ktm indonesia

ARIPITSTOP.COM – Beberapa waktu lalu sempat ramai diberitakan akan adanya rencana untuk menerapkan penggantian warna plat nomor dari dasar hitam dengan angka dan huruf berwarna putih diganti sebaliknya menjadi dasar putih dan huruf serta angka diganti menjadi hitam. Pergantian warna ini bertujuan untuk mendukung penerapan tilang elektronik, dan penindakan pelanggaran menggunakan kamera CCTV agar plat nomor mudah terbaca.

“Informasi rencana awalnya demikian (perubahan plat nomor), tapi kan pengadaan masih dari Korlantas. Kita sebagai pelaksana juga masih menunggu, karena masih dikaji di Korlantas,” jelas Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Bayu Pratama Gubunagi, dilansir dari Liputan6.com, Rabu (25/7/2018).

Sementara itu, terkait perubahan warna dasar plat nomor tersebut, memang sudah dilakukan focus group discussion (FGD). Bahkan, alasan warna dasar untuk pelat nomor juga dibahas dalam diskusi tersebut.

“Secara ilmu fisika, warna dasar putih itu lebih akurat ditangkap kamera CCTV dibanding warna dasar hitam. Jadi, akurasi semakin besar, dan kemungkinan melakukan kesalahan dalam penindakan pelanggaran semakin kecil,” tegas Kompol Bayu.

Sebelumnya sudah diberitakan jika pelaksanaan penggantian warna plat nomor ini akan dimulai tahun 2019, akan tetapi sepertinya tidak akan mudah secepat itu karena masih ada kendala dan kajian teknis lebih lanjut. Menurut Kepala Korlantas Polri Irjen Royke Lumowa, hingga saat ini belum ada kajian perihal pergantian warna plat nomor. Royke sendiri menampik, jika wacana plat nomor menjadi warna putih itu akan diterapkan pada 2019 mendatang. Lebih lanjut ia menyatakan, kendala yang dihadapi untuk pergantian warna plat nomor yaitu masalah biaya spesifikasi material yang dianggap tergolong mahal.

“Kajiannya juga belum ada kesimpulan,” kata Royke kepada wartawan di kawasan Bundaran HI, Thamrin, Jakarta, Rabu (1/8)

“Ibarat orang meneliti Apollo, barang apa? Belum jadi kan, belum bisa disampaikan. Belum jadi. Kalau telur setengah matang masih enak, tapi kalau daging mentah tidak enak,” tambahnya.

5 KOMENTAR

  1. Percuma invert warna lek kalo desain sama cetakan aja masih pating pecotot. Mata manusia aja baca kadang masih salah antara 6 8 9, apalagi cctv. Endonesah

Ketik Komentar Anda