ARIPITSTOP.COM – Penampilan impresif kedua pemabalap Suzuki di Aragon membuat Suzuki kehilangan hak istimewanya untuk musim 2019, bahkan musim 2018 ini tim Suzuki Ecstar sudah langsung mendapatkan pembatasan seperti tim  pabrikan lainnya. Tanpa sekalipun meraih podium di mudim 2017 membuat Suzuki mendapatkan hak konsesi di musim 2018, mereka mendapatkan kemudahan seperti total jumlah 9 mesin, kemudian mesin boleh tidak sama antara masing masing pembalap, tidak ada pembekuan pengembangan mesin selama musim berjalan , dan memperoleh jatah pengetesan lebih luas selama menggunakan jatah ban yang sama.

Untuk musim 2018 ini, tim Suzuki Ecstar sudah mendapatkan podium sebanyak 5 kali podium. Alex Rins dan Iannone telah meraih 4 kali posisi ketiga dan 1 posisi kedua hingga paruh awal 2018. Suzuki telah mendapatkan 6 poin konsesi, satu poin untuk tiap posisi ketiga, dan dua poin untuk posisi kedua. Artinya batas maksimal 6 poin konsesi sudah dipenuhi oleh Suzuki Ecstar sehingga musim depan sudah full consession seperti tim pabrikan Yamaha, Honda dan Ducati.

Sebenarnya Suzuki mungkin bisa saja mengulur waktu atau tidak mau mendapatkan podium demi mendapatkan kembali jatah konsesi untuk musim depan, namun hal itu tidak dilakukan karena Suzuki justru ingin status konsesi mereka segera dicabut sehingga tim pabrikan asal Hamamatsu ini setara levelnya dengan tim pabrikan lainnya yang tidak memiliki keistimewaan.

“Ini adalah balapan yang luar biasa bagi kami karena kami tinggal sangat dekat dengan para pemimpin dan kami berjuang untuk meraih kemenangan hingga akhir balapan, jadi itu fantastis. Sangat menyenangkan memiliki pengendara yang sangat dekat dengan puncak dan kami sangat bahagia. Andrea benar-benar kuat dan Alex naik dengan sangat baik, mereka berdua mengatur ban dengan baik dan pilihan ban kami terbayar.” ujar Brivio selaku manajer tim Suzuki Ecstar.

Brivio justru berkeinginan lebih cepat kehilangan konsesi sehingga menunjukkan jika tim pabrikan Suzuki sudah kompetitif dan selevel dengan tim pabrikan lain.

“Kami sekarang kehilangan konsesi, dan itu pertanda baik karena ini menunjukkan kami menjadi jauh lebih kompetitif. Jadi terima kasih kepada semua orang di sini dan kembali ke Jepang untuk semua kerja keras yang telah mereka lakukan. Kami akan mencoba mengakhiri musim dengan tinggi. ” pungkas Brivio mellaui press release.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini