Filter udara dilepas ? tarikan motor lebih jos alias akslerasi lebih nampol tergantung setingan motor juga sich, tapi apakah sampeyan tahu efek kedepan setelah filter udara dilepas ? ( baca tulisan dibawah ). Selain efek mekanis ternyata juga ada hal2 yang unik seperti yang dishare oleh bro yanto helmet di group ICJ. Karburaotr bisa kemasukan telor karena filter udaranya dilepas, telor yang dicantelin di motor kesedot kevakuman udara di karburator alhasil telor pecah dan pecahannya masuk karburator, ada2 saja…

“Yanto Helmet

Sungguh2 terjadi…

Buat sedulur2 yg filter karburator motor sengaja dibuka mulai skrng dipasang lg aja. sbp barusan saya bawa mie goreng telur pake plastik yg saya centelin posisi atas karbu bs masuk itu telur ke dlm karbu (plastik dobel msh bs sobek kesedot karbu). lucunya telur bs masuk semua alias tinggal mie aja. untungnya motor baru 5 meter jalan. sampe rumah karbu saya buka isinya telur yg sudah hancur. terpaksa bsk pagi ke bengkel.
semoga bermanfaat tulisan saya ini.

matur nuwun…”

Pernah saya ulas di artikel lama akibat bolong filter udara atau lepas filter udara.

1. Kondisi karburator/TB akan cepat kotor. Jika udara kotor setiap hari masuk maka kotoran akan menumpuk di ruang venturi karburator dan berakibat motor bisa mbrebet karena lubang2 dikarburator bisa mampet bahkan pilot jet dan main jet bisa mampet.

KARBU KOTOR (1)

2. Kondisi manifol pasti akan ikut kotor juga karena tumpukan kotoran yang tidak disaring oleh filter udara, jika manifol kotor maka semprotan bahan bakar dari injektor atau kabutan bahan bakar dari spuyer karburator akan terhambat oleh kotoran yang menempel di manifol alhasil performa motor berkurang.

KARBU KOTOR (5)

3. Dari manifol udara menuju ke klep sebelum masuk ruang bakar, nach… disinilah letak efek paling bahaya karena jika tumpukan kotoran di karburator dan manifol sudah tebal dan udara yang masuk kotor atau bahkan kerikil( batu kecil) bisa masuk karena tidak ada filter udara, jika batu kerikil tadi masuk ke klep pasti klep akan bengkok dan motor akan mogok karena ngempos hilang kompresi.

Masih di seputar klep, karena tumpukan kotoran di klep semakin tebal maka semakin lama tumpukan kotoran semakin tebal dan mengeras saat ada kotoran yang terlepas maka kotoran ini bisa menempel/terjepit di bibir klep alhasil kompresi jadi hilang dan motor mogok.

4. Dari klep lanjut udara di salurkan ke ruang bakar, karena udara kotor dicampurkan dengan bahan bakar maka hasil pembakaran di ruang bakar akan menghasilkan endapan atau karbon yang menempel didinding ruang bakar dan kondisi ini akan mengakibatkan kompresi jadi tinggi, motor cepat panas dan piston cepat aus.

byson (7)

5. Satu lagi efek dari udara kotor masuk ke ruang bakar, piston bisa baret karena adanya kotoran yang masuk keruang bakar. Kotoran ini akan menggesek piston yang bergerak naik turun semakin lama piston jadi baret alhasil motor jadi berisik dan kompresi berkurang motor bisa mogok juga.

6.Silahkan ditambahi…

Bahaya juga buat motor injeksi :

Jangan Ditiru ! Motor Injeksi Tanpa Filter Udara Motor Bisa Mogok

motor alay (2)

1 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda