbrung.

Hal itu seperti yang saya lihat sendiri ketika berada di tribun Rossi, terlihat jelas para fans Marquez yang gabung nonton di tribun Rossi. Dan yang bikin salut adalah, kedua fans saling akur, meski keduanya saling meneriakkan kalimat cemooh ketika pembalap lain sedang melewati tribun mereka.

Apalagi ketika di Sepang, Rossi sempat menjadi leader sejak lap pertama hingga lap 18, setiap Rossi lewat maka teriakan gemuruh para fans langsung pecah. Tapi ech tapi… fans Marquez yang ada di tribun Rossi dengan lantang mereka berucap agar Rossi jatuh, “ayo jatoh-jatoh…”, teriakan fans Marquez.

Dan yang bikin heran adalah, ketika fans Marquez meneriakkan “Rossi jatuh-jatuh”, ketika Rossi lewat dan berteriak histeris ketika Marquez lewat, ternyata para fans ini tidak saling terprovokasi atas ulah mereka masing2. Karena ketika Marquez lewatpun para fans Rossi langsung berteriak “huuuuuuuuu…..”.

Terlabih ketika Rossi jatuh tepat di depan tribun Rossi, para fans langsung berteriak histeris. Dan ketika Marquez lewat depan mereka, teriakan “huuuuuu….” juga dengan keras terdengar. Salutnya adalah para fans ini tidak saling terbakar emosi.

Saling toleransi tidak terprovokasi, tapi keadaan seperti ini apakah bisa seandainya MotoGP di Indonesia?,  tidak jaminan fans Marquez bisa tenang kalau nonton di tribun Rossi seandainya ada sirkuit di Indonesia.

Video via hp klik disini

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini