kecelakaan moge

Mengerikan ketika melihat kondisi korban dimana seorang remaja di thailand mengalami kecelakaan saat menaiki moge dengan kecepatan tinggi hingga kondisi tubuhnya bisa terbelah. Yap, remaja ini naik Honda CBR1000R motor dengan kapasitas 1000cc dan sudah pasti powernya yang luar biasa tidak bisa diperlakukan layaknya motor berkapasitas kecil.

honda cengkarengalarm mp

Dulu pernah juga kita dengar anak dibawah umur naik HOnda fireblade di daerah aceh juga mengalami kecelakaan fatal, disinilah perlunya penjenjangan SIM seperti yang dilakukan di negara2 eropa. Para biker tidak bisa dengan seenaknya sendiri naik motor karena disana sudah ditentukan sesuai usia bahkan motor moge saja sampai disunat powernya agar memenuhi standar keselamatan.

Di indonesia sudah ada wacana untuk memilah klasifikasi SIM berdasarkan kapasitas motornya, namun sebenarnya ada yang kurang dari wacana tersebut. Wacana yang sudah ada dimana para biker yang mau naik motor 250cc harus buat SIM baru lagi sesuai kategorinya. Kategori di bawah 250cc, lalu ada lagi 250-500cc dan kemudian di atas 500cc. Sehingga mungkin nantinya ada SIM C, SIM C1 dan SIM C2.

Kekurangan wacana tersebut menurut saya seharusnya ada pencatuman umur dari sang pengaju pembuatan SIM, ingat… remaja sudah bisa naik motor kapasitas besar tapi kontrol pemakaiannya belum tentu bisa, tingkat pemikirannya masih labil dan mudah emosi. Kalau wacana saat ini maka yang penting umur diatas 17 tahun bisa naik motor 500cc keatas maka sudah bisa mengajukan SIM C2 maka akan sering kita lihat remaja2 saat ini wara wiri dengan motor gedhe dan pastinya tingkat resiko kecelakaan akan semakin tinggi.

Bagaimana menurut sampeyan ?

kecelakaan moge 2

13 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini