ARIPITSTOP.COM – Bulan April 2018 kemarin, Kawasaki India merilis motor terbaru dari Kawasaki yaitu Ninja 400, biker di India berkesempatan terlebih dahulu mencicipi dibandingkan biker Indonesia. Motor sport fairing ini menggunakan mesin 2 silinder 399 cc dengan transmisi 6-kecepatan dan disertai slipper clutch. Konfigurasi itu mampu menyemburkan tenaga sebesar 44,4 HP dan torsi 38 Nm.

Namaun kalau melihat desain yang ganteng dari motor, bagi biker Indonesia seperti ada yang aneh, yap… mootr ini kehadiran sari guard yang sudah menjadi regulasi di India yang artinya setiap motor harus ada piranti keselematan ini.

Fungsi dari sari guard ini agar pakaian pembonceng tidak masuk ke roda, seperti kita ketahui kalau pakaian para perempuan di India itu merumbai kebawah sehingga perlu alat agar kain2 tersebut tidak terjerat rantai atau roda belakang.

Berbagai bentuk sari guard digunakan sesuai regulasi meskipun pada akhirnya mengurangi rasa sporty dari motor tersebut, contohnya pada Kawasaki Ninja 400 ini, sebenarnya bukan hanya Ninja 400 saja namun semua motor bebek dan sport bahkan moge sekalipun harus memakai piranti yang satu ini.

Jika dilihat sari guard ini desainnya lebar menutupi bagian belakang samping kiri motor, jiaan mirip pager teralis….

Seperti halnya di Indonesia yang saat ini masih memakai regulasi plat nomor di depan, meskipun di negara lain sudah banyak yang tidak memakai plat nomor bagian depan akan tetapi berbeda pandangan peraturan di Indonesia yang sampai saat ini masih mewajibkan pemasangan plat nomor di depan.

12 KOMENTAR

  1. ktm duke/rc series juga mesti pasang panggangan sate itu mas? kalau moge2 yg dimasukin dari eropa gitu kena juga gak ya? misal panigale atau h2r gitu. belum lagi bayangin mv agusta pakai gituan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini