ktm indonesia

rangka r25 patah

Yap, baca salah satu postingan di grup MT-25 ada yang mengunggah video yang isinya rangka R25 tampak ada patahan. Dalam video singkat itu memang terlihat jelas rangka Diamond milik R25 sudah patah. Lalu pasti bertanya kenapa rangka Diamond yang identik dengan rangka teralis ini bisa patah ?.

honda cengkareng

rangka r25

Kalau membaca keterangan dari si pengunggah sich memang dikatakan tidak tahu apa sebabnya karena motor belum pernah crash ataupun ambruk.

Patah tanpa sebab yg jelas..
G’roboh g’crash tiba2 ceper & distandar samping g’bisa(krna terlalu ceper). Kirain shock depan melorot g’taunya rangkanya patah..

Masih KM 12rban kok bro

Nach dari keterangan yang ada juga menyebutkan bahwa di motor terpasang frame slider, namun kondisi frame slider masih mulus karena memang belum pernah mengalami jatuh atau crash.

Wew. Mulus jaya makmur sentosa itu bos klo frame slider bagian luarnya. Klo bagian dlamnya dah agak kotor krna jarang mandi ??

rangka r25 patah 1

Nach… dari keterangan yang punya motor bahwa motor tersebut belum parnah crash dan belum juga mengalami ambruk tapi anehnya kenapa bisa patah ?.

Rangka bisa patah selain dari bahan material yang mungkin pas dapat yang kurang bagus, ( nggak menutup kemungkinan ada salah satu part yang lolos) namun saat ini belum pernah melihat dan mendengar rangka R25 patah.

Alasan lain biasanya karena beban yang berat… wach klo ini bisa jadi karena boncenger yang gendut atau si owner memang berbadan besar dan motor buat mengangkut barang berat misalnya karung beras gedhe, hiks… yap… beban berat atau berlebih merupakan salah satu faktor utama rangka bisa bengkok atau patah.

Alasan selanjutnya karena motor mengalami crash berat atau tabrakan/ kecelakaan.

Namun jika alasan kedua dan ketiga tidak masuk dalam kategori, maka apa yang harus kita lakukan ?

Kalau kita baca buku pemilik dan buku garansi dan service ( buku warna biru dan kuning) maka kita sebenarnya sudah tahu apa yang harus dilakukan. Di dalam buku tersebut sudah dijelaskan apa yang harus kita lakukan jika mengalami masalah di motor kita.

BUKU GARANSI YAMAHA (1) BUKU GARANSI YAMAHA (2)

Sudah pasti kita konsultasikan ke bengkel resmi terdekat, apakah kerusakan itu merupakan kerusakan yang bisa digaransi atau tidak. Jika jawaban dari bengkel resmi kurang memuaskan kita juga bisa menghubungi call center resmi Yamaha.

Garansi rangka, yang saya tahu masuk dalam kategori garansi umum yaitu selama 6 bulan atau sebelum 6 ribu km. Kalau sudah diluar ketentuan itu maka kita juga  masih konsultasikan ke call center atau ke bengkel resmi Yamaha, karena tidak menutup kemungkinan jika memang kerusakan itu perlu peneletian lebih lanjut oleh pihak pabrikan maka kerusakan itu bisa digaransi meski sudah lewat masa waktu garansinya. Jadi sebenarnya kita tidak perlu ragu atau bimbang atau sudah punya pemikiran ”kerusakan tidak bisa digaransi”, lebih baik di konsultasikan terlebih dahulu.

Semua pabrikan pasti akan open terhadap permasalahan yang terjadi pada motor konsumennya.

Ada yang mau menambahkan…..

link sumber : https://www.facebook.com/groups/MT25Indonesia/permalink/1796775857273366/

rangka r25 patah 2

35 KOMENTAR

  1. Motor apapun gak mungkin kalo pemakaian normal dan gak ada apa2 tiba2 patah, palingan gak ngaku aja itu orangnya pernah jatuh, ato mungkin juga pas jatuh gak tau dia misal di parkiran, toh juga frame slidernya murahan bahan logam, kalo yang asli bahannya lunak dari plastik/ elastomer biar nyerap benturan

  2. Gak jauh2 dari quality control itu
    Minta balikin ke yimm aja ,

    Klo gak mrk gak mau ya di blow up aja,, siap2 gigit ban itu yimm sampah xixixixi

  3. Hati2 mempercayai sesuatu jangan menelan mentah2 didunia media internet yg sudah maju dimana black campaign mudah dilakukan entah itu Oleh competitor maupun haters untuk menjatuhkan lawannya.. Boleh dong curiga doi menshare R25 patah hanya di Group MT25 yg berupa video tanpa kejelasan itu R25 apa MT25 sedang di group R25nya sendiri tidak ada menshare dan baru di kolom komentar ada yg mempertanyakan bahwa itu bukan MT25.
    Sekarang pake logika akal sehat anda doi mengklaim patah tanpa sebab melihat video diatas apakah ente percaya bahwa tiba2 rangka patah begitu saja. R25 dipake track day sentul jatuh parah pun tidal ada rangka yg patah. MT25 yg dipake freestyler kondang Wawan tembon jungkir balik pun aman2 saja. Saya hanya sekedar mengingatkan supaya tidak terjadi pembodohan otomotif

  4. Bs koq dianalisa satu satu pernah crash atau yg lain, liat aja mlai depan drunut ampe blakang, pasti keliatan itu bekas crash, sengaja dipatahin atau emang cacat produksi, tp klo ane liat sih sekitaran rangka ga ada yg cacat atau bekas apapun kemungkinan mnrut sy itu dapet barang ccat pabrik,…

  5. Patah tanpa sebab itu hal yg mustahil bro.. Ni motor 250cc bro.. Bukan 110cc.. Penyebabnya?? Who knows.. Yg tau hanya pemiliknya.. Tp logikanya klo abisbtetjadi accident trus kita klaimkan gak bakal dpet garansi karena faktor human error.. Tp kalau bilang ga da angin ga da ujan trus patah nah utu bisa diklaimkan dgn alasan cacat bawaan dri pabrik.. Lucunya waktu dia pasang slider dulu apa dia gak liat klo rangkanya ada tanda” mau patah?? Minimal ada sdikit retakan yg terlihat

  6. Kalo rangkanya model gini single pipe, kayak cb/cbr 150, ninja 250 series ya kemungkinan patah ada, sebenarnya ini rangka dibantu engine sbagai penopang beban, tapi saat hard brake pasti beban berlebih apalagi beban motor + pengendara, memang yg paling bagus model teralis punya ninja250mono series, new cbr 250rr, ama ktm duke 200/250. Bukanya sotoy ya tapi kalo diamati motor saat menapak dijalan ya beban dari depan dan belakang mengerucut ketengah dan nyari sisi terlemah

  7. Menurut ane sih itu patah duluan, ntah habis jatoh ato apalah..baru dia pasang frame slider. kebiasaan orang sini mah..kalo udah kejadian baru sadar..trus diblow up
    Ga perlu ribet juga sih sebenernya to, tinggal masukin pipa besi didalam rangka yang patah aja biar kuat trus di las.
    konsumen manja ato sengaja?

  8. Para fby membela diri sono sini,itu bikinan manusia,toh emang dari awal keluar nih motor juga banyak keluhan,masih inget ga r3 yg di eksport keluar retak di segitiga shock,masak iya video jelas begitu hoak

  9. Yah diklaim aj kali klo emg gak napa” penggunaan normal patah dewe, masih untung tuh gak bkin kecelakaan, nyawa taruhannya, tp klo cb” ngeles y inget, injeksi semua error pasti ke record di ecu, termasuk jatuh en kecelakaan, amanlah bs buat bukti jg klo beres ngeles padahal gak ad record negatif dr ecu (motor digunakan secara wajar)

  10. Motor itu sebelum mass prod pasti sudah di test sama pabrikan jadi basicly sudah kuat.. klo patah bisa karena perlakuan frame di luar standard pabrikan.. klo lihat framenya kemungkinan engine mounting kendor bisa jadi penyebab.. di pasang slider bisa memperkuat kemungkinan tersebut..

  11. itu akibat pemasangan frame slider. Hayo ngaku..! Pasti pernah kebentur ya? Hehe… Piss om. Karena posisi frame slider itu jika terkena benturan efek beban akan di tanggung rangka yg mengikat mesin. Nah masalahnya, titik yg harusnya meredam benturan tidak berada pada titik beban yg seharusnya. Sehingga bagian rangka yg retak itu menerima beban berlebih ketika mendapat tekanan. Dan pada saat yg bersamaan posisi mesin yg di ikatkan disitu justru menahan tekanan. Sehingga beban akan tertumpu sepenuhnya d titik dimana frame itu patah. Yamaha tidak merancang ketiga baut itu untuk d tempel frame slider.

  12. revo , vega muat salak beras dan sawit gk pernah tu patah. itu motor 250cc broo patah cuma angkut beras gmana mau crahs kek krupuk dunkz. sama sperti kluaran tetangganya yg CiBRo yg 150 framenya patah. tapi ketemu kreta sebelumnya kokoh. itu bhannya yg gk kuat. ato pabrikan salah ngitung beban dan titik tumpunya.

  13. wah..ramee..

    coba foto bodi motor bocel dizoom, trus bilang ini bodi cbr baru 5rb km udah bocel.. pasti rame juga tuh commentnya ntar.. ngahaha.. 😀

  14. Jadi sebenar+nya, pengguna’an frame slider itu perlu / tidak yah ? …untuk semua motor laki terutama (spt Ninja, R25, cbr) ….

    • perlu namun berbahan lunak/elastis seperti frame slider yang dijual oleh pabrikan, klo yang dijual after market berbahan keras justru akan merusak rangka/crancase karena bertumpu pada rangka atau crankcase mesin
      lirik frame slider R25 dan CBR250RR yang dijual pabrikan

  15. Kalau dilihat hanya dari pengakuan si pengguna yang mengatakan “gak di ada apa apa namun patah” rasanya tidak mungkin, kemungkinan paling besar dikarenakan pemasangan frame slider yang kurang benar dan menjepit, ditambah dengan pengguna yang kemungkinan sering mengangkut barang atau sesuatu dalam keadaan sangat berat, karna kadang pengguna tidak mengerti bagaimana cara memperlakukan motor dengan baik dan benar

Ketik Komentar Anda