ktm indonesia

ARIPITSTOP.COM – Yap, secara resmi Yamaha Indonesia mengumumkan akan menyelenggarakan balapan ketahanan yang akan digelar di sirkuit Sentul 29-30 September 2018 bulan depan. Balapan ketahanan ini diikuti motor YZF-R15 dan YZF-R25 dengan masing2 motor terdiri dari dua pembalap atau rider. Balapan ini seperti yang sudah dilaksanakan di sirkuit Le Mans atau Suzuka, bahkan untuk technicalnya juga mirip dengan balapan endurance tersebut namun ada beberapa regulasi yang harus disesaikan dengan kondisi sirkuit, motor berkapasitas kecil jika dibandingkan balapan Suzuka 8H dan pastinya adalah menyesuaikan para peserta yang kali ini adalah didominasi oleh peserta dari komunitas seperti balapan di Yamaha Sunday Race.

Sedangkan untuk pesertanya sendiri akan dibagi dalam tiga kelas yaitu Open Class 250cc, Community 250cc dan Community 150cc. Dari semua kelas ini akan terdiri dari masing 2 pembalap setiap motornya.

1.Open Class 250cc

Pada kelas Open Class 250cc yang wajib menjalani perjalanan waktu balap selama 2 jam. Jadi kategori ini bersifat terbuka untuk pengguna Yamaha YZF-R25. Boleh diikuti pembalap profesional ataupun dari komunitas (Community). Persyaratan pesertanya bisa sesama rider profesional ataupun kombinasi rider profesional dan Comm Pro Rider, juga bisa sesama rider Comm Pro.

Kemudian untuk regulasi motornya, yang dipakai adalah motor YZF-R25 kondisi mesin yang boleh dirubah dibagian Cylinder Head saja dan sebatas diporting. Tetapi untuk penggunaan ECU dibebaskan begitu juga dengan penggunaan suspensi baik depan dan belakang juga dibebaskan namun untuk kondisi rangka harus tetap standar. Dan untuk pemakaian ban menggunakan ban racing.

2.Community 250cc

Kemudian kelas Community 250cc, balapan hanya berlangsung selama 1 jam saja. Jumlah rider atau pembalap tetap sama yaitu dua pembalap untuk 1 mootor, para peserta hanya untuk komunitas seperti regulasi peserta yang ada di Yamaha Sunday Race yaitu untuk rider Comm A dan Comm B ataupun sesama petarung Comm B.

Sedangkan untuk regulasi pada motornya tetap memakai motor YZF-R25 dengan kondisi mesin harus standar tanpa rubahan, kemudian untuk ECU tetap memakai ECU standar dengan penambahan Piggy back. Rangka harus dalam kondisi standar kemudian sok depan dibebaskan serta pemakaian ban racing.

3.Community 150cc

Kelas Community 150cc menggunakan motor YZF-R15, jumlah pembala tetap sama yaitu dua pembalap untuk satu motor dan pesertanya sesuai regulasi dari Yamaha Sunday Race yang diperuntukkan untuk Comm A dan Comm B ataupun sesama petarung Comm B.

Untuk regulasi motor memakai regulasi dari Yamaha Sunday Race untuk kelas Comm B bisa (diklik disini), dimana kondisi mesin tetap standar, rangka juga tetap standar namun sok depan bisa dirubah, sedangkan ECU tetap standar kemudian pemakain ban racing.

Salah satu yang menarik dalam balapan ini adalah cara starnya, tidak seperti start pada balapan umumnya akan tetapi untuk startnya seperti pada balapan endurande di Le Mans atau Suzuka 8H dimana dua pembalap peserta akan berkolaborasi disini. Pembalap yang satu akan memegang motor yang akan digunakan pembalap pertama yang akan berlari dari pinggir trek yang kemudian akan memacu motornya. Bisa dilihat di video dibawah ini yang kemarin dilakukan di balapan Suzuka 8H. Seru banget tuch cara startnya…

Informasi dari Kadek Sukma dari Divisi Motor Sports Yamaha Indonesia, cara start ini kemarin sudah berhasil disimulasikan oleh para pembalap Yamaha.

Lanjut lagi untuk cara pengisian bahan bakarnya, untuk pengisian bahan bakar sekaligus penggantian pembalap memang hampir mirip yang terjadi di Suzuka 8H, bedanya disini masih memakai cara manual. Jika Suzuka 8H ketika pengisian BBM dan penggantian pembalap dilakukan secepat mungkin maka jika di Yamaha Endurance Festival ini memakai batasan waktu.

Pengisian BBM dilakukan secara manual menggunakan dirigen khusus serta corong sehingga disini harus mengutamakan keamanan, sehingga agar santai tidak terburu2 untuk proses pengisian BBM dilakukan harus dilakukan memakai durasi minimal 3 menit (boleh lebih dari 3 menit) dimulai dari Pit In sampai Pit Out dengan catatan kecepatan maksimal motor ketika memasuki Pit In harus maksimal 40km/jam yang diukur sesuai data transponder.

Proses penggantian pembalap dan pengisian BBM dilakukan di depan paddock yang sudah disediakan area pit lanenya seperti gambar dibawah ini. Ada garis kotak sebagai pembatas dan posisi dimana ketika motor berhenti serta posisi crew agar tidak terkesan semrawut.

Balapan ketahanan yang baru pertam akali diadakan di Indonesia ini akan berjalan selama tiga hari, hari pertama di di hari Jumat akan dilakukan untuk training para peserta serta briefing untuk kelancaran ketika saat balapan. Di hari Sabtu akan diadakan sesi latihan bebas di pagi hari dan siang hingga sore harinya akan dilakukan sesi kualifikasi. Dan akhirnya balapan yang ditunggu2 dilaksanakan di hari Minggu 30 September 2018.

 

Adapun penentuan pemenang berdasarkan pada jumlah total lap yang berhasil dilahap selama waktu balapan. Jadi berlaku seperti balap ketahanan di Suzuka ataupun Le Mans. Hadiah yang diberikan sangat menarik dengan total 122 juta rupiah.

2 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda