tilang ban kecil (2)

Sekarang sepertinya para polisi lebih teliti dan tidak ada toleran buat biker yang memodifikasi terlalu ekstrim terhadap motornya seperti yang sudah diketahui polisi akhir2 marak diberitakan merazia knalpot bising bahkan sampai digergaji di tempat dan motor bisa diambil setelah knalpot diganti standarnya. 

Trie Hartoko II Lur aku mau otw ng gunkid ng bangjo dickel laler ijo kui alsane pitku bane clik ?

ngpunten lur iku aku ga pamer mtor, ban smno i clik pora ? Ukuran 250 275 ?

Sekarang bukan hanya knalpot tapi semua keseluruhan part motor yang tampak dari luar terlihat dimodifikasi terlalu ekstrim bisa kena tilang, polisi juga tidak main asal tilang karena motor yang dimodifikasi ada undang-undangnya yaitu pasal 277 UU No.22/2009. Seperti yang dialami bro trie yang dishare di group ICJ ini, motor vixionnya pakai ban lebih kecil satu tingkat dari ukuran standarnya jadi tidak terlalu nampak seperti ban cacing tetap saja kena tilang.

tilang ban kecil (1)

 

Untuk penjabaran Pasal 277 UU No.22/2009 silhkan klik artikel dibawah ini :

Berikut Penjabaran Pasal Memodifikasi Motor Diancam Kurungan 1 Tahun Penjara

modifikasi kena denda

24 KOMENTAR

  1. Ane aja pake underbone di tilang kok, karna lokasi jauh dan ane ga ada waktu untuk sidang terpaksa sisa isi dompet ane 20rb raib, pdahal itu uang pas pasan bensin

  2. lha kriteria yang nggak sah itu gimana?
    itu ban.masih bulet, motor nggak warna warni, ruji-ruji.ada, velg standar, bulet, nggak kotak atau persegi panjang,…

    nilang yo nilang..
    tapi mbok yao nyawang!!

    BAJINDUL!!!!

    • kriteria gak sah itu yg gak sesuai sama motor standar.. kalo standar 120/70, ya selain itu udah merubah bentuk asal kan? di kasus artikel ini bannya turun satu tingkat, terserah polisi aja lagi mau nindak apa nggak, kalo polisinya baku sama undang-undang, ya kena, kalo polisinya ngasih kompensasi ya bisa aja nggak kena.

    • nah kejadiannya hampir sama kaya saya, bedanya ini vixi dijadiin cacing punya saya cuma ganti ban tubles doang, yg awalnya 70/90 dan 80/90 ane ganti pake fdr ukuran 80/80 dan 90/80 , itu aja kena tilang karena ga sesuai ukuran standar, apalagi model cacing -.-
      yg pasti mau bagian yg ga standar bakal keba tilang deh, terutama yg keliatan dari luar, misal kaya ban, knalpot, spion, lampu, dsb

  3. modifikasi extreme itu contohnya velg dan ban di ganti kotak, lampu peke petromak, kalo modif di atas itu kayaknya masih wajar.. kalo di ganti ban ukuran 200 baru dah kelihatan cungkring banget

  4. modif e alay…udah bagus2 ban gede ngpo diciliki?nek arep cilik yo nganggo bebek ae opo pit ontel…tilang saja soalnya tidak standard..:D

  5. Wis jelas gamblang kalo pake ban cacing serta velg cacing kok iseh NGEYEL lan ngemis nang medsos, mangkane ojok ALAY.

    kecuali ban dikecilin satu tingkat tp velg tetep standart alias tapak lebar yg gak akan kena tilang krn msh kliatan lebar cuma agak tipis/ceper dan polisi gak akan tau

  6. itu mengecilkan ban depan belakang nya bukan hanya 1 tingkat lek, lebih itu, kalo 1 tingkat mah ga gitu signifikan terlihat

  7. klo ma pengendara rakyat kecil aja di tilang, coba klo brni nilang moge. kjadian di jogja kmrn bukti hukum hnya unk org miskin gk punya koneksi atasan polri

  8. pancen Gunungkidul polisine galak2 mas… hehehe mencolok sitik sikat pokoke, terutama ban knalpot lan lampu di smoke, sasaran empuk polisi Wonosari Gunkid

Ketik Komentar Anda