image description

ARIPITSTOP.COM – Menjadi juara dalam balapan tentunya tidak mudah, dibutuhkan kerjasama dari semua lini baik itu dari pembalapnya sendiri, motor yang bagus serta kekompakan kerjasama tim, semua tidak bisa berdiri sendiri harus kompak agar mendapatkan hasil yang maksimal. Pembalap bagus namun tidak didukung dengan motor yang bagus maka sama saja mengerjakan hal yang sia2.
instagram-aripitstop

Kali ini kita akan mengintip racikan apa saja yang ada di motor milik Renaldi sang juara umum Yamaha Sunday Race 2017 kelas Sport 250cc COMPRO. Dari regulasinya, untuk kelas Sport 250cc COMPRO kondisi mesin harus standar, klep, piston, blok semua memakai part standar atau bawaan motor, jadi mereka para team harus memikirkan bagaimana caranya motor harus terus kencang dan mesin tetap harus bisa bertahan dari sesi latihan bebas, kualifikasi hingga saat race yang melahap 6 lap.

Untuk motor tunggangan Renaldi, Tatang Rukmana sang Manager tim Yamaha Mekar Motor Cargloss Daytona Motobat  membeberkan apa saja yang dirubah di motor R25 jawara. Sesuai regulasi di kelas Sport 250cc COMPRO kelistrikan hanya mengganti bagian ECU, untuk motor ini memakai ECU aRacer.

Sedangkan untuk bagian engine, Tatang lebih lanjut menjelaskan kalau bagian head hanya dilakukan porting aja selain itu tidak boleh.

”ya paling di bagian head kita hanya main poles2 aja scih, selebihnya kita hanya main setingan saja di bagian kelistrikan karena mesin tetap standar bahkan kampas kopling kita tetap memakai kampas kopling asli R25.” ujar Tatang saat saya temui di sirkuit Sentul.

R25 ini memakai knalpot Daytona, ban IRC, untuk sokbreker belakang pakai Ohlins, untuk sok depan hanya merubah jeroannya saja agar bisa diadjust. Untuk biaya membangun awal motor R25 milik Renaldi ini dibutuhkan biaya sekitar 33-35 juta rupiah, ditambah lagi biaya maintenance selama 4 seri ini dibutuhkan sekitar 20 jutaan rupiah.

”Alhamdulilah sponsor sudah ada jadi kita sudah dibantu, semoga tahun depan sponsor semakin bertambah dengan menjadi juara umum ini. ” seru Tatang.

7 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini