SPEEDOMETER VIXION

Speedometer New Vixion Advance (NVA) memang sekilas hanya berbeda tampilan garis angka RPM meter saja dibandingkan NVL tapi sebenarnya ada satu perbedaan yang sangat fungsional buat owner NVA. Jika selama ini untuk motor injeksi yamaha jika ada kerusakan yang berhubungan dengan kelistrikan terutama bagian injeksi maka lampu MIL akan berkedip dengan jumlah kedipan yang berbeda untuk menentukan kode kerusakan tapi kini di NVA sudah tidak perlu lagi menghitung jumlah kedipan lampu MIL, kok bisa ? yup di speedometer NVA kini sudah menampilkan angka kode kerusakan yang memudahkan kita.

Contohnya jika motor mengalami kerusakan atau konslet di salah satu komponen misalnya thermosensor maka di speedometer akan muncul kode kerusakan angka ”21” yang artinya ada kerusakan yang berhubungan dengan thermosensor misalnya soket lepas atau konslet atau thermosensor rusak. Misalnya aki soak karena kiprok bermasalah maka akan muncul kode ”46” karena pengisian ke aki tidak normal.

Berikut saya praktekkan langsung, ketika thermosensor normal maka speedometer tidak akan muncul kode kerusakan.

KODE KERUSAKAN SPEEDOMETER NEW VIXION ADVANCE (6)

Soket thermosensor saya lepas maka pembacaan suhu di ECU tidak normal,

KODE KERUSAKAN SPEEDOMETER NEW VIXION ADVANCE (4)

Setelah motor jalan atau kunci kontak di ON kan maka speedometer akan muncul kode ”21” yang artinya motor ada masalah di thermosensor alias pembacaan suhu tidak normal.

KODE KERUSAKAN SPEEDOMETER NEW VIXION ADVANCE (5)

Satu lagi saya contohkan yang sering terjadi terutama buat yang suka modifikasi ganti bodi dll, atau yang lebh sering ganti spakbor belakang yang runcing biasanya lean angle sensor akan ditaruh sembarangan yang berakibat motor brebet, sering mati sendiri atau malah mogok.

Berikut ketika Lean angle sensor posisi normal.

KODE KERUSAKAN SPEEDOMETER NEW VIXION ADVANCE (1)

Setelah saya miringkan atau akibat jatuh.

KODE KERUSAKAN SPEEDOMETER NEW VIXION ADVANCE (2)

Maka akan muncul kode ”30” di speedometer, tapi kalau untuk motor jatuh atau ambruk maka kode kerusakan akan segera hilang sendiri setelah motor kembali berdiri tegak.

KODE KERUSAKAN SPEEDOMETER NEW VIXION ADVANCE (3)

Nach sudah jelaskan, jadi nggak perlu melihat lampu MIL kedip2 karena motor sudah langsung menampilkan kode kerusakannya. Berikut kode2 kerusakan yang terbaca oleh speedometer New Vixion Advance.

KODE KERUSAKAN VIXION

Advertisements

66 KOMENTAR

    • kalau saya pribadi sich bukan diskriminasi tapi ini langkah perbaikan dari versi sebelumnya.
      seperti halnya motor karbu pindah ke injeksi, teknologi nggak akan mandek

  1. Disinyalir untuk kedepannya fitur ini akan diupdate menjadi lebih informatif lagi dengan petunjuk text bukan hanya angka.
    Jika terjadi malfunction akan ada keterangan langsung error thermostat sensor, error LAS, dll.

  2. kang ari mau tanya, diluar topik ni, sy punya vixion old, sudah ganti aki, tetapi jarum rpm masih naik turun apabila pemakaian listrik seperti lampu depan dan sein dihidupkan. masalahnya dmn ya?

  3. canggih tenan. jadi konsumen gak perlu beli diagnositc tool atau hitung lampu kedipan pada speedometer nih. Asal punya tabel kode kerusakan.

  4. Kang ari saya punya motor NVA,,klo.kunci kontak di on kan terkadang angka di spido meter tdak muncul sama skali,dan aaya coba lg bs.tp permasalahanya sering kayak gt.bahkan pas posisi jln pun terkadang mesin bs mati total sendiri dan di bagian spido mtr tidak muncul apa2 aama skali.itu bahaya gak ya.mohon saranya.trim ksh

  5. Tolong dong spidometer nvl ane lampu sama jarum rpm nya mati.. itu dari apanya ya..

    Tapi pertama kontak di nyalahin lampu sama jarum rpm nya hidup. Nah setelah di stater dan du gas lampi sama jarum rpm nya mati..

  6. Mantabb gan,
    ane mau tanya nih prihal NVA ane,
    Kemaren ane pake undertail dan pasang alarm, dan semuanya normal gan, skrg undertailnya ane copot dan pake spakbor standarnya gan..
    Tpi skrg klo baru mau ngidupin motor, kunci di ON kan pada speedometer tidak hidup sama sekali (tidak ada sapaan HI BRO dari speedometer NVA ane), kemudian ane OFF kan kunci kontaknya dan ane ON kan kembali barulah normal ane dapat sapaan “HI BRO” dari NVA ane dan bisa distarter secara normal…
    Ini sering terjadi smpe skrg gan, mohon pencerahannya suhu..
    Terimakasih ?

Ketik Komentar Anda