image description

ARIPITSTOP.COM – Pabrikan rem ternama asal Italia harus menarik semua produknya akibat sistem pengereman motor yang diindikasikan tidak berfungsi terutama pada saat untuk balapan, track day atau saat motor terjatuh bahkan pada motor ABS yang sering mengakibatkan sering terjadinya denyutan sehingga piston master remyang terbuat dari plastik akan mengalami keretakan bahkan sampai pecah sehingga bisa terjadi kegagalan pengereman.
instagram-aripitstop

Yap, rem Brembo mengalami masalah pada master rem atasnya saja, tepatnya pada piston penonjoknya yang terbuat dari plastikdan kini diganti dengan model yang berbahan aluminium. Masalahnya berasal dari unit silinder master Brembo tipe PR16 radial yang populer (piston), yang ternyata bisa retak secara internal di piston, yang kemudian bisa menyebabkan rem depan rusak.

Karena sifat fisik bahan piston yang digunakan pada silinder induk, dan porositas yang dihasilkan selama proses tekanan digunakan untuk mengerem, sehingga piston bisa retak saat digunakan pada trek balap, atau dengan seringnya intervensi ABS, atau saat motor jatuh ke tanah.

Dengan demikian saat piston retak, rem depan mungkin tidak beroperasi dengan benar yang dapat menyebabkan rem depan gagal berfungsi. Pihak Brembo telah mampu mengidentifikasi bahwa piston yang salah terbuat dari sejenis plastik (polifenilena sulfida), dan untuk memperbaiki maka diganti dengan piston aluminium.

Piston Plastik Brembo Repair Kits gutsibits
Brembo Repair Kit Rear gutsibits

Piranti rem Brembo ini sering digunakan pada moge2, maka yang punya mocil berharap tenang saja. Menurut dokumen yang diajukan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), sekitar 1 persen dari 1.800 unit Aprilia yang terdampak menunjukkan adanya retakan piston silinder master rem Brembo . Namun, Brembo juga menarik paket pengereman PR 16 yang dijual sebagai part aftermarket atau part pengganti, waduh… buat para modifikator juga kena nich…

Brembo PR16 Radial Master Cylinder digunakan seperti pada moge Ducati 1299, Ducati MONSTER 1200, Ducati Multistrada, Ducati Panigale R, Ducati SCRAMBLER, Ducati XDiavel S, Aprilia Tuono, Aprilia RSV4 dan masih banyak lainnya.

sumber : https://www.asphaltandrubber.com/recall/brembo-brake-recall/

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini