image description

Kalau sudah mendengar water hammer langsung ngilu, kenapa ? jeroan mesin terutama stang piston pasti bengkok dan hal ini sudah sering saya jumpai di motor2 konsumen yang sudah sering saya bongkar akibat terkena water hammer terutama di kala musim hujan yang mengakibatkan bencana banjir dimana2. Banjir dengan genangan air tinggi jika motor nekat lewat maka air akan mudah masuk ke ruang filter udara kemudian masuk ke karburator/throtle bldy dan akhirnya masuk ke ruang bakar dan boooooooom…!, motor mogok.
instagram-aripitstop

Apa itu water hammer ? saya ambil dari welovehonda berikut : fenomena di mana suatu aliran fluida dihentikan secara tiba-tiba, baik itu disengaja (misalnya saluran ditutup tiba-tiba) atau karena mampet. Fenomena ini hanya terjadi pada saluran tertutup (pipa dsb). Ketika fluida dihentikan gerakannya secara tiba-tiba, tekanan akan terkumpul di ujung dekat dengan lokasi di mana aliran terhambat, sehingga tekanan akan terakumulasi di mana ketika itu aliran di belakangnya tidak terhentikan sehingga fluida menekan penampang saluran dan pecah.

Untuk pengertian lebih mudahnya adalah ketika air masuk ke ruang bakar melalui filter udara karena tekanan hisap dari ruang bakar melalui filter udara, ketika air menggenangi filter udara maka air kehisap ke ruang bakar dan memenuhi ruang bakar sehingga ikut terkompresi. Karena air tidak bisa terbakar ikut terkompresi dan piston terus berputar maka tekanan piston yang dihasilkan dari putaran mesin mengakibatkan stang piston bengkok akibat piston berhenti mendadap sedangkan dorongan mesin terus berlanjut. Pada akhirnya motor mogok karena piston macet tidak bisa bergerak lagi.

Untuk para biker dan bengkel memang lebih sering menyebutnya ”water hammer” meski sebagian juga istilah ini disebut sebagai ”hydrolocked”.

Kejadian seperti ini tidak mengenal motor murah ataupun motor mahal, bahkan motor jadul atau motor teknologi terkini karena jika air sudah masuk ruang bakar maka yang terjadi terjadilah…

Seperti pada motor CBR250RR ini, akibat sang owner nekat menerjang banjir akhirnya motor mogok karena stang pistonnya bengkok. Seperti yang dilansir oleh otomotifnet (26/07/2017), Hal ini dialami oleh Herman, pemilik CBR250RR asal Joglo, Jakbar. “Ceritanya Herman menerabas banjir selutut, kemudian mesin mati,” terang Angga Kurniawan, pemilik bengkel Anjany Racing di Kebon Jeruk, Jakbar tempat Herman memperbaiki motor 2 silinder 250 cc ini.

“Setelah dibongkar ternyata air masuk ke mesin, ada di ruang bakar, throttle body dan tentu saja di boks filter. Dan itu setang piston bengkok dan piston pecah karena membentur crankshaft,” terang Sudirjo, mekanik Anjany Racing.

Untuk para owner CBR250RR sepertinya harus berhati2 jika ingin nekat melewati banjir, kenapa ?, karena posisi air ram intake di balik sisi kanan kiri fairing membuat air bisa lebih mudah masuk jika ada genangan air yang cukup tinggi, untuk kondisi hanya hujan sich nggak masalah.

27 KOMENTAR

    • Klo motor injeksi lebih rawan karena bbm tetap disemprotkan ke ruang bakar meski aliran udara agak tersendak akibat filter udara basah.

    • kamu memang tolol sekali, mau motor sekelas runtah 25 atau runtah 3 jika terabas banjir selutut jelas stang seher bengkok, jadi orang jgan tolol deh

  1. Oh god, why?
    RR lho. RR.
    CBR250RR
    Peruntukan untuk circuit dan race.
    Buat harian jg masih riskan, ga worth it kecuali klo emg suka ya gpp.
    Ga di desain buat terjang air.. muke gile.
    Mau terjang banjir beli motor amphibi aja bosq ?

  2. Kalah sama supra 100 nya… Dibawa 5km lebih kondisi banjir hampir setinggi ban oke aja, baru mati setelah gas dikendorin, itu pun krn sudah sampe lokasi dan ga masalah, bisa hidup lagi

  3. Kalo logikanya motor injeksi bensin tetep nyembur pas debit udara ketahan mah, motor karbu malah lebih parah om.. Secara kalau jalur udara ditutup, yang kesedot masuk ke mesin ya bensin semua

  4. Ini sih bisa jadi nerobos banjir sambil jalan agak kenceng, jadi aernya kenceng masuk ke box udara lewat saluran air ram.
    Mau motor apa juga kalo jalur masuk udaranya disembur aer kaya gitu ya pasti bubar jalan…

  5. Jadi liat dulu posisi air ram nya, biasa di motor sport di bawah jok, kalo di fairing ya terlalu rendah atau terlalu terbuka

  6. Water Hammer ngeri … Mayan biaya ganti satu set connecting rodnya ….

    Tung belum pernah terjadi water hammer di jupi dan vixion ane … Alhamdulillah cuman patah sein kiri kanan njir … Terlalu kaku karetnya … ????

  7. Kang ,tp misal kasus rem belakang ampe ngnci tu gmn ? Apa putaran mesin jg ikut berhenti jika tanpa d kopling tanpa d kopling

  8. Hello blogger, i must say you have high quality articles here.
    Your page can go viral. You need initial traffic only.
    How to get it? Search for; Mertiso’s tips go viral

  9. Berarti motor ini tidak bisa dibuat nerjang jalanan saat hujan lebat? terus juga harus hati2 saat nyuci motor ini ya? dengan alasan air bisa masuk ke sistem RAM-AIR nya . . . . Apa CBR250RR ini sebenarnya edisi “not for daily use”?

  10. fital sekali memang stang seher.
    saya ngabisin 2 boring dan 2 piston dalam jangka waktu 3 bulan karna stang seher bengkok tipis yg tidak terdeteksi.
    dan karna kecurigaan terakhir 2 blok yg baret menyamping ke kanan, akhirnya stang seher divonis ganti.

    bagaimana jadinya kalo stang seher tidak divonis, mungkin dalam setahun saya sudah menghabiskan 12 boring dan 12 piston.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini