ktm indonesia

Aripitstop.com – Persetruan antara Rossi dan Marquez memang akan terus melebar jika dibiarkan saja, Presiden Federasi Balap Motor Internasional (FIM), Vito Ippolito menyatakan kemurkaannya soal insiden senggolan kontroversial antara Marc Marquez dan Valentino Rossi di MotoGP Argentina akhir pekan lalu.

Ippolito menyatakan tak ada yang benar di antara keduanya, dan memiliki porsi kesalahan masing-masing. Kedua pembalap akan segera dipertemukan karena bisa mencoreng nama balapan, belum tahu pasti kapan waktunya.

“Saya sungguh sedih situasi makin panas, terutama di antara fans kedua rider. Kami tak suka atmosfer yang diciptakan dari peristiwa ini. Para rider punya tanggung jawab besar untuk membantu kami dalam tugas ini, bukan malah memperburuk situasi fans, baik lewat perilaku di lintasan maupun kata-kata mereka. Atas alasan ini FIM dan Dorna Sports akan bicara dengan mereka,” ujar Ippolito kepada GpOne.

Ippolito mengakui talenta besat Marquez, namun menyayangkan ambisinya dalam meraih hasil baik di Argentina. “Marc sangat bertalenta. Tapi seperti yang pernah terjadi pada semua rider, dari waktu ke waktu, kadang mereka melewati batas. Ada kalanya mereka sangat fokus pada target hingga tak lagi lihat kanan dan kiri. Marc jelas melakukan hal-hal tak sesuai regulasi. Ia harus tahu cara mengendalikan diri,” tuturnya.

Tetapi Ippolito juga geram pada Rossi yang melayangkan banyak tuduhan negatif pada Marquez.

“Vale memberikan pernyataan-pernyataan ‘panas’. Saya tak tahu apa ia benar-benar memikirkan yang ia katakan. Saya tak bisa membayangkan inilah yang benar-benar ia pikirkan. Saya mencoba menghubung-hubungkan pernyataannya dengan Marc. Yang satu melewati batas dalam balapan, yang satu terlalu ‘panas’ di akhir balap,” tuturnya.

Ippolito pun mengaku FIM tak akan tinggal diam melihat kekacauan ini berlanjut di MotoGP. “Kami harus membuat para rider membawa spirit olahraga. Kami sangat mengharapkan kerja sama para rider. Mereka lah pahlawan bagi banyak orang. Tugas kami adalah mengatur mereka secara profesional. Mereka punya jutaan fans dan mereka harus menjadi contoh yang baik,” tutupnya.

Ketik Komentar Anda