image description

Kejari Surabaya sejak agustus 2016 meluncur layanan program yang diberi nama ”Si Anti Ribet”, layanan ini merupakan layanan antar dokumen tilang kepada si pelanggar langsung diantar ke rumah. Layanan tilang antar ini dinilai efektif karena sangat membantu para pelanggar yang tidak mempunyai waktu untuk datang langsung ke pangadilan. hal ini juga mengurangi tindakan damai di tempat.
honda cengkarenginstagram-aripitstop

Warga yang kena tilang dan tidak mengikuti sidang tilang di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya dapat meminta layanan ”Si Anti Ribet” melalui SMS atau WhatsApp (aplikasi percakapan di telepon pintar) ke nomor 085851996000. Warga tinggal mengetikkan nama, nomor tilang, dan tanggal sidang. Jika menggunakan WhatsApp, warga tinggal mengunggah foto surat tilang itu.

Pihak Kejari Surabaya kemudian akan memberikan pesan balasan mengenai nominal denda yang harus dibayar. Warga pun bisa bersantai di rumah menunggu petugas datang untuk menerima surat izin mengemudi atau STNK dan membayar denda.

Namun dengan layanan ini jangan sampai kita dengan santainya tidak peduli dengan peraturan lalu lintas dan terus melanggar peraturan lalu lintas.


Berikut testimoni David Nohason yang pernah menggunakan jasa layanan ”Si Anti Ribet”, testimoni ini dikirimkan ke E100 :

Saat libur pilkada serentak 15 Februari 2017 yang lalu, saya ditilang di perempatan jalan Raya Nginden Surabaya karena dianggap melanggar marka jalan. Oleh Polantas, saya diberi surat tilang berwarna merah dan dijadwalkan untuk sidang pada tanggal 3 Maret 2017.

Pada 3 Maret 2017, karena terfokus pada deadline pekerjaan, saya baru teringat kalo ada jadwal sidang saat hari sudah jam 12.30 siang. Awalnya saya bergegas ingin ke pengadilan di jalan Arjuna Surabaya. Namun saya teringat info yang pernah saya dengar di radio, bahwa di Surabaya sekarang tidak perlu kita menghadiri sidang tilang.

Keputusan persidangan berupa denda tilang bisa langsung di lihat di website satu hari sebelum jadwal persidangan. Saya googling dan ketemulah http://www.kejari-surabaya.go.id, kemudian klik bagian info tilang, maka akan muncul daftar ratusan hingga ribuan perkara tilang yang sudah diputuskan hasilnya.

Tekan ctrl F, ketik nama untuk mempercepat menemukan nama kita. Maka pada baris yang tertera nama kita, akan terlihat pasal yang di langgar dan keputusan berupa denda yang mesti dibayar. Saya di denda Rp. 60.000 + biaya perkara Rp. 1.000.

Saya sungguh kagum dengan kemajuan layanan publik ini.
Setelah mendapat info tersebut saya bermaksud berangkat untuk bayar denda di bank pemerintah yang di tunjuk, dalam hal ini BRI dan mengambil SIM saya yang ditahan.

Namun saat saya hendak menutup halaman website http://www.kejari-surabaya.go.id, mata saya tertuju pada homepage bagian kanan bawah ada tulisan “Delivery Tilang WA 085851996000”.

Wooowww sungguhkah ada layanan ini? Saking kagumnya akan kemajuan layanan publik, sekalian aja saya mau mencoba layanan delivery tilang. Saya kontak no WA yang tertera dan sangat cepat responnya. Saya diminta mengirim foto surat tilang dan dan menuliskan nama, nomor urut putusan perkara tilang saya serta alamat untuk pengiriman. Karena saat itu sudah Jumat siang, saya dijanjikan pada hari Senin SIM akan dikirim. Pembayaran dendanya pun bisa dilakukan cash saat SIM diantar, jadi tidak perlu kita ke Bank.

Saya dikenakan ongkos kirim Rp. 20.000 + biaya setor BRI Rp. 1.000. Jadi total keseluruhan Denda, biaya perkara, biaya setor dan ongkir Rp. 82.000. Woowww sungguh saya tidak menyangka layanan tilang sudah sedemikian maju.

Dan lebih wow lagi, SIM saya yang dijanjikan akan dikirim Senin, eh ternyata hari Sabtu siang sudah diantar oleh petugas delivery . Saya tanda tangan tanda terima dengan menyerahkan surat tilang dan uang Rp. 82.000. Selesai.

SIM pun sudah ditangan saya. Tanpa saya perlu menghadiri sidang dan mengambil SIM/STNK.
Sungguh ini kemajuan layanan publik. Terus maju reformasi birokrasi dan layanan publik di Surabaya dan seluruh Indonesia. Jayalah bangsaku majulah negeriku.

9 KOMENTAR

  1. mirip gojek yg ambil barang or COD/bayar ditempat online shop, tgl ongkirnya tarif jauh dekat 20rb atau tarif per jarak tempuh

  2. makasih info nya
    semoga uang denda benar-benar masuk kas negara
    adem dan damai … tidak ada yang merasa dirugikan

Ketik Komentar Anda