ban kecil ditilang (1)

Apes tenan iki dialammi sama bro Chienyoe Lintang Songo penunggang motor old vixion, lagi2 enak2 riding tiba2 dikejar polisi kemudian diberhentikan dan ditilang dengan alasan memakai ban kecil, meski sudah ngotot kalau bannya ukuran standar namun polisi tetap bersikekeh kalau ukuran bannya kecil malah dibandingkan dengan motor yang dia pakai. Ukuran ban belakang old vixion adalah 90/90-70, kalau dipasang ukuran 100/70-17 bukannya malah lebar dikit ya…

Namun pemasangan ukuran ban tersebut malah dibilang kecil sama polisi ini, berikut penuturan bro Chienyoe Lintang Songo :

” SELAMAT MALAM Brother,,,??
Permisi Numpang Sedikit Crita ne,,,
Hehehhe ,,.,

” Kemarin pagi” prjalann dari sidoarjo ke madiun..
Enak” jalan,, Ech , dari belakang gk tau nya di kejar sma ” LALAT HIJAU ” n Di Berhentikan di baypas mjokerto,, Katanya sih Permaslahn ny Ukuran Ban Belakang Kurang Besar,, n Ktanya Lebih Kecil Dari Standart nya,, n Di Ganti dech STNK ny Dengan Slip Warna Merah..

ban kecil ditilang (2)

Kalau melihat surat tilang diatas tertera melanggar pasal 285 ayat 1 yang bunyinya :

Pasal 285
(1) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, kanlpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Susah kalau berhadapan sama polisi yang merasa paling benar… ya sudahlah memang lagi rejekinya bro Chienyoe Lintang Songo mungkin polisinya lagi lelah.

Mau lihat penampakan ban vixion pakai ukuran 110/70-17 ? nich saya pinjem gambar pertamax.7 motor old vixion pakai ban belakang new jupiter mx.

ban 11070-17

Advertisements

63 KOMENTAR

  1. Seharusnya pemilik motor gak usah tanda tangan surat tilangnya supaya nanti pas sidang di pengadilan bisa debat dengan polisinya di depan hakim. Nah disana nanti kamu keluarin argumen terbaik kamu.

  2. patokan polkisnya pasti ban vixion std dari pabrik, dlm hal ini sprti tertera diatas ukurannya 90×90, ini yg jadi pedoman buat nilang, selain ukuran diatas pasti ditilang deh wong bukan stdarnya, mau jadi ban gambot juga kalo diluar ukuran 90×90 kemungkinan besar kena, mereka bilangnya pasti ‘bukan ukuran standarnya’ ,
    nyoh emploken pak #karo napok duit ning cangkeme 😀

  3. Polisi koplak..!! Ban standar blakang New MX kan emang 100/70-17,, profilnya emang lebar kalo diliat dr blakang n tipis kalo dr samping..! Polisi Koplak..!!
    Jare mengayomi masyarakat, tp nyatane memusuhi masyarakat..
    Sumpah gregetan banget pengen ngerti raine..

  4. Kenapa oknum pol.gitu amat sih padahal banyak aku lihat malah knalpot berisik dipakai ama pol. Ada apa bangsa ini motor bodong bebas lewat malah dikawal pas ini rakyat kecil nasibnya lain lagi

    • Beberapa kasus yang saya tau polisi tau lokasi dimana saja dan siapa-siapa pelaku kriminal. Tapi kalo ga ada laporan dari masyarakat( sekampung bila perlu) jarang ditangani. Karena “beberapa kasus”(lagi) untuk pelaku tindak kejahatan/kriminal/perbuatan yang meresahkan masyarakat kemungkinan sudah ada bekengan “oknum” polisi

  5. Ya gitu lah kalo pengetahuan dikit. Ntar lagi bawa motor bawa ga cukup bawa SIM n STNK, tapi mesti bawa pamflet data teknis motor.

    • Kalau ngomong dijaga pak! Saya sebagai anggota polri juga gak setuju dengan tindakan polantas tersebut. Semua anggota polri bertanggung jawab atas tindakannya sendiri. Tapi omongan anda yang mengatakan semua polisi bajingan benar-benar sudah kelewatan. Jika berkenan mari kita kita ketemu, saya ingin lihat sebaik apa saudara?

      • emang polisi ga punya otak.masa saya diarahkan lewat jalur sono,giliran diikuti eh ternyata dicegat diujung satunya.main tembak mau bayar gocap apa tilang.padahal udah lain propinsi.asu!!!!

  6. salahnya dia itu kasih TANDA TANGAN di kertas tilang.
    Harusnya diajak (1/2 ngancam) ke dealer yamaha untuk pembuktian..kalau ga berani ya tinggal catat nama petugasnya, trus tinggal pilih mau dilaporkan ke kantor pusat, ato dunia maya

  7. Kalo gw udah gw ladenin tuh polisi

    Di bagian mananya yg menentukan undang undang pengaturan ban? Cuma di sebutkan lengkap ada ban, entah pake ban kereta, mau ban kotak, mau ban cacinh, gak masalah

    Udah saatnya kayanya polantas di brantaskan, di ganti sama hansip / satpol pp aja

  8. Ya wajar lah dibilang ban kecil.
    90/90 dibanding 100/70 cm keliatan lebar.
    Tinggi ban jauh.
    81 mm dibanding 70 mm.
    Ya jd keliatan kecil.
    Kalo mau 100/80 baru dah.

  9. sedikit share om ari…

    ane pernah ga perpanjang sim motor, kena razia diluar kota, ya udah ikut sidang… di pengadilan ane dengerin hakim bacain surat tilang satu-satu, dan yg dibacain surat tilangnya duduk didepan hakim sambil manggut mangut, selesai dibacain harus bayar tebus stnk dan atau sim…

    jadi kita yg ditilang ga bisa melakukan pembelaan.

    kalo kasus seperti artikel om ari, ada benarnya polisi jika dianggap ga standar motornya…
    tapi selama modifikasinya tidak membahayakan ane rasa ga masalah…
    justru yg ane bingung kalo harley pake lampu strobo yg bikin silau dan knalpot blarr blarr blarr kenapa ga ada yg nilang? itu kan jelas jelas membahayakan, apalagi ada yg ga pake nopol…
    itu pun kalo disesuaikan dengan standar dari motor harley tersebut, apa berani pak polisi menilang?
    silahkan ditanggapi pak polisi…

    salam susah netral

  10. upload ke youtube atau sebarkan ke sosmed pasti rame deh, ntar kl dah rame baru kapolsek atau kapolres atau kapoltabes pura2 sibuk…lagu lama kaset kusut……

  11. Saatnya bergerak, upload sebanyak2nya dan share di open grup sosmed polisi2 yg melanggar aturan yg mereka buat sendiri, biar terkenal dan supaya bisa NGACA dengan Korps sendiri. Kalo masih punya ” muka ” itu juga hahahhahahaha

  12. sebenernya buku pedoman bisa dijadikan bahan argumen, soalnya tertera ukuran ban standarnya, di buku pedoman ane ada
    gak tau kalo di buku pedomannya agan ini, soalnya beda pabrikan ngoahahahahahahaha

  13. ane juga pernah kena tilang gara2 ban vixion ane yang katanya g standard padahal menurutku standart tapi y gitu ancamannya “motornya mau disita g layak pakai, anda harus naik bis,” kata salah satu polsek M*******o kota jalur Sby-madiun yang kata temenku sih emang tilang hunter.hxhxhxhx
    wew….akhirnya ane nego tuh polisi soalnya dinas ane harus nyampek hari itu juga!awalnya sih polisi ngeyel mau harus disita tuh motor, karena ane takut tuh motor diapa2in kalo dititipin di pos polisi. ane nego awalnya sih polisi kekeh pada angka 250ribu yang tertulis di surat Tapi ane nego trus akhirnya kena 150, berat sih karena uang segitu bisa buat mie dua kardus untuk sebulan maklumlah masih mahasiswa.dirimu teganya!!
    hahaha
    tapi y wes lah buat perut polisi yang busung lapar sampek melenduk itu. mungkin ane yang salah lewat daerah kekuasaan bapak dengan plat nomer luar kota bapak!mesti cari2 kesalahan motor ane!
    salam biker. mungkin bannya harus diganti standart KAI..

  14. Baru kena tilang jg d Mojokerto, perempatan terminal, katanya ukuran standart ban blakang harus 300, trus saya minta d tilang malah motor ikut d tahan, Dr pada ribet banyak pasal komat kamiit terpaksa bayar d situ, mintanya denda tilang terendah lg Bapak proklamator… hadeh apes we…

  15. saya jg jd ketar ketir nih setelah baca ini. masalahnya sy pake ban FDR Genzi 70/80 di depan bukan apa2 kelihatannya tipis bgt apalagi lebar velg depan cuma 1.40-17. Makin kelihatan tipis deh tuh bannya. ditilang ga tuh y?!

  16. Anjing kena begal 100 gara” ban pdhal banku 250/275 sial banget hari ini..
    Saya doa’kan semoga uank yg di makan itu jadi penyakit kangker..

  17. Besok besok, yang punya smartphone, download pdf Part Catalogue motor agan masing-masing. Nah, buat yang gak punya, download trus print. Biar tau polisinya.

Tinggalkan Balasan ke ki jokododo Batalkan balasan