image description

ARIPITSTOP.COM – Naik motor sambil memboncengkan anak di depan memang harus ekstra hati2, motor matic yang tidak perlu injak gigi hanya memuntirkan selongsong gas maka motor sudah bisa meluncur, sangat berbahaya jika secara tidak sengaja selongsong gas tersebut dipuntir oleh anak kita.

Seperti yang terjadi pada video yang sedang viral di facebook, terjadi kecelakaan motor yang tiba2 nyelonong masuk ke sebuah mini market. Kecelakaan berawal ketika sang ayah yang memboncengkan anaknya di depan, berhenti tepat di parkiram depan pintu mini market. Motor masih dalam kondisi menyala saat berhenti, kemudian sang anak diturunkan lewat sisi kanan motor dan tanpa sengaja tangan sang anak memegang selongsong gas dan terpuntir, hingga akhirnya motor nyelonong menabrak pintu mini market dan langsung menabrak isi di dalam mini market tersebut.

Pembelajaran buat kita semua agar hati2 ketika memboncengkan anak kita, pastikan motor dalam keadaan mati ketika motor sedang berhenti.

Lalu bagaimana cara yang aman ketika memboncengkan anak pada saat motor mau berhenti ?.

  • Pertama, Pastikan motor dalam keadaan mati ketika menaikkan sang anak ke atas motor.
  • Kedua, jika anak terpaksa dibonceng di depan, pastikan tangan anak tidak memegang kedua selongsong gas ketika motor sedang jalan, tangan anak bisa memegang kedua spion atau batok kepala motor.
  • Ketga, ketika motor mau berhenti dan hendak parkir, pastikan motor dimatikan terlebih dahulu sebelum anak diturunkan dari motor.
  • Keempat, jika kondisi motor terpaksa harus masih dihidupkan ketika berhenti maka diusahakan anak diturunkan lewat sisi kiri motor untuk menghindari resiko tangan anak memegang selongsong gas.

Namun yang pasti lebih aman ketika anak membonceng di depan adalah motor langsung dimatikan sesegera mungkin ketika motor sudah berhenti sebelum sang anak diturunkan.

Silahkan jika ada yang menambahkan….

Beriktu videonya, via hp klik disini

14 KOMENTAR

  1. Saya mikirnya begini, sebaiknya motor matic itu diberi semacam tuas “kopling”….. fungsinya SAFETY seperti side stand switch, motor ga bs distater klo standar belum naik ……..tp ini fungsinya lebih ke “gigi netral”, jadi motor di gas sekenceng apapun motor gak akan jalan klo tuas belum diaktifkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini