aksi pesepeda hadang moge langgar lampu merah (1)

Masih ramai saja berita aksi goweser yang memberhentikan para rombongan moge yang menerobos lampu merah padahal rombongan sudah dikawal oleh patwal. Lalu bagaimana menurut Divisi Humas Mabes Polri ? menurut UU yang sudah ada yaitu Pasal 134 UU RI No 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan ternyata rombongan moge yang menerobos lampu merah sudah sesuai prosedur karena sudah ada ijin sebelumnya.

Siapa saja pengguna Jalan yang memperoleh Hak Utama untuk didahulukan menurut Pasal 134 UU RI No 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan? Berikut urutan :
a. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas;
b. Ambulans yang mengangkut orang sakit;
c. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada Kecelakaan Lalu Lintas;
d. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia;
e. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara;
f. Iring-iringan pengantar jenazah;
g.Konvoi dan/atau Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Mengenai voorijder itu, jadi pihak panitia (acara moge) sudah menghubungi kami. Mereka sudah mengantongi izin dan meminta pengawalan,” kata Kabid Humas Polda DIY AKBP Any Pudjiastuti dalam perbincangan, Minggu (16/8/2015).
Ada komentar bahwa Polisi hanya mengawal orang yang berduit saja? Itu tidak benar, seluruh masyarakat Indonesia berhak untuk mengajukan permohonan pengawalan, termasuk Mitra Humas.

Pengawal terhadap rombongan moge ini tidak beda dengan pengawalan Polisi kepada mobil jenazah, rombongan pengantin dan iring-iringan lainnya.
Ketika ada pengajuan permohonan pengawalan dari masyarakat, Polisi akan melihat, mempertimbangkan dan menentukan seperti apa pola pengawalan yang akan dilakukan dari adanya permohonan tersebut. Pengawalan ini sebenarnya bukan hanya bertujuan untuk mengamankan si pemohon pengawalan, namun juga pengendara lain di jalan raya dari adanya kegiatan tersebut.

Keterangan dari DIvisiHumas Mabes Polri tersebut jika dirunutkan maka rombongan moge sudah sesuai prosedur di huruf g yang menyebutkan ”Konvoi dan/atau Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.”. Nach pendapat sampeyan gimana ?

Silahkan klik gambar dibawah ini agar jelas akan penjabaran huruf g :

Pasal 134 UU RI No 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan

22 KOMENTAR

  1. Jiahahahaa klo iring2an moge sampe ratusan motor,kasian yang terkena lampu merah mpe harus mengular brp kilo meter panjangnya klo lalin gk ditaati..
    Fuck lah kabeh

    • lapor, om..
      kemarin yang konvoi dengan patwal, it’s Okay!
      tapi masalahnya, setelah acara slesei, banyak moge yang lepas dari konvoi, trus ttp aja nglanggar lalu lintas.. njuk piye jal?!

  2. masalahnya bukan sekedar lampu merah,kalo sy pribadi sudah muak dengan klakuan ridernya yang rata2 arogan dan sok-sok an kalo dijalan,gak dikawalpun mereka2 banyak yang seenaknya kalo dijalan,image jelek mereka sendiri yang buat,yang tidak tau tata krama dan sopan santun sebagai tamu dikota orang.

  3. Bener Bray.. Fuck Lah Jelema Yang Pada Blagu Kaya Gitu Mah.. Ttg UU Nya.. Itu Kepentingan Tertentu Bukan Untuk Rombongan Moge Keleeuuss.. Telaah Lagi UU Nya.. Jelas2 Utk Kendaraan Yg Bersifat.. Kalo Moge Urgent Nya Yg Mana? PAHA KEPANASAN LAGI???

    Ngobrol Aja Sama Tembok Koplok..
    Wkwkwkwkw..

  4. Bener Bray.. Fuck Lah Jelema Yang Pada Blagu Kaya Gitu Mah.. Ttg UU Nya.. Itu Kepentingan Tertentu Bukan Untuk Rombongan Moge Keleeuuss.. Telaah Lagi UU Nya.. Jelas2 Utk Kendaraan Yg Bersifat Urgent.. Kalo Moge Urgent Nya Yg Mana? PAHA KEPANASAN LAGI???

    Ngobrol Aja Sama Tembok Koplok..
    Wkwkwkwkw..

  5. kalo liat penjelasan no g .trus konvoi moge termasuk yg mana..penanganan huru hara..penanagan bom..bencana alam atau pengangkut pasukan..pasukan opo?

  6. Memang kondisi darurat dan perlu pengawalan polisi koq. Kalo ga nerobos lampu merah dan kena macet kan biji para penunggang moge itu bakalan matang kayak bakso. Nah darurat itu. 😀

  7. moge meminta pengawalan dan menerobos semua rambu2 laulintas,, dan berkendara dg arogan tdk menghargai budaya setempat hanya menimbulkan masalah dan menimbulkan kecemburuan sosial bg pengendara lain yg haknya sesama pengguna jalan terampas oleh mereka yg naik moge…!!
    disini hnya akan mempertajam antara golongan elit dan masyarakat biasa.
    jika ini terus berlajut kedepanya tdk menutup kemungkinan terjadinya gesekan yg lebih frontal..,!!
    paling enak sama2 menghargai dan mau berbagi macet dan panas di jalan dg pengendara lainya..!!
    klo gak mau macet y mending cuci kaki trus bobo aja drumah…!!
    penak tho…???!

  8. yakin nih kelakuan bermotor anda lebih bener? kalau sudah bener,baru deh mencela orang lain….emang motor kecil seolah tanpa salah? harian bro….moge masih kadang kadang,cek dulu deh daftar dosa anda di jalan baru nyela,modal keyboard doang apa susahnya nyela

  9. Di UU kan sdh jelas,rombongan moge tdk termasuk yg memerlukan penanganan negara…..tdk urgent dan tdk ada hubungannya dgn kepentingan negara…..

Ketik Komentar Anda