image description

ARIPITSTOP.COM – Balapan di jalan raya ?, ekspektasinya lansung terlihat menyeramkan… sebagian pasti sudah tahu dengan balapan Isle of Man TT, balapan ini juga lebih dikenal dengan balapan setor nyawa akibat setiap penyelenggaraannya ada saja pembalap yang mengalami kecelakaan hingga meninggal bahkan di tahun 2014 silam diinfokan ada dua pembalap yang meninggal dunia akibat mengikuti balapan di jalan raya ini.
instagram-aripitstop

Nach, ternyata di MotoGP tengah berkembang wacana race yang akan diselenggarakan di jalan raya juga, wich…. kok serem ya bayanginnya… ketika balapan di sirkuit saja banyak sekali aksi pembalap yang terjatuh dan membutuhkan gravel yang lebar agar pembalap selamat dari kecelakaan yang lebih parah, nach, kalau balapan di jalan raya apakah akan ada gravel yang seperti di sirkuit ?.

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta mengungkapkan, bahwa MotoGP tengah mempertimbangkan untuk menggelar balapan di tengah kota. Dalam wawancara kepada media Spanyol, Expansion, sebuah proposal untuk mengadakan balapan di tengah kota yang tidak disebutkan namanya ada di atas meja, dan dapat ditambahkan ke kalender Grand Prix pada tahun-tahun mendatang.

“Mungkin saja ada sirkuit urban di MotoGP. Ada proyek solid di kota yang hangat. Secara teori, trek lurus akan berada di jalan dan paddock akan ditutup, terintegrasi di sebuah pusat pameran.” ungkap Ezpeleta.

Dorna diyakini melakukan pembicaraan terkait penyelenggaraan balapan di Meksiko, meskipun Uni Emirat Arab merupakan kandidat lain yang mungkin menjadi tuan rumah untuk sebuah event berbasis kota. Akan banyak pekerjaan rumah buat Dorna jika memang akan menyelenggarakan balapan di tengah kota. Yang terpenting pastinya keselamatan para pembalap dan para penonton. Pastinya tuntutan utama utama sirkuit jalan raya antara lain trek yang cukup lebar, pagar atau tembok pembatas yang tak terlalu dekat dengan trek, dan yang terpenting, adalah area run-off yang cukup lebar.

So… kita lihat saja nanti perkembangannya seperti apa…

4 KOMENTAR

  1. koq lucu ya.
    Beberapa circuit diubah layoutnya bahkan ada yg dibanned (Misalnya Circuit Suzuka) ama Dorna karena dirasa berbahaya.
    Lalu kenapa sekarang Dorna mempertimbangkan untuk balapan dijalan raya yg notabene relatif lebih berbahaya lagi ? hanya sekedar untuk meniru F1 ? apakah maksudnya agar bisa menyelenggarakan balapan di negara kecil yg tidak memiliki circuit namun memiliki “prestise” macam di Monaco atau Singapura ?
    “UUD” klo benar seperti itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini