gojek seksi

Akhirnya pemerintah melalui kementrian perhubungan resmi melarang transportasi berbasis online yang menggunakan kendaraan pribadi atau plat hitam dilarang beroperasi. Disaat masyarakat membutuhkan transportasi yang aman, nyaman, murah yang salah satunya ada di layanan berbasis online ini malah dilarang, apakah pemerintah sudah menyediakan transportasi yang layak untuk masyarakat ? bisa dikatakan dalam jumlah kecil saja yang layak karena setiap hari kita masih dengar berbagai kecelakaan yang terjadi di transportasi umum apalagi di jakarta hampir setiap hari kecelakaan yang berhubungan dengan metromini dan sejenisnya.

gojek cantik

Djoko Sasono selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, saat konfrensi pers di jakarta :

Djoko santoso membacakan Surat Pemberitahuan Nomor UM.3012/1/21/Phb/2015 yang ditanda tangani oleh Bapak Menteri Jonan yang menjelaskan bahwasannya transportasi yang menggunakan kendaraan pribadi atau plat hitam telah melanggar undang undang.

  • Sehubungan dengan maraknya kendaraan bermotor bukan angkutan umum dengan menggunakan aplikasi internet untuk mengangkut orang dan/atau barang, perlu diambil langkah bahwa pengoperasiannya dilarang.
  • Pengoperasian ojek dan taksi sejenis Uber tidak memenuhi ketentuan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan.
  • Ketentuan angkutan umum adalah minimal harus beroda tiga, berbadan hukum, dan memiliki izin penyelenggaraan angkutan umum.
  • Djoko mengaku, pihaknya tidak masalah dengan bisnis start-up (pemula). Namun, hal itu menjadi masalah apabila angkutan pribadi digunakan sebagai angkutan umum yang tidak berizin dan tidak memenuhi ketentuan hukum.
  • Apa pun namanya, pengoperasian sejenis, Go-Jek, Go-Box, Grab Bike, Grab Car, Blue Jek, Lady-Jek, dilarang.

41 KOMENTAR

  1. Θ¡ UU jelas banget jenis kendaraan apa yg boleh buat angkutan umum

    [m̲̅][a̲̅][u̲̅] melanggar????gitu kok pengin negaranya maju

    Pengin bikin transportasi umum????bikin angkot atau taksi ber_izin sana lah

    Go-jek hanya aji mumpung manfaatin tren demi kepentingan individu,disamping itu jelas2 melanggar UU

    Ngoahahahhahaah

    • Ojek pangkalan melanggar juga.
      Kemudian mobil-mobil omprengan juga.
      Ini yang harus berimbang perlakuannya.

      Go-Jek masih punya layanan lain, yang dilarang kan Go-Ride-nya saja …..

      Kalau, misalnya Go-Mart & Go-Send dilarang juga, berarti kurir2 seperti JNE juga dilarang atau layanan pesan-antar juga dilarang karena plat hitam ….

      Yang ingin saya utarakan adalah, usaha ojek & omprengan sudah lama ada dan -sebetulnya- sudah dinyatakan tidak boleh tapi tanpa ada tindakan nyata sehingga masyarakat menganggap hal ini “abu-abu”, namun dilain pihak membantu sekali.

      Di lain pihak, pemerintah kok ya telat reaksinya, coba kalau dari dulu-dulu-dulu sekali tegas, pasti tidak ribut dan ….. berikan kami alternatif …..

      Di sisi lain, jangan salahkan Go-Jek -atau sejenisnya- semata-mata.
      Prinsipnya, Go-Jek memberikan alternatif kepada masyarakat yang biasa menggunakan layanan ojek agar mudah mendapatkan layanan dengan harga yang sudah diketahui.
      Juga, dari sisi pengemudi Ojek, daripada nongrong2 di pangkalan terus main getok harga, lebih baik kalau mereka bisa mendapatkan order dengan lebih efisien.

      Dilarang ?

      Tidak usah pakai atribut sama sekali.
      Hanya saja, nanti Pak Pol akan melakukan penjebakan, pesan terus ditahan pengemudinya ……..

      Tapi saya yakin, paling tidak lebih dari 3 bulan sepinya ……
      Masih banyak urusan lain daripada diomeli masyarakat pengguna ojek & omprengan …

  2. Jelas2 melanggar UU kok ente dukung toh boz

    Kmrn ada siswi mabok2_an ϑ¡ bece

    Ada moge trobos ϑ¡ bece

    Ini transportasi online melanggar UU ϑ¡ dukung

    Koplak

    Ngohahahhaa

  3. hahahaha, dagelan opo maneh iki. kalau emg tidak sesuai undang-undang kenapa engga langsung distop sejak awal? knp setelah berdiri dan beken malah dilarang? nah l

  4. Saya pribadi merasa di untungkan ada gojek ini. Pernah pulang trngah malam, karena saya ga tau angkot daerah disitu. Sy pakai gojek dan saya dianter pulang. Saya ngerasa gojek ngebantu bgt khidupan. Sy untung, mereka pun untung.

  5. Ada yg aneh, kalau plat hitam dilarang dan minimal harus roda tiga, maka ojek2 biasa jg harus dilarang dong. Apa ojek2 hrus ganti motor pke mtor pickup roda 3??hahahaha,,, aturan kok multi tafsir, bukan sarjana pa yg bikin itu ya?

  6. Disaat banyak yg kena phk gojek di larang beroprasi..
    Bukanya membuat lapangan pekerjan malah menutup lapangan pekerjaan
    Sandiwara apa lagi ini

    • Ojek pangkalan itu sifatnya usaha swadaya, Mas. Bedakan dgn Go-jek yg sifatnya perusahaan go-public tetapi tidak ada ijin u/ sbg sarana transportasi umum. Nah ! Bisa paham dr sini ? Jgn diartikan pernyataan secara harfiah..

      • Di situ yg di sebutkan
        -Plat Hitam
        -Roda 2

        Bukan secara harfiah tp pahami 2 peraturan tersebut
        Kecuali ada peraturan
        -Ojek pangkalan di sebut swadaya masyarakat di perbolehkan

        Kalo memang diskriminatif
        Karena tidak lewat pajak dishub atw LLAJ
        Jadi buatlah UU kek gitu

        Jujur saya yg luar kota
        Masih awam soal rute dan angkutan
        Alhamdulillah ada angkutan online kek gini bisa tau daerah yg masuk gang tanpa nyasar dan harga masuk akal

        Tau sendiri naik OP matok harga gila2an
        Nunggu busway 1-2jam baru dateng
        Naik taksi bisa 4x lipat ongkos OP

      • Bahasa hukum adalah bahasa harafiah, Mas ………
        Disitu tertulis, angkutan umum adalah : plat kuning & minimum beroda-3.

        Saya tidak membela ojek online tapi hanya minta tolong ke pemerintah, berikan kami solusi & alternatif.

        • Oke , skrg saya tanya kalo anda mengerti hukum.. Mana bukti kalo go-jek berbadan HUKUM Transportasi bersifat publik ??!! Tunjukan script / setidaknya bukti setor pajak dr dispenda dan/atau TDP kelaikan transportasi umum dr Organda ?

  7. yang patut disalahin ya go-jek nya, korbannya masyarakat (entah driver dan penumpang). dah lama baca artikel tentang keilegalan goj-jek, tp bukan maksud ngebelain pemerintah, tp mungkin pemerintah habis kaji sana sini dulu baru bisa ngeluarin larangan. hehe. y setau saya sih bener, plat item kok dikomersilin se-indonesia, kan ga boleh 😀

  8. saya tantang pemerintah untuk menyediakan layanan sekelas gojek terutama delivery barang dalam hitungan jam dalam 1 jabodetabek…

  9. Usul saya gini aja Pak Jonan : UU angkutan umum harus roda 3 diubah aja, roda 2 juga boleh jadi angkutan umum(pelat kuning), tinggal diatur aja pajaknya berapa.
    Karena melihat fakta di lapangan, terutama di jalanan perkotaan yang macet luar biasa, tentu gak mungkin warga naik roda 3(bajaj) atau roda 4(taksi), macet gak ketulungan..kapan sampai ke tujuan, buang-buang waktu di jalan, produktivitas terhambat, pertumbuhan ekonomi ikut terhambat.
    Lain halnya dengan roda 2 yang lincah, sanggup selap-selip di kemacetan. Roda ekonomi berputar, pemerintah dapat pajak, warga semakin produktif..cepat sampai ke tujuan, pengendara ojek bertambah penghasilannya, pengangguran berkurang.
    Win win solution untuk semua.

  10. Kalau saya baca-baca beritanya :

    http://inet.detik.com/read/2015/12/18/082617/3099080/399/ini-bedanya-ojek-online-vs-ojek-pangkalan-versi-menteri-jonan
    http://inet.detik.com/read/2015/12/18/075926/3099049/399/go-jek-dkk-mau-boleh-beroperasi-ini-syarat-menteri-jonan

    Alasan utamanya adalah : ” ojek online yang sedang menjamur sudah memproklamirkan sebagai angkutan penumpang.” dan “Padahal roda dua tidak termasuk sebagai angkutan penumpang”

    “Sementara ojek pangkalan selalu dianggap sebagai kegiatan non-transportasi publik”

    Jadi, jalan keluarnya adalah : ojek online ganti saja menjadi dengan “KoJek : Komunitas Ojek – yang membantu menyediakan layanan pengantaran secara personal” dan proklamirkan sebagai lembaga Nir-Laba …….

    🙂

  11. Ojek ada sebenernya bukan untuk lewat jalan raya, tetapi untuk daerah perkampungan yg tidak dilewati angkutan umum, makanya meraka biasanya mangkal didepan gang tempat angkutan umum nurunin penumpang, klo gojek kayanya melihat peluang dari taxi motor yg pernah ada, seharusnya emg harus berbadan hukum biar enak, ada legalnya, ada jaminan safety buat pelanggan karena ada sistem yg jelas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini