Hari senin 19 oktober 2015 kemarin saya diberi kesempatan untuk masuk dapurnya DAYTONA di kawasan MM2100 cikarang, di dalam pabrik DAYTONA ternyata ada mesin dyno asal belanda yaitu DYNOSTAR, mesin ini sering dipakai juga para pebalap untuk menyeting motor2 mereka sebelum tampil di aspal bahkan disini juga akan digunakan untuk menyeting motor2 yang akan digunakan para pebalap terutama pebalap dari filipina yang akan tampil di event Yamaha Eunday Race akhir bulan ini.

Nach kesempatan ini tidak saya sia2kan dech… bersama mas ricki asisten manager pemasaran di DAYTONA menggeber kemampuan ECU dan Knalpot DAYTONA setelah terpasang di motor R15. Cara pengetesan memakai 4 langkah yaitu :

  1. Motor R15 dalam kondisi standar ting2 digeber diatas mesin dyno untuk mengetahui power dan torsinya sebagai pembanding saat nanti setelah diganti ECU dan Knalpot DAYTONA.
  2. Motor R15 standar diganti ECU DAYTONA knalpot masih standar bawaan motor digeber kenaikan powernya diatas DYNOSTAR.
  3. Motor R15 Standar dipasang knalpot DAYTONA namun ECU pakai yang standar asli bawaan motor.
  4. Dan yang terakhir pengetesan motor R15 memakai ECU DAYTONA dan Knalpot DAYTONA.

Bagaimana hasilnya… monggo singkat saja penjelasannya :

HASIL DYNOTES ECU DAN KNALPOT DAYTONA (4)

Pertama, motor standar digeber habis diatas mesin dynostar setelah digeber sekitar 8 kali hasilnya nanti akan sebagai pembanding. Setelah digeber didapat hasil 14,4hp@8.549 rpm/ 12,9 Nm@7.236 rpm.

ECU DAYTONA

Langkah kedua, kita ganti ECU standar dengan ECU DAYTONA namun masih memakai knalpot standar bawaan motor, dengan pemakaian ECU DAYTONA akslerasi menengah R15 meningkat 0,7 hp di rpm 5.900 dibandingkan versi motor standar. Jadi di rpm rendah akslerasinya sudah terasa meski masih 0,7 hp saja.

R15 ECU (2)

Bagaimana di power atas ?, untuk peak power di rpm atas tidak sebesar di rpm menengah, dikisaran 9.400 rpm motor ini hanya mampu meningkat 0,6 HP saja, seperti khas motor SOHC akslerasi nampol di rpm menengah.

R15 ECU (1)

Langkah ketiga ECU DAYTONA kita lepas memakai ECU standar bawaan motor kemudian knalpot kita pasang knalpot DAYTONA. Yup… pengetesan kanlpot DAYTONA di R15 nich… bagaimana hasilnya ?.

KNALPOT DAYTONA

Ternyata peningkatan di rpm menengah cukup signifikan sampai 1,9HP di rpm 6.300an, wow… cuma ganti kanlpot cuma signifikan yo… hampir 2 HP. Memang untuk SOHC ini mantap di akslerasi menengah…

R15 KNALPOT 2

Bagaimana dengan peningkatan tenaga atasnya ? tidak sebesar di rpm menengah tadi… penggantian kanlpot ini mampu mendongkrak kitiran atas 0,9 HP di 9.200 rpm, ladalah… ternyata lumayan juga ya cuma ganti knalpot saja, namun ya itu karena ini motor SOHC tentunya akan signifikan peningkatan akslerasi menengah dibandingkan rpm atas.

R15 KNALPOT 3

Next…

HASIL DYNOTES ECU DAN KNALPOT DAYTONA (3)

Langkah terakhir dengan memakai ECU DAYTONA dan Knalpot DAYTONA pula… cuma ganti knalpot bisa naik 1,9HP di rpm 6.300an apalagi ditambah ECU… nach hasilnya besar juga dengan pemakaian ECU DAYTONA dan knalpot DAYTONA ini, dikitiran tepat 5.500 rpm motor ini sudah mencapai 2,1HP.

R15 ECU + KNALPOT (2)

Yap, sudah saya singguh dari tadi kalau sudah mencadi khas motor SOHC lebih meningkat di akslerasi menengahnya, di rpm atas ini yamaha R15 mampu terdongkrak 1,3 HP dikiran rpm 9.750.

R15 ECU + KNALPOT (1)

Yap, dengan penambahan knalpot saja motor ini sudah mampu terdongkrak lumayan signifikan… apalagi dengan penambahan ECU nya…

Buat yang mau kebut2an saya sarankan di sirkuit saja ya….

Hasil grafiknya :

R15 + ECU DAYTONA

R15 ECU (1)

R15 + KNALPOT DAYTONA

image

R15 + ECU DAYTONA + KNALPOT DAYTONA

R15 STD VS ECU+EXH

 

16 KOMENTAR

  1. beh….. sexy nya…. nih motor…. walaupun di BC seperti muka lele, muka njeber di bilang Rongsok 15 tapi bikin si tukang BC minder gara2 ternyata si tukang BC muka nya malah seperti kutang / bh bercahaya dan di bilang CeBokeR.

  2. mas ari numpang tnya,piksen ane byasanya minum pertamax plus ato pertamax biru, lha kmrn nyoba pertalite di spbu 2 hri pake jarak tempuh skitar 80 km pp rasanya irit
    tp entah knpa tadi pas brngkt susah nyala
    busi iridium ecu brt, apa tdk cocok busi iridium pake pertalite?
    suwun

Ketik Komentar Anda