image description

Siapa yang salah dalam tragedi kecelakaan ini ?, para netizen perang komentar di video yang diunggah oleh akun Videofb. Dalam video itu tampak kecelakaan yang melibatkan sebuah motor dan sebuah mobil, jika melihat motor dan mobil yang ada di video ini sepertinya kejadian bukan di indonesia namun kejadian seperti ini sering terjadi juga di indonesia, makanya para netizen perang komentar gara2 video ini.
honda cengkarenginstagram-aripitstop

Para netizen ada yang menyalahkan motor, namun banyak pula yang menyalahkan mobil dan ada juga yang mengatakan kalau keduanya sama2 salah.

videonya ini, via hp klik disini

Lihat jarak antara motor dengan mobil yang lumayan jauh dan mobil juga sudah menyalakan lampu sein namun saat mau belok kanan mesti ambil kiri dulu sampai melebihi garis marka jalan.

Jauh sebelum belok si mobil sudah menyalakan lampu sein dan posisi mobil belum melebihi garis marka jalan.

Mobil sudah menyalakan lampu sein jauh sebelum belok namun dia melebar dulu sampai melebihi marka jalan.

Motor dari belakang dalam kecepatan tinggi.

Tabrakan akhirnya tak terhindarkan.

Jika kita melihat video itu

Berikut komentar para netizen :

Rachmat Dhanny koq gak enek sing nyalahke mobil² parkir neng sebrange??? kan iku haruse dilarang parkir nek neng haluan puter balik iku.. makane iku mobile sing laka kape muter balik golek ancang² sampe nglanggar garis marka!.. eling suu, kecelakaan diawali oleh pelanggaran, mobil kape puter balik wes nglanggar, motor yo nglanggar batas kec yo nglanggar jalur, haruse motor d lajur kiri, mobil² neng sebrang iku yo nglanggar marka larangan parkir.

Harris Triyadi Wah yg salah tu mobil. Dia g diposisi kanan klo mo belok. Klo mmg puter balik trus mo ancang2 dr tengah pastikan pny mobil yg ad spion kaca ya bukan spion plastik aja so bs liat dibelakang ad semut, belalang, sapi ato kuda dlu ehh maaf motor mksudny…

Ketut Swastiko Mobil hrs mengalah klu mau belok hrs lihat kecepatan kedaraan dri blakangnya… Klu sdh aman baru pelan2 masuk… Dan itu jln puteran tdk boleh . tidak boleh mendadak ngereting/ sign , lalu begitu saja belok… Krn kecepata yg Di blakangnya kecepatan tinggi, klupun ngerim terap juga jatuh.. Dan akan panik..mobil yg salahhhhh.

Saiful Gabriel OK mobil suda benar lampu sen lampu rem nyala. TPI tdk bisa d salakan motor cz mobil mau belok kecepatan masi laju klo belok kanan mobil haru mepet ke kanan bukan ke kiri. Klo sy si yg sala mobil

Gde Adisutayana Anargya Sajjana Hah, kok semua salahin mobil… coba liat dari awal… mobil udah sein dari awal video, jauh sebelum balik arah…. pengendara motor ga perhatikan tanda.. kecepatan tinggi…..juga ga ada tanda pengereman…

Anggit Rehan Yg salah sepeda, tp mobilnya jg salah.
Krn mobil ato speda mskipun sdh sein tetep diharuskan liat spion untk menjga hal2 sprti di atas.
Trus sy rasa mobilnya trllu kencang untk mau berbelok, dr awal seharusnya mobilnya sdh pelan2 dan tdk klwr dr garis putih lurus itu.

KadirIzi Kenshin Yg salah pengendara motor yg cuek aje .. Ada kecelaka’an mbok ya berhenti sebentar liat keada’an di tolong sebisanya .. Ni malah gas terus kaya hidup di dunia sendirian .. Nti karma loh

Lisna Natalie Nababan Ya ella bpk yg mengendarai motor apa gk lihat dari jarak 5 meter lampu sein mobil udah nyala. Atti2 pak, kasian sama keluarga dirumah pasti sedih kalau bpk kecelakaan

Espargaro Andi Motor yg salah menurut gue, kalau lewat di tempat memutar kayak gitu mesti kurangi kecepatan dong, trus gak lihat apa lampu sein dan lampu rem mobil udah menyala.

14 KOMENTAR

  1. Itu mobil kalo mau belok ga cukup kasih sen.. itu pas mau belok kecepatan berapa.. main belok aja se enaknya.. pastiin aman baru belok.. untung cuma motor kalo kereta selesai dah ceritanya..

    Jadi kesimpulannya ini salah keadaan.. hahaha

  2. Setuju sama pak rahmad dani. Ada 3 komponen yg salah mungkin 4 malah.
    1. Mobil seharus mepet kanan dan lihat kondisi aman baru belok urusan nanti setelah muter balik mentok mobil parkir itu biasa, supir yg pengalaman pasti tau caranya.
    2. Motor juga kalo lihat mobil didepan menyalakan lampu sein harus hati2 lebih baik menghindar dari awal, kalo terjadi kesalahan dia sendiri yg paling rugi kok.
    3. Seharusnya mobil dilarang parkir di jalur tempat berputar balik kendaraan, bayangin kalo yg puter balik bus apa gak bikin macet itu.
    4. Tambahan ini DLLAJ nya kemana. Harusnya udah dipasang tanda dilarang parkir disitu. Kalo yg parkir yg bandel ya di gembok aja mobilnya.

    • Akur sama kang Kobay. Motor yg dibelakang seharusnya bisa aware sama keadaan didepannya, sisi kiri terbuka lebar, kalau saja lebih konsen bisa antisipasi dgn ambil jalur kiri. Lagipula kl liat sign kanan kan antisipasinya dgn ambil sisi kiri bukan nya malah tetap dikanan.

      Tp mobil jg ada salahnya, biasanya kl dikasih pembatas jalan model begitu dan kl ngeliat kondisi jalannya.. gak cukup aman utk u-turn.
      Imho..

  3. porsi terbesar kesalahan ada di pengendara mobil yg belok sembarangan. (apalagi kyknya di situ ga boleh putar balik)
    kesalahan pengendara motor : tidak melihat bahwa mobil sudah kasih sen (kecepatan agak tinggi kyk nya)
    udah gitu kyknya pake motor honda yg terkenal rem nya kagak pakem (FBY mode : ON) wkwkkwkw …

  4. tapi jarak masang lampu seinnya terlalu mepet,, harusnya dari jauh sebelumnya,, trus ngambul posisi jgn terlalu masuk kekiri baru banting kanan ckckck

  5. mungkin motor yg d blkng sbtul nya udah liat sein tapi mungkin dia pikir ahh ini mobil qo ngasih sein kanan tapi malah minggir k kiri (kek kbnyakan angkot d sini), yasudah dia tancep gas aj tetap d jalur kanan, ehh ternyata tiba2 mobil lgsg ambil putar kanan tanpa pelan2 liat kondisi blkng karena dia merasa sudah ngasih sein jadi yg blkng harus berenti ga boleh ada yg nyerobot karena dia harus belok (kek kebanyakan driver dan rider d sini), merasa udh ngasih sein merasa dia yg paling benar ga peduli keadaan dan situasi seperti apa..

  6. klo dari UU sih mobil yg salah. Biarpun sudah menyalakan sein. Yg motor jg kekx matanya bolor, biar pun gak salah sepertinya lg nyari uang ganti rugi terhadap pemobil. mobil sein kanan ngapain jg ngambil kanan? meskipun secara UU gak salah tp kelakuan begini yg bikin pemobil dongkol…

  7. Jelas salah motor, itu mobil udah nyalakan lampu sein dan pelan2 pas mau beloknya. Alasan kenapa itu mobil agak melebar? Karena tikungannya sempit dan ada kendaraan parkir di area tikungan itu, toh dia gak terlalu ke kiri kok masih di tengah, coba liat bus atau truk besar kalau mau putar balik gimana? Pasti melebar ke kiri dulu agar dapat space waktu putar balik.

    Andai saja itu motor gak ngebut atau minimal sigap waktu liat sein mobil dia masih bisa ambil ke kiri / belakang mobil.

    Lo liat deh bapak2 yg pale motor bebek berhenti dan terus ngeliatin seakan2 tau bakal ada kecelakaan, itu karena pemotornya terlihat ugal2an

  8. Kesalahan yaitu sebenarnya pada mobil, harusnya melipir kekanan secara perlahan dan memperhatikan kondisi kendaraan dibelakangnya ada yang lain atau tidak.
    Dan tidak melebar seperti itu cara puter baliknya emang lagi balapan.
    Dan dari sisi motor, lihatlah itu motor bebek walaupun kecepatan dia 50kpj tetep aja kalo rem mendadak bakalan susah malah bisa kekunci itu rem.
    Kalo udah sistem ABS sih ga jadi masalah.
    Mobil lebih harus memperhatikan sekitarnya apabila ingin putar balik atau pindah jalur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini