ahm

Pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) terus menunjukkan hasil positif di ajang balap internasional. Andi Farid Izdihar mempersembahkan kebanggaan kepada bangsa Indonesia setelah berhasil naik ke podium tertinggi menjuarai ajang balap Asia Talent Cup (ATC) di sirkuit Losail, Qatar. Untuk pertama kalinya, lagu Indonesia Raya dikumandangkan dengan diiringi pengibaran bendera Merah Putih paling tinggi di ajang balap bergengsi tingkat Asia ini.Start dari posisi ketiga, pebalap lulusan Honda Racing School tersebut mampu mempertahankan posisi untuk berada pada rombongan terdepan sepanjang balap ATC race 2. Dengan semangat balap yang gigih, Andi Farid Izdihar atau yang biasa disapa Andi Gilang ini terus memacu Honda NSF 250R tunggangannya sepanjang balapan berlangsung. Pada lap terakhir, Andi Farid Izdihar melakukan overtaking pebalap-pebalap di depannya dan mengambil alih pimpinan lomba untuk menyentuh garis finish terlebih dahulu dengan catatan waktu 31’04.077. Sementara itu pebalap binaan AHM lainnya, Gerry Salim, juga meraih hasil positif dengan finish pada posisi 7 dengan catatan waktu 31’05.982. Prestasi ini mendongkrak posisi Andi Gilang di kelasemen sementara ATC ke posisi 4 dan Gerry Salim di posisi 7.
ATC merupakan ajang balap bergengsi yang digagas Dorna Sports selaku penyelenggara balap tingkat dunia MotoGP untuk mencari pebalap-pebalap muda berbakat dari Asia. Tahun ini, ATC diikuti oleh 22 pebalap dari 7 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Japan, Thailand, China, Australia and Filipina. Tahun ini, ATC diselenggarakan di Sirkuit Chang (Thailand), Sirkuit Losail (Qatar), Sirkuit Zhuhai (China), Sirkuit Motegi (Jepang), dan Sirkuit Sepang (Malaysia).

Pada ajang ATC ini, setiap pebalap menggunakan motor sport berspesifikasi Moto3, Honda NSF 250R. Pada setiap event balap ATC akan digelar 2 kali balapan sebelum akhirnya setiap pebalap mengumpulkan akumulasi poin untuk menentukan posisi klasemen tertinggi hingga akhir seri.
General Manager Marketing Planning and Analysis AHM A. Indraputra mengatakan prestasi pebalap-pebalap muda Indonesia tersebut bukan hanya kebanggaan tersendiri untuk pebalap ataupun Honda saja, namun juga untuk seluruh bangsa Indonesia.
“Dikumandangkannya lagu Indonesia Raya untuk pertama kali di ajang balap bergengsi Asia, ATC 2015, ini merupakan momen bersejarah untuk Indonesia. Kebanggaan ini tentu saja semakin mendongkrak semangat kami untuk menjadikan pebalap Honda Indonesia semakin disegani di dunia balap internasional. Secara konsisten, kami akan terus melanjutkan upaya-upaya peningkatan kompetensi pebalap binaan kami untuk mencetak momen-momen bersejarah lainnya yang membanggakan bangsa Indonesia.”

ahm1
Pembinaan Pebalap Muda Indonesia
Pencapaian Andi Farid Izdihar, pebalap 17 tahun ini merupakan salah satu hasil dari program pembinaan terstruktur AHM. Hal tersebut merupakan implementasi perusahaan yang saat ini memasuki tahun ke-3 pembinaan balap berjenjang.
Didasari dengan Honda Racing School (HRS), AHM setiap tahunnya merekrut siswa balap berbakat di bawah usia 18 tahun, hasil seleksi AHM dari berbagai kegiatan balap di berbagai daerah. Berlangsung di Sirkuit Sentul, mereka mengasah skill balapnya dengan menggunakan Honda CBR150R.
Setelah melatih pebalap dan mekanik, AHM menyiapkan ajang tanding melalui Honda Racing Championship (HRC) yang pada 2015 ini diselenggarakan di 8 kota yaitu Cimahi, Malang, Solo, Medan, Pekanbaru, Sidrap, Banjarbaru dan DKI Jakarta. Sementara itu, One Make Race (OMR) regional selain HRC juga digelar AHM di wilayah Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat dan Sumatera Utara.
Tahapan berikutnya, AHM akan menantang tim dan pembalap yang berprestasi di HRC, untuk bertanding di jenjang balap nasional yang lebih tinggi yaitu OMR 150, Open Class Indospeed Race Series (IRS) 150cc, dan OMR 250 yang digelar di Sentul International Circuit dalam ajang IRS 2015.
‎Selain itu dalam menguji hasil pembinaan, AHM mendorong tim Honda berlaga di ajang balap nasional Motoprix dan Kejurnas 600 cc.‎ Di ajang kejurnas, AHM melalui Astra Honda Racing Team turun langsung di Kejurnas motor sport 600cc dengan menggunakan Honda CBR600RR.
Di arena balap internasional, AHM mendukung pebalap Indonesia bertanding pada kejuaraan Asia Road Racing Championship (ARRC) dengan 2 pebalap di kelas supersport 600cc dan 2 pebalap di Asia Dream Cup (ADC). Selain itu, AHM juga menurunkan 2 pebalap di Suzuka 4 Hours Endurance, 1 pebalap di Suzuka 8 Hours Endurance, 1 pebalap dalam All Japan Championship (GP-3 Class), 2 pebalap dalam Asia Talent Cup, dan 1 pebalap yang bertanding dalam Spanish Championship.

1 KOMENTAR

  1. yamaha harus ikutin honda nih. jgn sampek image raja sport berpindah ke tangan honda. yamah cuma jd raja jualan motor sport doang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini