yzf-r1 1

Apa yang aneh ? moncong knalpot menjadi lebih panjang jadi tidak seksi lagi seperti knalpot aslinya. Sebenarnya hal ini sudah tidak asing lagi ketika dulu ducati panigale juga terkena dampak regulasi ambang suara kebisingan di jepang, jika suara yang ditimbulkan melebihi batas maka knalpot harus didesain ulang agar memenuhi regulasi yang dampaknya tampilan desain knalpot jadi berubah.

ducati panigale

Namun meski desain knalpot berubah menjadi lebih panjang untuk meredam suara pihak ducati mengklaim kalau power dari panigale 1199 tidak mengalami perubahan, untuk R1 dan R1M belum ada keterangan resmi dari yamaha apakah powernya akan turun karena aturan regulasi ini.

Sesuai info dari visordown bahwa banyak kerumitan di regulasi pasar Jepang, R1 tidak dipasarkan sebagai produk lokal di sana. Konsumen tidak akan menemukan R1 yang terdaftar di situs resmi Yamaha Jepang. Produk ini harus diekspor dulu, lalu diimpor kembali oleh dealer terbesar, Presto Corporation. weleh… apakah ekpor terus impor seperti ini akan terjadi juga oleh Yamaha R3 di indonesia ?.

yzf-r1

1 KOMENTAR

  1. Jadi jelek amat… saya sih ogah deh kl disuruh beli, seandainya di sini jg diterapin regulasi demikian. Ini yg saya maksud dr detail sebuah karya disain. Contohnya seperti motor2 di atas, gara2 disain knalpotnya seperti itu jadi merusak harmonisasi disain secara keseluruhan. Gara2 nila satu titik rusak susu sebelanga. Seperti halnya disain CBR 150 lokal yg dirusak oleh disain knalpotnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini