Ikut prihatin atas kejadian motor satria terbakar ini, dari informasinya motor ini terbakar akibat karburator bocor sehingga bensin luber. Kronologinya ketika motor diengkol alias diselah2 tiba2 terjadi back fire ( api dari ruang bakar masuk ke karburator, biasanya nembak di karburator) karena karburator luber bensin bocor alhasil kesamber api dari back fire ini.

Mungkin kejadian ini bisa tidak terjadi jika kondisi karburator normal, dan filter udara terpasang. Filter udara juga melindungi dari backfire. Back fire bisa terjadi akibat faktor kompresi terlalu tinggi akibat bore up dll, percipan api pengapian tidak pas TMA.

Yang penting karburator dalam kondisi tidak bocor dan filter udara terpasang sebenarnya sudah bisa dikatakan aman namun yang namanya musibah semua bisa terjadi. So… jangan sepelekan filter udara ya, dan cek kondisi karburator jangan sampai sepelekan kebocoran atau rembesan bensin.

satria terbakar

1 KOMENTAR

  1. dulu pernah thunder 125 ane tahun 2004 keluar asep pas distarter gara2 sikring sambungan kawat yg tebal… abisnya ane kesel sikring putus melulu… untung kunci kontak langsung dicabut… itu terjadi karena ane pasang stabiliser setir yg secara gak langsung nyenggol kabel switch rem depan, jadi konslet dan sikring putus terus. Apalagi ane sempet utak-atik kabel CDI ganti pakai CDI shogun kebo…

    terus pernah smash 2003 punya temen ane, tiba2 berasep dibawah jok pas distarter, langsung cabut kunci kontak, itu karena pasang alarm…. hati2 kawan….

Ketik Komentar Anda