Pada ngimpi vixion DOHC ? kita tunggu saja kabar dari yamaha apakah memang benar2 akan menerapkan engine DOHC di vixion. Sistem swap engine biasanya diterapkan motor2 jadul yang sudah susah banget cari sparepartnya sehingga mau tidak mau untuk mempertahankan desain yang ada maka harus mengganti enginenya dengan engine yang mudah dicari partnya. Namun kali ini karena motor vixion yang sparepartnya sangat mudah dicari justru digantikan dengan engine NInja 250 fi.

VIXION PAKAI ENGINE NINJA 250 FI (2)

Yup, yang namanya selera dan punya hasrat apalagi sampai menjadi impian maka apasaja bisa diwujudkan karena ketekunan mengumpulkan dana agar keinginan itu bisa terwujud. Berikut penuturan bro Bagus Farouk alias mekanik yang menangani proses swap engine ini ;

“ini cita2 konsumen 5th yang lalu , tahun 2009 dia beli old vixion , tiap bulan dia nabung 1jt sampai 5th baru dia kumpul bahan seperti engine komplit , kaki2 x-moge komplit , body komplit , so sesuai dengan mau nya buyer daripada 5th beli motor 250cc baru dgn tab +- 60jt dan belom lagi kalo mau modif tunggangan baru nya malah kluar uang lebih, so d pilih lah solusi smart ini mas.”

VIXION PAKAI ENGINE NINJA 250 FI (3)

Proses swap engine bukan perkara mudah justru lebih mudah kala hanya bore up saja karena tidak perlu susah payah cari dudukan bracket engine agar bosa nempel di rangka baru. Belum lagi harus merubah segala kelistrikan dan pengapian agar motor berjalan normal.

“iya mas kelistrikan , ignition , injection pakai n250fi , old vixion hanya rangka , tangki punya r15 , body r15v1,”

“kendala pasang ya dimensi mesin ninja yang besar , harus papas sesuai hitungan di delta box , buat dudukan dan boshing untuk engine dan radiator , selebih nya untuk penempatan elektronik mengikuti rangka di bagian belakang.”

Nach proses swap engine ini harus juga memikirkan dari segi kenyamana serta kestabilan motor terutama engine apakah benar2 rangka baru ini bisa menerima efek power yang besar karena rangka vixion tentunya sudah dibuat dengan perhitungan matang untuk motor berkapasitas 150cc. La piye lawong rangka untuk engine kecil dipasang engine yang besar bahkan paralel engine pula yang mempunyai dimensi jauh lebih besar. Tapi mau bagaimana lagi yang namanya memenuhi impian maka semuanya pasti dilakukan asal bisa.

Mau modif seperti ini? bisa hubungi bro Bagus Farouk ( klik disini )

VIXION PAKAI ENGINE NINJA 250 FI (1)

19 KOMENTAR

  1. tapi keren nih.. Kalau R25 pake delta box mungkin wujud letak engine dan framenya seperti ini. Tentunya frame diperkuat. R family seharusnya kayak gini No Teralis.

  2. mau tanya kang,kalo swap engine gitu soal ijin nya ,stnk serta bpkb gimana ya kang? secara data di stnk sm di lapangan kan beda yg satu 150cc eh di lapangan udh 250cc apa ada cara yg bisa ditempuh agar motor2 swap engine gini legal di gunakan?

      • Mangkanya ditutup fairing kang. Biasanya kan petugas cm nyocokin nmr plat sama stnk. Mobil jg banyak yg swap, paling repotnya kalo ngurus pajak 5 tahunan. Krn harus bener2 cek no rangka dan no mesin. Tapi sedap ini. Semoga swap engine motor bs mewabah spt di Mobil.

  3. waww josss tenan lbh padet,dan slim antara jarak sumbu roda,enak dipake nikung ini asal pembagian bobot saat pemasangan dudukan mesin pas spya lbh lincah krn mesin 2 slinder yg berat kl terlalu bobor didepan jd susah counter steering,cm kl pas ajibb lah ini baru sesuatu yg beda,mantab modifikasinya,ditunggu yg sdh rapi dan videonya kl engone sdh kepasang rapi# YIMM hrsnya ngerti dohc 150 wajib sgra brojol

  4. pas piksen ini lgi minggir mesin lagi gak nyalain, ntar ada yg celoteh di jalan, halah piksen yo adu balap 2000 aja trek 200 m, yg pnya bener ya! smbil senyum2 🙂

  5. Impian mas farouk yg tlh terwujud ini spt nya akan mnimbulkan kesulitan wkt bertemu gerombolan polisi…hehe

  6. sadisss, mesin jd keliatan njendul bgt itu . kata orang lewat “ni vixion kyny overdosis steroid wkwkwk :D”

Ketik Komentar Anda