image description

Beberapa hari yang lalu para pecinta Moge membuat petisi agar moge bisa masuk jalan, sebagai percobaan mereka meminta untuk boleh masuk jalan Tol pada hari sabtu dan minggu saja. Selanjutnya dievaluasi apakah moge masih layak masuk jalan Tol atau tidak, lalu bagaimana jawaban polisi atas permintaan para pecinta Moge ini ?.

instagram-aripitstop

Dikutip oleh Viva.co.id bahwasannya, Kepala Korlantas Polri, Irjen Polisi Roycke Lumowa, mengungkapkan, jalur bebas hambatan alias tol diperuntukkan bagi kendaraan roda empat atau lebih. Keberadaan jalan tol dan sepeda motor diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2009 tentang jalan tol.

“Ya enggak boleh selain yang diatur dalam peraturan,” kata Roycke kepada VIVA.co.id di Jakarta, Selasa 9 Mei 2017.

“Ya enggak boleh, selama ada peraturannya,” katanya singkat.

“Ada rambu dilarang masuk untuk sepeda motor, kecuali petugas. Sepanjang ada rambu-rambu itu, motor apa pun selain petugas dilarang melintas,” ujarnya menambahkan.

Roycke enggan berkomentar, saat disinggung apakah pihak kepolisian bakal mengkaji permintaan para komunitas motor besar. Ia hanya mengatakan, sejauh ini, peraturan yang ada adalah jalur tol dilarang dilintasi kendaraan roda dua.

Setiap pintu masuk jalan Tol pasti ada rambu larangan motor dilarang masuk, itulah peraturan saat ini yang tidak bisa dilanggar. Sepertinya aturan ini agak susah kalau dirubah karena selain menimbulkan kecemburuan sosial para pemilik motor kecil, kondisi jalan tol belum memungkinkan untuk dilewati motor, kecuali sudah ada lajut khusus untuk motor, tanpa lajur untuk motor saja jalan tol sudah macet nggak karuan, apalagi jika nanti dipersempit adanya lajur untuk motor.

14 KOMENTAR

  1. Memang sudah seharusnya moge cc diatas 600 masuk tol asalkan stnk & sim lengkap tidak telat bayar,plat nomor terpasang dengan baik,safety gear lengkap,untuk uji coba bisa di lakukan tol dalam kota (cuma untuk masukan)

  2. Wkwkwk susah emang hidup disini. Punya banyak duit merasa bayar pajak paling gede minta privillage. Yg hidupnya susah merasa rakyat kecil jg minta diperhatiin, minta privillage juga.

    Yg kasian orang yg idupnya menengah. Mau ngaku kaya tp bukan orang kaya, entar dibulang lanjat sosial. mau ngaku miskin digebukin org2. Orang bisa punya rumah mobil motor lumayan bagus kok ngaku miskin wkwkwkwk

  3. klo begitu truk material, tronton dan petikemas boleh masuk jalan protokol juga, ga ada lagi pembatasan jam lewat, kalau perlu masuk jalan kampung juga ….toh mereka juga mobil, ini baru adil

    • Setuju bro,….giliran truk salah masuk jln langsung tilang,padahal supir y gak tau..mestinya di kasih pengarahan aja..

  4. PENGGUNA MOGE HARUS PAKE SIM C2…..PENGENDARA MOGE >600CC BIASANYA SUDAH SANGAT MAHIR BAWA MOTOR DAN EMOSINYA SUDAH MATANG….

  5. Lebih baik jangan..
    Kalo mau lewat tol beli mobil pickup aja, naikin ke pickup, suruh sopir, ntar kalo dah keluar tol mobil balik lg aja ke rumah, ente pake moge terusin perjalanan, yg punya moge kan pada berduit, masa granmax gk kebeli.., kalo mau balik lagi tinggal tlp sopir buat jemput di gerbang tol..
    Kalo moge masuk tol, gawat nya kayak di YouTube, touring kebut 2an, kalo jatoh nyamber mobil orang kan gaswat, yg celaka bukan pengendara moge aja, lagian tol di mari suka ada lubang dan bergelombang.. Bahaya..

  6. Infrastruktur tol belum memadai/memungkinkan untuk motor/moge sekalipun untuk masuk tol, blm ada jalur khusus motor. Yg ada nanti tingkat kecelakaan di tol meningkat kalo ada oknum moge seruntulan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini