image description

 

Sudah berjalan sekitar 2.700 km memakai oli Motul 5100 10W40 di motor GSX-S150 yang saya pakai ini, oli ini saya pakai sejak awal bulan Juni 2017 kemarin dan artikel review pemakaian awalnya juga sudah saya publish dan kini saatnya saya review setelah oli ini saya pakai 2.700 km terlebih saat pakai oli Motul Ester yang mengandung kualitas Technosynthese. Technosynthese adalah gabungan sempurna dari bahan sintetik dan bahan dasar mineral terbaik untuk mendapatkan performa optimal dan harga yang bersaing. Technosynthese adalah merek dagang terdaftar dari Motul.

instagram-aripitstop

https://www.instagram.com/p/BU1UhBDgZU6/?taken-by=aripitstop_blog

Oli ini juga saya pakai untukshort touring, sudah tiga kali naikke puncak Bogor dengan jarak setiap riding sekitar 180 km sudah PP, lumayan bro perjalanan memakan waktu sektar 5-6 jam PP dari Jonggol. Biasanya saya melewati rute citeurep kemudian bukit Pelangi kemudian Puncak Bogor dan pernah satu kali saat pulang melewati jalur utama Cianjur kemudian ke Cariu dan sampai dech di Jonggol.

Spesifikasi Oli Motul 5100 Ester 10w40 :

  • Application: Engine lubricants
  • Engine Type: 4-Stroke
  • Quality: Technosynthese
  • Product Range: Motorcycle
  • Viscosity: 10w40
  • API Standards: API SL/SJ/SH/SG
  • JASO Standards: JASO MA M033MOT055

Pada saat pemakaian di kilometer pertama menggunakan oli ini memang akslerasi serasa normal2 saja namun setelah mesin panas ternyata akslerasi motor langsung ngacir. Dan setelah motor dipakai dua hari tiga hari kemudian akslerasi mulai terasa banget pokoke maknyus, akslerasi enak dan performa terutama tarikan atasnya ternyata jauh lebih enteng.

Kemudian pada saat pemakaian oli merk asal Prancis ini sudah berjalan sekitar 1.500 km ternyata tak ada perubahan akslerasi dan performa bahkan getaran mesin juga justru masih halus, untuk getaran dimesin tidak masalah sama sekali. Bahkan pada saat saya ke daerah lebih tinggi yang suhunya semakin dingin, getaran mesin tetap normal.

Sudah tiga kali saya bawa ke puncak Bogor, motor sudah pasti mengalami perubahan suhu dan harus bisa langsung adaptasi karena habis perjalanan di daerah cenderung panas kemudian naik ke daerah puncak dengan suhu yang jauh lebih dingin. Yang saya rasakan akslerasi motor tetap ok dan performa motor juga tidak ada masalah asma sekali justru pada saat pulang, melewati jalur Cianjur-Cariu-Jonggol power motor semakin maknyus…! Performa motor terutama ketika motor panas justru semakin enak dibetot gasnya, awas jangan sampai kebablasan…!. Mesin motor tidak menujukkan gejala power drop, kita ketahui bahwa efek panas pada mesin yang berlebihan sebagian akan mengurangi kinerja dari mesin.

Hingga sampai pemakaian Motul Ester ini di motor GSX-S150 sudah berjalan sampai 2.700 km tidak ada penurunan power, hanya saja saat sudah masuk kilometer 2.500 km akslerasinya sudah mulai menurun, mungkin sudah waktunya untuk ganti oli mesin dengan yang baru, namun overal pemakaian oli ini sangat puas. Jelas banget motor ini enak buat touring karena semakin panas justru akslerasi dan performa motor smakin enteng.

10 KOMENTAR

  1. Motul 5100 15w 50 biasa pake di pulsar 220 ganti tiap 4000km aman-aman aja sih, karena umurnya awet itu hitungannya masih murah pake motul 5100. Di datasheetnya motul 5100 malah rekomendasi penggantian tiap 5000km

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini