image description

Ketika kita membeli motor baru maka kita akan disodorkan dua pcs anak kunci, satu anak kunci utama dan satu anak kunci cadangan dan ada plat tipis kecil yang menggantung di anak kunci cadangan. Pernahkah sampeyan bertanya2 apa sih plat kecil yang gantung di anak kunci ketika membeli motor baru ?, yap, plat kecil hitam yang ada nomornya itu bukan sembarangan plat karena itu merupakan nomor seri anak kunci motor kita.

instagram-aripitstop

Kenapa plat kecil ini antara penting dan nggak penting ?, jadi begini bro, plat kecil yang ada nomor serinya ini sangat penting dibutuhkan untuk membuat anak kunci yang baru jika anak kunci motor kita hilang. Kita tinggal bawa plat nomor seri ini pergi ke dealer motor untuk memesan anak kunci motor saja tanpa harus mengganti rumah kunci motor, sehingga biayanya relatif murah karena cuma mengganti anak kunci motor saja. Tapi… prosesnya akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Setelah kita serahkkan plat nomor seri tersebut ke dealer, selanjutnya dealer mengirimkannya ke main dealer kemudian ke pabrik pusat dan dilanjutkan proses pembuatan anak kunci di vendor. Panjangnya proses administrasi serta menunggu proses produksi di vendor membuat inden anak kunci bisa lama banget, makanya mekanik atau dealer lebih menyarankan untuk ganti kunci set saja yang praktis dan pastinya lebih cepat, satu jam kunci motor sudah ganti baru, bayangkan kalau cuma ganti anak kuncinya saja bisa makan waktu berminggu2 bahkan bisa sebulan.

Dan tidak semua pabrikan motor memberikan fasilitas pembelian anak kunci saja, karena dinilai tidak praktis makanya hanya menjual kunci set alias ganti perangkat kunci kontak beserta rumah kuncinya.

Penting juga plat nomor seri anak kunci untuk proses klaim garansi, saya pernah ikut meeting dengan salah satu vendor pembuatan kunci kontak bahwa plat nomor seri ini harus disimpan karena ketika kunci kontak kita bermasalah dan rusak karena cacat produksi dan masih dalam waktu masa garansi maka plat ini wajib disertakan untuk proses administrasi klaim garansi. Meskipun pabrikan kadang memberikan kelonggaran proses garansi bisa dijalankan tanpa harus memberikan plat nomor seri ini karena hilang, namun lebih baik jika motor masih dalam jangka waktu garansi maka plat kecil ini disimpan.

Kenapa nggak penting ?, kunci rusak atau anak kunci hilang kita langsung ganti satu set kunci kontak yang harganya bisa 200ribu keatas. Nggak butuh lagi itu plat nomor seri kontak. Beli baru set langsung beres…

Yap, plat nomor seri ini hanya ada di motor baru klo nggak salah beberapa pabrikan sudah diterapkan sejak 2013 silam, makanya anak kunci motor dulu nomor seri langsung diketrik di anak kunci, nich perbedaannya :

Bahkan di buku pedoman pemilik motor juga biasanya disitu sudah tertera untuk menyimpan nomor seri anak kunci.

7 KOMENTAR

  1. sangat penting bro
    memang benar anda bisa ganti slot kunci.tapi kalau anda ganti slotnya saja.anda harus bawa 2 kunci.kalau engga ya anda tdk akan bisa buka jok untuk isi bensin atau tangki buat motor laki.
    so,masih worthed mana bikin anak kunci baru (ori) dan beli 3 slot kunci? (kontak,tangki,jok)?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini