image description

Puluhan ribu sparepart palsu dari berbagai merk ternama seperti Honda, Yamaha, Suzuki dll berhasil diamankan oleh polisi. Polisi menggerebek rumah tempat produksi onderdil sepeda motor palsu dengan berbagai merk di Palembang, Sumatera Selatan. Seorang pemilik Frengky (52) dan empat pekerja Yulianto (52), Amin (33), Herman (35), Paidi (38) berikut dua buah alat press onderdil palsu ditangkap dalam penggeledahan itu.
instagram-aripitstop

Pengakuan dari Frengky sang pemilik pabrik ini menceritakan proses pemalsuan sparepart motor palsu tersebut :

  1. Barang didatangkan dari Jakarta.
  2. Sampai Palembang dilakukan pengepakan sesuai merk. Ada yang barang asli tapi palsu ada pula barang-barang bekas yang diolah lagi kemudian dijual dengan harga barang asli.
  3. Barangnya itu kualitas rendah, tapi dibungkus sama yang merk asli harganya lebih tinggi.
  4. Kalau yang barang bekas dapat dari Pasar Cinde ada yang nampung dan dipoles di sini.
  5. Usai dibungkus, pelaku kemudian menjual kembali onderdil palsu tersebut ke toko-toko maupun bengkel-bengkel yang ada di Palembang dan daerah lain di Sumsel melalui sales dengan harga miring.
  6. Adapun onderdil yang dijual seperti karburator, kampas rem, satu set gir, lampu sein, tromol dan onderdil sepeda motor lain yang ada di pasaran.

Dikutip dari detik.com, omzet pemalsuan sparepart motor ini labanya sangat menggiurkan, “Omset sekitar Rp 20 juta bersih saya dapat keuntungan. Jadi ada pekerja khusus yang membuat spare part (Onderdil), begitu juga dengan pendistribusian ada sales-salesnya,” tutur Frengky saat diamankan Polisi, Senin (14/8/2017) sore.

4 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda