ruas jalan tol brebes (3)

Serba serbi mudik lebaran 2016 kali ini bukan hanya di jalan utama pantura saja namun di jalan tol juga banyak cerita. Selain berita kecelakaan di jalan tol ada juga berita dari brebes dimana akibat jalan tol yang macet dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mengais rejeki dengan menjajakan berbagai jenis makanan, jasa bahkan BBM juga mereka jual.

honda cengkarengalarm mp

Seperti yang diceritakan di akun jaka poleng ini, akibat macet total bahkan jalan tol brebes menjadi seperti lahan parkir, akhirnya penduduk sekitar jalan tol memanfaatkannya untuk berjualan. Ada informasi bahwa harga BBM yang dijual warga ini dijual perderigen berisi 5 liter premium dan dijual bervariasi dari 70ribu hingga 150ribu, benar2 panen rejeki nich. Tapi ini namanya simbiosis mutualisme, daripada mobil mogok, tapi ya… sebenarnya jangan terlalu mahal juga sich.

Sekali kencing berak yang biasanya cuma dua ribu di ruas jalan tol ini naik menjadi lima ribu dengan tempat seadanya. La gimana lagi… daripada berak di celana…

Namun sayang… sampahnya kok banyak banget ya…

ruas tol di brebes sejak terjadi macet berubah menjadi pasar tiban. warga memanfaatkan macet mudikini untuk mengais rejeki dengan membuka dagangan mulai dari minuman hingga pulsa.
apa yang dibutuhkan pemudik tersedia disini. pemudik yang kehabisan bbm dengan mudah mengisi di sini, bahkan toilet juga didirikan untuk menampung pemudik yang akan membuang hajat.
dalam kondisi seperti ini, yang muncul adalah aji mumpung. orang buang hajat dikenai cas 5000 sekali semprot alias pipis. dalam sehari semalam, pemilik toilet ini mengantongi 600 ribu sampai 1 juta.
rokok dijual minimal 24 ribu sampai 26 ribu tergantung merk. minuman dijual merata 5000 sampai 8000 per botol.. dan bbm premium dijual dalam kemasan jeriken 5 liter seharga 70.000 sampai 100.000.
tidak ketinggalan pengamen jalan, seolah tak mau ketinggalan untuk ikut meramaikan momen mudik ini. mereka mangkal di pinggir tol sambil terus memainkan musik..

13 KOMENTAR

  1. Masya Allah, nyari untung sih boleh tapi jangan keterlaluan yaa…mencari untung diatas penderitaan orang kok begitu banget yaa…yowess lah

  2. harganya sama seperti di bandara juanda. aqua harganya 14rb. 5 kali lipat
    kalo beli di warung p.jalan cm 2500.
    ngeri

  3. ane orang brebes kang..
    ga tau nih gimana brebes jadi heboh ngalahin cirebon si kota tilang
    brebes si kota macet.. ekekekek

    ane ajah ga bisa kemana2, boro2 ke kabupaten/kota, kluar kampung ajah udh susah.
    barang semua naik karena angkutan sulit mencapai lokasi, jangan salahkan bensin eceran jd mahal, perjuangannya brow dapet sedrigen 5 liter dijatah bisa semaleman antri. bukan bensinnya, tp perjuangannya yg mahal. mohon saling tolelir

Ketik Komentar Anda