Di tag sama bro Ghifari Rofi’ud Darojat, setelah lihat postingannya hadech… ternyata bikin merinding ini. Lihat kondisi piringan belakang bisa mleyot karena kehabisan kampas rem dan nggak pernah dicek.

Dishare oleh bro Umamz Bareto di grup vixion, kejadian ini mengingatkan kita akan pentingnya pengecekan rutin di motor kita, bukan hanya kampas rem tapi semua terutama yang berhubungan dengan part fast moving alias yang cepat habis terpakai.

Sungguh aneh kalau melihat kejadian ini, yang punya seakan2 cuek akan kondisi motor karena seharusnya jika kondisi kampas rem habis pasti akan ada bunyi decitan/gesekan ketika motor sedang jalan, apakah yang punya motor tidak menyadarinya ? atau yang penting motor asal pakai saja ? mau pakai motor mahal kalau perawatannya diabaikan sungguh sayang banget dech. Harga kampas rem tidak seberapa tapi kalau didiamkan malah bikin kocek jebol apalagi piringan sampai seperti kripik tempe gitu bikin bahaya ketika riding karena motor bisa tiba2 berhenti mendadak.

34 KOMENTAR

    • Bukan gerakan blekkempen terstuktur kah?

      Dilihat dari sejarah pesaing yang sangat masif melakukan BC baik resmi kayak waktu launching CBSF yg memakai OVI sebagai motor penjahat maupun BC tidak resmi melalui blogger ternakan dan komentator bayaran.

      Diskbrake untuk sampai jadi kayak gitu harus dipakai terus2an saat kampas remnya habis. Nah berapa lama kampas rem habis (di motor baru NVA kah?) dan berapa lama menanggung kondisi besi plat rem ketemu besi diskbrake?

      Apa ridernya dan orang di sekitarnya tidak ngeh dengan bunyi yg sangat mengerikan dan menyakitkan telinga kala rem yg habis kampasnya dipakai terus2an?

      Kayaknya ada bau amisnya nih…..

  1. Yg harus di pertanyakan kwalitasnya gmna kang??? Itu itungan motor baru kok dah habis piringanyaa motor-motor laen paling ga 7 tahun baru habis…… Walaupun ga di rawat harusnya ga segitunya , lihat motor tukang galon ga di rawat ga gtu” bgt intinya kwalitasnya gmna itu??

    • namanya juga kampas abis,
      dipaksakan bbrapa ribu km aja pasti dah habislah tuh cakram, motor apapun.. aplgi cakram blkng..

      pngalaman Shogun ane, kampas depan abis, dipaksa pake sebulan= bahaya + lgsg tifiss dah tuh cakram.. hiks..

    • 1. namanya kampas rem abis yo harus buru2 diganti kang, kecuali usernya bisa ngerem pake rem kaki
      2. motor umur baru setahun kalo jarak tempuh udah jauh dan frekuensi breakingnya cepet ya bakal kemakan to itu piringan..
      3. motor tukang galon gak pake cakram belakang.. 🙂

  2. itu sih orangnya yg kebal tenan,,, masa kampas habis gak kerasa… parah
    bukan biker itu mah yg punya
    asragdirulloh…muga2 diberi pencerahan n keselamatan dijalan

  3. motor secanggih dan sebagus apapun tanpa perawatan ya hancur, kaya anak pabrik beli motor suprax dri beli sampai skarang (6 bln lebih) ga pernah di service/ganti oli mesin da kaya motor rongsokan klo di bawa jalan

  4. besi kampas cakram emang top bgt kl dipake buat gerinda cakram.
    Saya dah pernah mengalami sendiri, pake shogun 01, kampas rem cakram pake supra (kata yg jual ori).
    Tadinya muka cakram dah bergelombang seiring pemakaian, kampas rem dah tipis bgt. Tp gak smp 1,5 jam (dr boyolali sampe ketep pass) kampas abis, dan cakram kemakan jd halus permukaannya (tak bergelombang lg).

  5. kao motor jenis sport emang beda ma bebek ato matic, kerja rem lebih berat karna beben motor sama kecepatan motor lebih tinggi, bebek/matic kanvas cakram bisa 2x ganti /taun kalo sport bisa 3xganti, cuman itu yang punya motor gk malu gtu bawa motor suara ngekngok2 rem pas jalan..?? keliayan gk di urus nya..wkwkwk.. jangan2 oli mesin nya juga gk di ganti2..? bisa2 ambrol semua…
    apapun motor nya, yg penting rawat dg baik biar awet dan tahan lamq…

  6. komen buat tukang bc diatas sana :
    dilihat bro tu piringan rompal karena bergesekan dengan besi kampas rem sehingga panas berlebih pada cakram…semua motor mau honda, yamaha, suzuki, kawasaki, dll juga bisa kayak gitu kalo orangnya gak mau ngerawat motornya…jadi bijaklah dalam berkomentar 😡

  7. kalo di lihat sih yah.. itu piringan cakram udah abis.. tipis kemakan sama kampas rem’a.. jadinya kaya gt.. patah. max ketebalan 3,5mili deh .. itu mah udah tipis bgt.. jadi’a patah kaya gt..

  8. Harap maklum kalo pemiliknya gak peduli. Soale sparepart suzuki kan mahal bingit. Beli bensin aja eceran apalagi buat rawat motor suzuki satria. Suzuki deritamu tiada henti. Wekawekaweka

  9. Jangan salahin motornya, emang usernya aja yg goblok, logika aja pas kampas mau habis, kan kalo tiap ngerem keluar bunyi gak enak, bahkan nggak pakem lagi, malah masih dilanjut sampe jebol. Kalo udah kejadian aja merk motor yg disalahin, ente beli ducati juga kalo cuma dipake gak pernah diurus paling setaun udah ada yg jebol komponennya.

Ketik Komentar Anda