FAZER 250 BLUEFLEX (1)

Yamaha Fazer 250 sudah diproduksi selama 10 tahun dan langsung menjadi motor naked idaman di negara brazil, selama 10 tahun mengaspal fazer 250 sudah meraih berbagai penghargaan di brazil seperti Winner of several awards, the market leader in many regions of Brazil, received in 2012 the first Blueflex version, the first motorcycle bi-fuel category. Kalau di indonesia motor ini seperti vixion yang langsung laris manis diterima market. Fazer 250 menjadi fazer 250 blueflex pada tahun 2013 dan sekarang diupdate lagi, keunggulan Fazer 250 BlueFlex bisa menenggak tiga jenis bbm berbeda diantaranya bensin (minyak bumi), ethanol (nabati) dan mixture yang merupakan campuran bensin dan ethanol.

Yamaha brazil baru saja mengupdate tampilan dari yamaha Fazer 250 blueflex ini menjadi lebih sporty, desain utama masih mempertahankan model lama hanya mengalami perubahan di bagian, air shroud, bodi headlamp, tangki dan masih banyak lainnya. Yang menarik motor ini sekarang sudah memakai ECO seperti motor bluecore pada umumnya meski motor sport tetapibiker bisa berkendara secara ECO riding sesuai keinginannya, selain ada ECO dipanel speedometer sekarang pencahayaan memakai lampu LED berwarna putih, ada satu lagi yang terdapat di panel speedometer dimana telah diterapkan teknologi blueflex.

Teknologi blueflex ini bekerja seperti shifting gear pada motor sport big bike, tujuannya jika pada saat memindahkan gigi sesuai bersamaan dengan nyala lampu blueflex maka motor akan bekerja sesuai keinginan pengendara supaya didapat power, torsi & konsumsi bbm yg optimal. Fungsi tambahan dari indikator ECO bila lampu “Blueflex” menyala secara permanen (tidak berkedip) menunjukkan bahwa Sistem ini menjadi bekerja. Dalam situasi ini, pengemudi harus menunggu lampu BlueFlex menyala untuk memindahkan gigi. Jika perpindahan gigi bersamaan saat indikator mati, mesin secara otomatis akan mematikan sistem blueflex.

Berikut beberapa detail perubahan fazer 250 blusflex 2016 

FAZER 250 BLUEFLEX (1)

Perubahan bagian air shroud yang lebih sporty serta mampu mengarahkan angin untuk pendinginan mesin, tutup tangki yang dulu model jendol sekarang sudah rata. Yup desain rumah headlamp yang sekarang lebih sporty.

FAZER 250 BLUEFLEX (2)

 

Speedometer sudah full digital model kotak, untuk fazer 250 sekarang di handle bar terdapat logo fazer, dan ada update desain anak kunci, kok mirip scorpio z ya….? berharap inilah motor next scorpio di indonesia.

FAZER 250 BLUEFLEX (3)

Lampu belakang sudah LED, untuk sok belakang memakai sistem monocros seperti di scorpio z, dan motor ini sudah aplikasi rem cakram depan dan belakang.

Apakah akan masuk indonesia ? kabar dari jaman bahelak bahwa desain next scorpio akan mirip2 seperti ini hanya saja apakah fitur2 akan sama atau justru akan bertambah… ingat fazer ini masih satu cy,inder dan SOHC jadi tidak akan bersaing dengan MT-25.

fazer 250 BLUEFLEX

TECHNICAL FAZER250 BLUEFLEX
  SOHC valve 2
 Motor Refrigeration Air
  4 Times
Displacement (cc) 249.45
Number of cylinders 1
Progress X Diameter (mm) 74 x 58
Compression ratio 9.8: 1
Maximum torque (kgf.m / rpm) 2.10 / 6.500 Ethanol
2.09 / 6,500 Gasoline
Maximum power (hp / rpm) 20.7 / 8,000 Gasoline
20.9 / 8,000 Ethanol
Starting system Electric
Lubrication system Wet sump
Motor Oil Capacity (L) 1.55
Type of fuel Gasoline / Ethanol
Fuel tank capacity (L) (reserve) 18.5 (4 L)
Food Electronic Injection
Ignition system TCI
Battery 12V 6 Ah
Primary transmission Gears
Secondary transmission Chain
Clutch Multi-disc
  Wet
Exchange 5-speed
Gear Ratios:  
1st 36/14 = 2,571
2nd 32/19 = 1,684
3rd 28/22 = 1,273
4th 26/25 = 1,040
5th 23/27 = 0.852
Caster angle 26º 30 ‘
Type of chassis Double cradle
Trail (mm) 104.5
Front tire PIRELLI SPORT DEMON 100/80 – 17 M / C 52S
Rear tire PIRELLI SPORT DEMON 130/70 – 17 M / C 62S
Ø front brake (mm) 282
Ø rear brake (mm) 220
Total length (mm) 2,065
Overall width (mm) 745
Overall height (mm) 1,075
Seat height (mm) 805
Minimum ground clearance (mm) 190
Net weight (motorcycle + fluids and full tank) (kg) 153
PBT (net weight + 2 + load capacity (kg) 320
Minimum turning radius (mm) 2,4
Wheelbase (mm) 1,36
Front suspension Telescopic fork
Rear suspension Swingarm with link type Monocross
Course fornt suspension. (Mm) 120 (suspension) / 120 (wheel)
Behind the suspension travel. (Mm) 54 (suspension) / 120 (wheel) 

38 KOMENTAR

  1. Mantab ini Kang..
    Kayanya shock ga ambles.Knalpot panjang dan gede tp masih pas sama keseluruhan desainnya..
    Masuk sini ganti nama Vixion 250 aja, kan SOHC.hahahaha..
    Yang bikin mahal Bannya kang. Masih satu pabrik sama pabrik ECU MOTOGP…

  2. Dari dulu disaranin supaya motor ini dijadiin suksesor Scorpio. Minimal diambil desainnya buat jungkalin Tiger Revo, Eee….. malah yang kluar PIO Pla Klingon !!!

  3. desain overall bagus, cuma masih gak sreg sama tampak belakang lampu led, masih ada aura desain R15 dan R6 yang out of date, sama desain pelk, mungkin lebih baik mirip pelk MT25

  4. Pas kalo gantikan scorpio,sama2 sohc,air cooled,single cyl.Klo mau di jual di sini mesti diupdate sedikit,tambah sks,footstep belakang gantung,jok pisah seperti byson fi.itu aja sdh cukup

  5. Ganteng fazer250 tapi Bodi masih gantengan MT25.

    Mantap biar New Scorpio mesin tetep SOHC 225cc buat Indonesia bodi New Fazer buat yang doyan touring torsi nampol harga 32Jt pasti lariss (Shock Jagn amblas lagi) dan 250cc DOHC parralel buat MT25 Buat yang punya duit lebih.

    Dikelas 150cc Naked ada Byson, NVA dan New MT15

    Mantap Naked Bike Yamaha Back to Back “Selalu Memegang Kendali” Sport Indonesia.

  6. Kurang nendang desainya bwt d indonesia klo untuk 250cc kurang wahh…kecuali desain ini mw dikasih mesin vixion trus dposisikn bwt pnantang verza..pasti mati kutu tuh verza

  7. Pokoknya tiap kali ada artikel yg bahas Fazer 250 dijamin saya pasti hadir deh, wkwkwkkkkk…..
    Ini dosa Yamaha thd saya soalnya. Dari thn 2008 saya tungguin, sblm muncul yg type terbaru ini, buat motor harian. Wajar saya berani berharap, krn penjualan Scorpio krg berhasil dan lebih2 lg basis mesin yg dipake Fazer 250 kan sama ama mesinnya Scorpio, jd kemungkinan masuk sini itu amat besar. Namun pemikiran para petinggi YIMM yg kelewat jenius berkehendak lain, malah lbh milih melakukan facelift sendiri dan hadirlah si Klingon the great jidat jenong koyok salonpas, bah!!!
    Tapi saya bknn tipikal pendendam kok, buktinya saya msh sempat pernah beli Byson, R25 dan skrg N-Max. Biar gimanapun saya msh inget masa2 abg dulu pernah begitu ngefans ama Yamaha.
    Kalo ntar kejadian new Fazer ini masuk sini, saya gak tau hrs bersikap gimana, mau beli atau malah saya ludahin aja? wkwkwkwkkkkkkkk…………….

  8. Teknologi eco riding sudah diterapkan di motor bebek honda thn 90an… cb liat speedo grand… ada 1 sampe sekian kpj, 2 sampe sekian kpj… eco riding sistem manual…:D

  9. Oke juga nih, SOHC justru lebih nyaman bwt turing. Single piston lebih ngirit+perawatan mudah dan murah. Mirip” Inazuma. Bisa dibawa kesini nih. Tapi tiger jga nggak pernah nongol lagi nih kabar”nya. Z250sl kurang laku jga. Bisa jdi opsi, ganti knalpot ninja 250 fi lumayan.

  10. detil desainnya bagus.. (baca: kyknya bakal kemahalan 😀 )
    footstep belakang bukan model gantung.. wah..bisa beda dari yg laen nih..

  11. Untuk Indonesia ambil basis desainnya aja. Untuk mesin tetep punya Pio 225, biar gak berantem sama MT-25 !!! Harga? Yaaa lebih dikit dari Pio Klingon yang kini lagi sakaratul maut itu !!!

  12. Lumayan keren desainnya. Oiya headlampnya ada aura2 Nouvo SX dan stiplampnya ada aura2 R15 apa perasaan saya aja ya?

  13. Hehehee,,kalo masuk sini sport faring 250cc silinder jomblo dari ngahaem tambah kejet2 krn numpuk digudang trus sales sm fbhnya bakalan ayan berjamaah. Gimana ngak,,udah ngenes krn ngak pny 2 silinder ditmbh hrs ngeden nahan gempuran kawak mono dan fazer..

  14. telat lah…tapi daripada tidak sama sekali….sekedar input, modelnya sudah bagus seperti ini, tinggal tambahin aja printilan berdasarkan input2an dari temen2 netizen, perbaiki nilai minus di produk kemaren…dan sebaiknya bikin spin off buat motor retro…sukur2 bisa lebih valuable (baca : murah) dari produk kawaksaki, toh di kelas ini kemudahan perawatan dan torsi yg mumpuni jasi pertimbangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini