Yellow Box Junction

”Yellow Box Junction” baru dengar isitilah ini ? bagi yang belum monggo dipahami saya jelaskan secara singkat saja biar cepat paham.

Yellow Box Junction (YBJ) ini seperti halnya garis marka di jalan raya, bentuk YBJ berbentuk kotak persegi di perempatan/persimpangan jalan yang ramai berfungsi mengurai kepadatan dan agar kepadatan tidak terkunci di persimpangan. YBJ sangat berguna di persimpangan2 jalan yang padat serta di jalan-jalan utama saat waktu puncak kepadatan lalu lintas. Banyak pengguna kendaraan bermotor tetap menerobos lampu (traffic light) merah, saat antrean kendaraan di depannya belum terurai.

Yellow Box Junction 2

YBJ ini cara kerjanya sebenarnya mengandalkan kesadaran para pengguna jalan, jadi intinya YBJ tidak akan efektif jika kesadaran para pemakai jalan sangat berkurang. Jadi ketika kita berhenti karena lampu merah kita pasti menunggu warna hijau menyala-kan ?, ketika lampu lampu hijau sudah menyala kita tidak boleh jalan jika di kotak YBJ masih ada kendaraan lain dari lawan arah, kita boleh jalan ketika kendaraan di YBJ sudah habis.

Kalau sampeyan tetap memaksa merangsek ke dalam YBJ padahal masih ada kendaraan lain, maka akan ditilang karena sama saja melanggar marka jalan. Hal tersebut tertuang dalam Pasal 287 (2) juncto Pasal 106 (4) huruf a, b, UU nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pidananya berupa kurungan penjara dua bulan atau denda Rp 500 ribu.

Ada yang aneh dengan adanya YBJ ini ? iyalah… Kondisi seperti ini sebenarnya kita meski nanggung resiko di klaksonin kendaraan di belakang kita karena kendaraan dibelakang kita sudah nggak sabar, tahunya hanya lamu hijau menyala saja.

Oiya… di jakarta sudah ada di jalan MH Thamrin tepatnya di depan Sarinah,kalau diyogyakarta ada di prambanan.

15 KOMENTAR

  1. Di Bandung pernah ada di cikapayang-dago. Cuma banyak orang yang masih asing sama YBJ, jadi ga terlalu ngefek. Makanya pas ditambal aspal ga dibikin lagi YBJnya.

  2. masalahnya mas
    kendaraan dari arah lain mskpn dah merah tetep maksa jalan pdhal dah tau macet

    kalo g di cegat buru2 yang ada yang belakangnya pada ikut2an semua

    masih pada kurang kesadaran semua

  3. yaah, susah deh. mentalnya masih payah buat yg perlu kesadaran pribadi. yg ada kalo kita nunggu kndaraan di ybj abis, ga bakal jalan jalan. yg ada mereka ttep maju trus kalo ga di serobot. serba salah dh kalo di Indo mah.

  4. Pasang klakson di bagian belakang motor kita. Jadi misalnya di klaksonin dr motor dibelakang kita klakson balik… adu klakson deh jdnya wkwkwkwkw
    Kiddin’

Ketik Komentar Anda