razia tilang
gambar ilustrasi

Razia, menjadi momok buat para pengguna jalan terutama para pengguna motor yang sering terjaring razia. Razia lebih sering ditujukan untuk para pengguna motor mungkin menjadi pengguna jalan paling banyak. Para pengguna motor banyak yang menanyakan apakah razia itu legal seiring seringnya pihak kepolisian mengadakan razia.

honda cengkareng

Sebenarnya sich bagus saja pihak kepolisian sering mengadakan razia karena para pengguna jalan yang membandel susah diperingatkan, sudah sering diadakan razia saja masih banyak yang melanggar apalagi tidak ada razia malah semakin parah nantinya para pelanggar lalu lintas seperti tidak memakai helm atau yang lebih sering karena tidak punya SIM.

Ngomongin soal razia, banyak yang bertanya apakah kita berhak menanyakan kepada petugas di lapangan apakah ada sprint razia atau surat perintah tugas untuk melakukan razia saat itu, dan ternyata kita berhak menanyakannnya karena razia yang legal ada sprint razia dari Kapolsek, Kasat Lantas, atau Kapolrestabes jika memang tingkatnya Polrestabes. Seperti yang diutarakan oleh Kompol Suwarna selaku Kepala Subbagian Humas Polrestabes Semarang.

“Masyarakat punya hak itu. Sprint razia bisa dari Kapolsek, Kasat Lantas, atau Kapolrestabes jika memang tingkatnya Polrestabes,” terang suwarna.

Seperti yang terjadi di wilayah semarang kemarin 29 agustus 2016, 7 oknum polisi diamankan anggota Bidang Propam Polda Jawa Tengah karena melakukan razia lalu lintas ilegal dan terjadi praktek pungutan liar. Empat diantaranya yang merupakan oknum anggota Sat Lantas Polrestabes Semarang harus dibebastugaskan selama menunggu proses sidang disiplin.

Razia ilegal tersebut dilakukan pekan lalu di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Mereka diamankan Propam Polda Jateng saat menggelar razia yang sudah berjalan sekitar 2 jam.

Bahkan ada barang bukti uang Rp 5 juta yang diduga hasil pungli dalam razia ilegal tersebut.

Kepala Subbagian Humas Polrestabes Semarang, Kompol Suwarna mengatakan para oknum tersebut akan dikenai sanksi disiplin bahkan bisa juga dihukum penjara maksimal 21 hari dan penundaan kenaikan pangkat hingga penurunan pangkat. Sedangkan saat ini empat oknum Sat Lantas dinonjobkan dan menempati bagian administrasi.

Razia ilegal polisi
gambar ilustrasi

sumber : detik.com

12 KOMENTAR

  1. Perintis kemerdekaan, depan bpk, tembalang bawah jembatan tol itu sarang razia
    Paling parah bawah jembatan pada ngumpet nunggu mangsa mahasiswa ga pake helm, kalo ga ada pelanggaran biasanya ngejar mahasiswi yang naik motornya ga bener (re: nengah, sign lamp nyala terus) dan pasti make pasal tidak menyalakan lampu
    Uda dilaporin ke polsek juga polsek ga nanggepin

Ketik Komentar Anda