ktm indonesia

r25 abs

Yap, ini dech baru bangga bro dan baru salut karena pabrikan lokal berani secara terbuka memberikan statementnya untuk melakukan recall atas kejadian yang menimpa motor R25 dan MT-25.

honda cengkarengalarm mp

Recall sudah menjadi tanggung jawab dari pihak pabrikan atas kurang sempurnanya produk mereka dan konsumen berhak mendapatkan hak atas produk yang sudah mereka beli sesuai spesifikasi yang diberikan oleh pabrikan. Recall masih menjadi kalimat menakutkan di indonesia namun kali ini Yamaha berani melakukan itu dan tentunya diharapkan langkah2 selanjutnya jika ada kejadian yang menimpa R25 dan MT-25 akan mendapatkan respon yang sama yaitu diumumkan secara terbuka.

Selanjutnya Yamaha akan mengumumkan kapan dan part apa saja yang perlu diganti sehingga konsumen tidak perlu resah dengan adanya recall ini.

Hal ini bukan menjadi preseden buruk justru ini harus menjadi contoh buat pabrikan lain untuk berani melakukan recall secara terbuka bukan secara sembunyi2 atau memplesetkan kata2 recall.

Recall suatu produk bukan berarti produk itu produk gagal, karena recall yang dilakukan adalah hanya mengganti part yang bermasalah saja tepatnya memperbaiki sumber masalah dan dampak yang terjadi akibat masalah tersebut. Produk dikatakan gagal kalau semua unitnya ditarik dan dihentikan produksinya karena bisa membahayakan konsumen.


Berikut isi dari pengumuman yang saya ambil dari web resmi yamaha :

Kepada Yth.

Pelanggan, Pemilik dan Pemakai Yamaha YZF-R25 dan MT25.

Terima kasih atas kepercayaan nya memilih dan membeli Yamaha YZF-R25 dan MT25.

Pada tanggal 14 Juni 2016, Yamaha Motor Company Jepang mengumumkan mengenai perbaikan beberapa komponen pada Yamaha YZF-R25, YZF-R25A, YZF-R3A, MT250 dan MT320.

PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, selaku produsen kelima produk global tersebut juga bertanggung jawab untuk menjamin kualitas sepeda motor Anda di Indonesia.

Dalam waktu dekat, kami akan segera mengumumkan tata cara penanganan pelanggan kami. Oleh karena itu, dimohon untuk menunggu sampai persiapan kami selesai. Pengumuman resmi akan kami sampaikan melalui website ini dan jaringan dealer resmi Yamaha.

Kami sangat menghargai bila Anda berkendara mengikuti buku petunjuk pemilik. Silahkan datang ke dealer resmi Yamaha terdekat bilamana Anda memiliki keluhan ini di sepeda motor Anda.

Terima kasih.

Salam Semakin Didepan


Kenapa R25 dan MT-25 direcall ?

Ada tiga hal yang menjadi permasalahannya yaitu :

1.Pompa Oli

Ada indikasi desain yang kurang sempurna dari komponen pompa oli sehingga mengakibatkan gear pompa oli mudah rusak. Ini menimpa pada motor R25, MT25, R25A, R3 dan MT320.

yamaha recall r25 dan mt-25 (3)

2.Penekan plat kopling

Yap, ada masalah di bearing penekan kopling sehingga bearing mudah rusak mengakibatkan kopling bermasalah terutama saat pindah gigi. Ini menimpa pada motor R25, MT25, R25A, R3 dan MT320.

yamaha recall r25 dan mt-25 (1)

3.Selang rem

Penempatan selang rem depan yang bisa mengakibatkan gagal fungsi sistem pengereman. Ini menimpa pada MT-25 dan MT320.

yamaha recall r25 dan mt-25 (2)

25 KOMENTAR

  1. Kang ari, bUkannyA part oil pump buat ninja juga plastik ya? Kalo bearing kopling emang ane rada khawatir. Di forum sering rusak soalnya, tapi ane geber terus ini motor gak rusak rusak lo ._.

  2. ini yg kmaren diprotes gear pompa oli dari plastik, cacat banget sih gear dalem mesin klo dari plastik, baguslah klo direcall

  3. nah ini, ane juga pikirannya kek giu, karena jepang recall, akan jadi sebuah kebohongan kalok yg memproduksi malah gak recall.

    tp apapun itu, ini merupakan kemajuan, kalok yamaha mau mengakui ke rusakan produknya dan sudi mengganti, jgn banyak ngeles kayak dulu2 dah, vixion, mio, dah cukup jadikan pelajaran,

    kalok honda mah sering recall, tp gak pernah mau pake kata2 recall, update lah, cek ini itu lah,
    sama saza,

    yg penting konsumen zangan di bodohi

  4. nmax kagak bakalan di recall klo masalah shock keras .. efek produk global, semua spesifikasi disamakan semua .. ckkkk

  5. punya temen ane kena lubang dikiiit….motor langsung MATI TOTAL….katanya masalah di speedo….itu termasuk gak ya? heheheheh

  6. Fby menghibur diri. Jantan lah apalah wkwkwk wkwkwk motor ra payu moncrott modyar cbr 250 rr belum keluar udah modyar Recall 25 ekekekke

  7. Kasus serupa pernah ane temui pada varian Pulsar milik teman ane. Mungkin di beberapa seri Pulsar menggunakan gigi gear oil pump dari material yang sama. Begitu juga di beberapa varian Yamaha lainnya, sama sama menggunakan gear berbahan plastik. Tapi plastiknya bukan plastik biasa kok,ada campuran lain agar kekuatan dan elastisitasnya bisa bertahan lama di dalam “heat treatment” saat engine bekerja. Material gear tersebut biasanya berbahan polyoxymethylene, atau biasa disebut delrin Keuntungannya adalah memang suara akan lebih lembut terdengar plus minim nya gesekan. Dimana oil pump tidak bekerja sekeras gear lainnya di dalam mesin jadi bisa dipastikan bila penggunaan “normal” tidak akan terjadi hal seperti pada gambar di atas.

    Kelebihan lainnya adalah apabila motor mengalami kerusakan di bagian ini, serpihan tidak akan merusak bagian lainnya di dalam mesin saat harus terbawa sirkulasi oli di dalam mesin. Memang material logam seolah tampak lebih kuat, tapi tidak juga bisa dipastikan lebih kuat kok, gear starter yang jarang dipakai aja bisa rompal hehehehe….

    Last, gear oil pump R25 rompal? Balik lagi ke cara pemakaian, frekwensi penggantian oli serta jenis oli yang digunakan apakah sesuai dengan spesifikasi mesin atau tidak. Kalau pemakaian dan sebagainya sudah normal ya berarti anda “sial” dapat material yang “jelek” dari vendor pabrikan silakan komplain saja ke dealer terdekat ya sob. last but not least banyak R25 yang masih aman sehat walafiat dari awal meluncur 2014 sampai sekarang

  8. Kalau tetangga sebelah mana mau…
    Rangka retak,pelek retak,korslet kelistrikan,gigi stater mudah rompal,dsb….
    Lempar sana sini jaga imeg….

  9. Kenapa batu sekarang? Semoga dengan dimulainya keberanian YIMM untuk membuka mata Orang Indonesia bahwa recall bukan sesuatu yg buruk dapat juga di ikuti labrikan lainya..
    Jangan dengarkan sales H dan Tim SWAT geblek yg suka BC di kolom komentar Blog..

Ketik Komentar Anda