ARIPITSTOP.COM – Untuk menciptakan motor yang ramah lingkungan, Yamaha terjunkan hingga 100 insinyur agar motor listrik yang akan diproduksi secara global bisa dirilis tahun 2021-2022. Yasuo Ishihara Managing Director Yamaha India menjelaskan pengembangan motor listrik ini akan dilakukan di India bekerja sama dengan Yamaha Jepang.

Mengutip dari Autocarpro.in, motor listrik baru ini dikembangkan oleh Yamaha Research Development India (YMRI) dan Yamaha Motor Corporation (YMC) Jepang. Selain YMRI dan YMC, proyek ini juga melibatkan perusahaan asal Taiwan bernama Gogoro. Dan informasinya bahwa, Gogoro digandeng untuk mengembangkan battery motor listrik.

“Pengembangan platform kendaraan listrik yang serba baru sedang berlangsung. Kami selalu ingin memulai produk baru berdasarkan platform global. Ini  tidak akan hanya untuk pasar India. Ini juga untuk pasar global lainnya. Seperti strategi platform global yang kita miliki (untuk roda dua listrik yang sedang dikembangkan),” ungkap Ishihara, seperti dilansir Autocarpro, Minggu (15/9/2018).

“Kami sedang menyiapkan aliansi dengan beberapa pemasok utama (untuk Battery). Mudah-mudahan ini akan memberikan hasil yang baik untuk bisnis kendaraan listrik Yamaha di India di masa depan. Saya tidak akan dapat membagikan detail lebih lanjut tentang hal ini,” imbuhnya.

Proyek yang melibatkan hingga 100 insinyur ini rencananya akan dirilis sekitar tahun 2021-2022. Sebelumnya Yamaha Indonesia pernah memperkenalkan motor listrik dengan desain retro bernama E-Vino, belum diketahui perkembangan proyek E-Vino di Indonesia. Diperkenalkan di Indonesia November 2017 lalu, YIMM bekerja sama dengan empat institusi diantaranya Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan (UPH), PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia dan The Breeze BSD, melakukan uji coba motor listrik Yamaha. Motor listrik tersebut digunakan sebagai transportasi di kawasan internal mereka.

Sejarah awal kendaraan listrik Yamaha sendiri dimulai pada tahun 1993. Saat itu Yamaha Motor mulai memasarkan sistem Electrical Support Bicycle pertama yaitu Yamaha PAS (Power Assist System). Di negara-negara yang punya sejarah bersepeda, seperti negara di Eropa dan Jepang “sepeda dengan bantuan elektrik”, telah mendapat posisi di pasar sepeda sebagai genre baru. Penjualan Yamaha PAS di pasar global telah mencatatkan hasil yang positif dengan total penjualan lebih dari 4 juta unit di seluruh dunia, termasuk penjualan unit penggeraknya.

Yamaha pertama kali memperkenalkan sepeda motor listrik di tahun 2002 lewat Yamaha Passol. Yamaha kemudian terus melakukan pengembangan dengan berturut – turut memperkenalkan EC-02, Passol-L, EC-03 dan E-Vino serta di ajang Tokyo Motor Show memamerkan beberapa motor sports listrik andalan. Hingga saat ini penjualan motor listrik Yamaha telah merambah kawasan Eropa dan di negara Asia seperti Jepang dan Taiwan dengan total penjualan lebih dari 10.000 unit.

Sedangkan untuk pasar Indonesia, Yamaha memasukkan motor listriknya bernama Yamaha EV alias Yamaha Electric Vehicle atau E-Vino. Namun pihak Yamaha menegaskan belum menjual motor ini untuk pasar bebas.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini