Berawal dari motor teman yang menanyakan kenapa setiap pagi atau setelah parkir lama ada tetesan air radiator dibawah motor bahkan di tutup keteng ada bekas noda putih karena air radiator yang kering. Ada dua hal yang sering terjadi jika ada keluhan seperti ini yaitu kebocoran selang radiator atau selang radiator pecah.

  1. Selang Tangki reservoir

Selang yang berwarna hitam dan berdiameter sekitar o,5 cm ini berada di tutup radiator tersambung hingga tutup tangki reservoir, namun untuk selang ini biasanya saat riding bocor ngalir kalau riding dan mesin panas karena selang akan teraliri air radiator ketika membran/kelp radiator membuka karena suhu yang tinggi (baca disini). Kalau sudah getas dan bocor solusinya ganti baru, murah kok sekitar 10ribuan.

selang radiaotr (4) selang radiaotr (2)

  1. Selang radiator bocor.

Yang kedua yang sering terjadi jika umur motor belum lama, bahkan satu tahun sudah ngrembes. Selang radiator yang berdiameter besar posisinya di tutup rantai keteng. Biasanya ada rembesan sedikit yang mengalir di sekitar tutup tangkidan bocornya hampir tidak terdeteksi karena hanya ngerembes kecil saja makanya baru ketahuan kalau saat parkir lama atau di pagi hari.

Solusinya ada dua cara, yang pertama coba dikencangkan lagi baut klem pengikat selang radiator ini, jika sudah dikencangkan dan beberapa hari kemudian masih bocor lagi harus ganti selang radiator yang harganya cuma 9.500 rupiah saja. Wes dijamin sembuh tidak ada tetesan air radiator lagi…

Semoga bermanfaat.

AIR RADIATOR BOCOR (4)

AIR RADIATOR BOCOR (1)

Advertisements

16 KOMENTAR

  1. Mau tanya, kenapa kipas radiator NVL saya kadang berputar kadang tidak ya?
    Tiba” lagi riding ko indikator temperatur nyala, saya berhenti saya liat kipas tidak muter, lalu saya bantu putar manual pake jari, baru deh muter. Jd kadang sebelum temperatur nyala, setelah riding beberapa jauh saya selalu berhenti dulu untuk memutar manual pake jari.

    Dan kadang walau kipas sudah muter untuk riding jauh malah masih nyala indikatornya.
    Sebenernya masalahnya dimana sii ini, saya bingung, pure di kipas atau di thermosensornya.

    Mohon pencerahannya para suhu :'(

Ketik Komentar Anda